MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DAN BERPIKIR LOGIS MELALUI METODE INQUIRY PADA MATERI LINGKARAN DI KELAS VIII SMP NEGERI 12 KOTA TIDORE KEPULAUAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan
masalah matematika dan berpikir logis siswa pada materi lingkaran dengan
menggunakan metode inquiri. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah
penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dikelas VIIIa SMP Negeri 12 Kota
Tidore Kepulauan pada semester genap tahun pelajaran 2014 - 2015 sebanyak
dua siklus. Setiap siklus dilaksanakan 2-3 kali pertemuan. Penelitian ini
menggunakan lembar observasi untuk mengamati proses pembelajaran aktivitas
guru dan siswa , dan mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematika
dan berpikir logis siswa mengunakan instrumen test uraian .Berdasarkan prosedur
penelitian tindakan kelas, pada setiap akhir pelaksanaan siklus dilaksanakan
analisis dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada kemampuan
pemecahan masalah matematika dan berpikir logis siswa dari siklus pertama
sampai siklus berikutnya. Pada siklus I kemampuan pemecahan masalah
matematika 74,19% dan berpikir logis 70,97 untuk capaian siklus I belum
memenuhi KKM, untuk itu dilakukan perbaikan di siklus II yaitu kemampuan
pemecahan masalah 87,10% dan berpikir logis 87,10% atau pada siklus ke II
mengalami peningkatan secara signifikan yatu 12,90 dan 16,13 %. Sehingga
indikator keberhasilan sebagai ukuran keberhasilan siswa dalam proses
pembelajaran tercapai.
Kata kunci : Kemampuan Pemecahan Masalah, Berpikir Logis dan Metode Inquiri
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Abbas, Nurhayati.2011. Metodologi
Penelitian Kuantitatif. Makalah
Disajikan pada Workshop Penulisan
Karya Tulis Ilmiah Guru-Guru
SMA/SMK/MA se-Propinsi Gorontalo
Tanggal 25 Februari 2011.
Albrecht, K. 1992. Daya Pikir. Semarang:
Dahar Prize.
Anita, Sri W, 2001. Metode Belajar
Mengajar. Bandung :Alfabeta
Anggiat. M. Sinaga dan Sri Hadiati. (2001).
Pemberdayaan Sumber Daya
Manusia. Jakarta: Lembaga Administarsi
Negara Republik Indonesia.
Arikunto, suharsimi. (2007). Penelitian
Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi
Aksara
………..2010.Prosedur Penelitian Suatu
Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka
Cipta
Depdiknas. 2003. Standar Kompetensi
Kurikulum2004. Jakarta: Depdikbud.
Deddy, S. (2008). Pembelajaran berbasis
masalah untuk meningkatkan
kemampuan pemecahan masalah
dan komunikasi matematika siswa
SMP.Tesis FPMIPA UPI : Tidak
diterbitkan.
Djaali dan Muldjoni, Pudji. 2008.
Pengukuran dalam Bidang
Pendidikan. Jakarta: PT.
Grasindo.
Hulukati, Evi. (2005). Mengembangkan
Kemampuan Komunikasi dan
Pemecahan Masalah Matematika
Siswa SMP Melalui Model
Pembelajaran Pemecahan Masalah.
Disertasi. UPI.Bandung : Tidak
diterbitkan.
Kadir. 2010. Penerapan Pembelajaran
Kontekstual Berbasis Potensi Pesisir
Sebagai Upaya Peningkatan
Kemampuan Pemecahan Masalah,
Komunikasi Matematika , Dan
Ketrampilan Social siswa
SMP.Disertasi UPI. Bandung : Tidak
diterbitkan.
Kusumawati, N (2010). Peninkatan
Kemampuan Pemahaman,
Pemecahan Masalah, Dan Disposisi
Matematika Siswa SMP melalui
Pendekatan Matematika
| JPs: Jurnal Riset dan Pengembangan Ilmu Pengetahuan
Realistic.Disertasi FPMIPA UPI:
Tidak diterbitkan.
Kusmaydi. (2010). Pembelajaran
Matematika Realistic Untuk
Meningkatkan Kemampuan
Komunikasi Dan Pemecahan
Masalah Matematika Siswa
SMP.Tesis FPMIPA UPI : Tidak
diterbitkan.
Lambertus. (2011). Pengaruh
Pembelajaran Berbasis Masalah
Terhadap Kemampuan Pemecahan
Masalah, Komunikasi Dan
Representasi Matematika siswa
SMP.Disertasi FPMIPA UPI : Tidak
diterbitkan.
Markaban, 2006, Model Pembelajaran
Matematika dengan Pendekatan
Penemuan Terbimbing, Yogyakarta:
Pusat Pengembangan dan
Penataran Matematika.
Milman Yusdi. (2010). Penilaian Prestasi
Kerja. Jakarta: Balai Pustaka
Mundilarto, Rustam. (2004). Penelitian
Tindakan Kelas. Jakata: Ghalia
Indonesia
Mukhayat, T. 2004. Mengembangkan
Metode Belajar yang Baik Pada
Anak. Yogyakarta: FMIPA UGM.
Polya, G.(1973). How To Solve It, A New
Aspect Of Mathematical Method.New
Jersey : Princeton University Press
Russeffendi, E.T. 2006. Pengantar Kepada
Membantu Guru Mengembangkan
Kompetensinya Dalam Pengajaran
Matematika untuk Meningkatkan
CBSA. Bandung: Tarsito.
Ruseffendi, H.E.T. 2001.Evaluasi
Pembudayaan Kemampuan berpikir
logis Serta Bersikap Kritis dan
Kreatif Melalui Pembelajaran
Matematika Realistik.Makalah
disampaikan Pada Lokakarya di
Yogyakarta.Yogyakarta.
Robbin.(2007). Perilaku Organisasi.
Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Sabri, Ahmad. 2007. Strategi Belajar
Mengajar, Micro Teaching. Jakarta:
PT Ciputat Press.
Sagala, Syaiful. 2009. Kemampuan
Profesional Guru dan Tenaga
Kependidikan. Bandung: Alfabeta.
Sanjaya, W. 2006. Strategi Pembelajaran,
Berorientasi Standar Pendidikan.
Jakarta: Kencana Penanda Media.
………… 2009.Strategi Pembelajaran.
Jakarta: Kencana Prenada Media
Group.
Saragih. Sahat 2007. Mengembangkan
kemampuan berpikir logis dan
komunikasi matematik peserta didik
pendidikan dasar melalui pendekatan
matematika realistik. Bandung:
disertasi .Sekolah Pasca Sarjana
Universitas Pendidikan Indonesia.
Suyanti, Retno, Dewi. 2010. Strategi
Pembelajaran Kimia. Jogjakarta:
Graha Ilmu.
Suhardjono.2003. penelitian tindak kelas
.Makalah Pada Diklat
Pengembangan Profesi Bagi Jabatan
Fungsional Guru, Direktorat Tenaga
Kependidikan Dasar Dan Menengah,
Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar
Dan Menengah Departemen
Pendidikan Nasional.
Sujarwo, A (2010) Proses Berpikir Siswa
SMK Dengan Kecerdasan Linguistic,
Logika Matematika Dan Visual Spasi
Dalam Memecahkan Masalah
Matematika.Tesis : Universitas
Negeri Surabaya.
Supardi. (2004) Penelitian Tindakan Kelas(
Penyususnan Proposal Dan Laporan
Penelitian). Makalah, Jakarta
Direktorat Tenaga Kependidikan,
Ditjen Pendidikan Dasar Dan
Menengah, Departemen Pendidikan
Nasional.
Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran
Inovatif Berorientasi Konstruktivistik.
Surabaya: Prestasi Pustaka
Publisher.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
__________________________________________________________________________________________________________
Publisher:
Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: pps@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id