MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DAN BERPIKIR LOGIS MELALUI METODE INQUIRY PADA MATERI LINGKARAN DI KELAS VIII SMP NEGERI 12 KOTA TIDORE KEPULAUAN

Soleman Talib

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan
masalah matematika dan berpikir logis siswa pada materi lingkaran dengan
menggunakan metode inquiri. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah
penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dikelas VIIIa SMP Negeri 12 Kota
Tidore Kepulauan pada semester genap tahun pelajaran 2014 – 2015 sebanyak
dua siklus. Setiap siklus dilaksanakan 2-3 kali pertemuan. Penelitian ini
menggunakan lembar observasi untuk mengamati proses pembelajaran aktivitas
guru dan siswa , dan mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematika
dan berpikir logis siswa mengunakan instrumen test uraian .Berdasarkan prosedur
penelitian tindakan kelas, pada setiap akhir pelaksanaan siklus dilaksanakan
analisis dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada kemampuan
pemecahan masalah matematika dan berpikir logis siswa dari siklus pertama
sampai siklus berikutnya. Pada siklus I kemampuan pemecahan masalah
matematika 74,19% dan berpikir logis 70,97 untuk capaian siklus I belum
memenuhi KKM, untuk itu dilakukan perbaikan di siklus II yaitu kemampuan
pemecahan masalah 87,10% dan berpikir logis 87,10% atau pada siklus ke II
mengalami peningkatan secara signifikan yatu 12,90 dan 16,13 %. Sehingga
indikator keberhasilan sebagai ukuran keberhasilan siswa dalam proses
pembelajaran tercapai.

Kata kunci : Kemampuan Pemecahan Masalah, Berpikir Logis dan Metode Inquiri


References


Abbas, Nurhayati.2011. Metodologi

Penelitian Kuantitatif. Makalah

Disajikan pada Workshop Penulisan

Karya Tulis Ilmiah Guru-Guru

SMA/SMK/MA se-Propinsi Gorontalo

Tanggal 25 Februari 2011.

Albrecht, K. 1992. Daya Pikir. Semarang:

Dahar Prize.

Anita, Sri W, 2001. Metode Belajar

Mengajar. Bandung :Alfabeta

Anggiat. M. Sinaga dan Sri Hadiati. (2001).

Pemberdayaan Sumber Daya

Manusia. Jakarta: Lembaga Administarsi

Negara Republik Indonesia.

Arikunto, suharsimi. (2007). Penelitian

Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi

Aksara

………..2010.Prosedur Penelitian Suatu

Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka

Cipta

Depdiknas. 2003. Standar Kompetensi

Kurikulum2004. Jakarta: Depdikbud.

Deddy, S. (2008). Pembelajaran berbasis

masalah untuk meningkatkan

kemampuan pemecahan masalah

dan komunikasi matematika siswa

SMP.Tesis FPMIPA UPI : Tidak

diterbitkan.

Djaali dan Muldjoni, Pudji. 2008.

Pengukuran dalam Bidang

Pendidikan. Jakarta: PT.

Grasindo.

Hulukati, Evi. (2005). Mengembangkan

Kemampuan Komunikasi dan

Pemecahan Masalah Matematika

Siswa SMP Melalui Model

Pembelajaran Pemecahan Masalah.

Disertasi. UPI.Bandung : Tidak

diterbitkan.

Kadir. 2010. Penerapan Pembelajaran

Kontekstual Berbasis Potensi Pesisir

Sebagai Upaya Peningkatan

Kemampuan Pemecahan Masalah,

Komunikasi Matematika , Dan

Ketrampilan Social siswa

SMP.Disertasi UPI. Bandung : Tidak

diterbitkan.

Kusumawati, N (2010). Peninkatan

Kemampuan Pemahaman,

Pemecahan Masalah, Dan Disposisi

Matematika Siswa SMP melalui

Pendekatan Matematika

| JPs: Jurnal Riset dan Pengembangan Ilmu Pengetahuan

Realistic.Disertasi FPMIPA UPI:

Tidak diterbitkan.

Kusmaydi. (2010). Pembelajaran

Matematika Realistic Untuk

Meningkatkan Kemampuan

Komunikasi Dan Pemecahan

Masalah Matematika Siswa

SMP.Tesis FPMIPA UPI : Tidak

diterbitkan.

Lambertus. (2011). Pengaruh

Pembelajaran Berbasis Masalah

Terhadap Kemampuan Pemecahan

Masalah, Komunikasi Dan

Representasi Matematika siswa

SMP.Disertasi FPMIPA UPI : Tidak

diterbitkan.

Markaban, 2006, Model Pembelajaran

Matematika dengan Pendekatan

Penemuan Terbimbing, Yogyakarta:

Pusat Pengembangan dan

Penataran Matematika.

Milman Yusdi. (2010). Penilaian Prestasi

Kerja. Jakarta: Balai Pustaka

Mundilarto, Rustam. (2004). Penelitian

Tindakan Kelas. Jakata: Ghalia

Indonesia

Mukhayat, T. 2004. Mengembangkan

Metode Belajar yang Baik Pada

Anak. Yogyakarta: FMIPA UGM.

Polya, G.(1973). How To Solve It, A New

Aspect Of Mathematical Method.New

Jersey : Princeton University Press

Russeffendi, E.T. 2006. Pengantar Kepada

Membantu Guru Mengembangkan

Kompetensinya Dalam Pengajaran

Matematika untuk Meningkatkan

CBSA. Bandung: Tarsito.

Ruseffendi, H.E.T. 2001.Evaluasi

Pembudayaan Kemampuan berpikir

logis Serta Bersikap Kritis dan

Kreatif Melalui Pembelajaran

Matematika Realistik.Makalah

disampaikan Pada Lokakarya di

Yogyakarta.Yogyakarta.

Robbin.(2007). Perilaku Organisasi.

Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Sabri, Ahmad. 2007. Strategi Belajar

Mengajar, Micro Teaching. Jakarta:

PT Ciputat Press.

Sagala, Syaiful. 2009. Kemampuan

Profesional Guru dan Tenaga

Kependidikan. Bandung: Alfabeta.

Sanjaya, W. 2006. Strategi Pembelajaran,

Berorientasi Standar Pendidikan.

Jakarta: Kencana Penanda Media.

………… 2009.Strategi Pembelajaran.

Jakarta: Kencana Prenada Media

Group.

Saragih. Sahat 2007. Mengembangkan

kemampuan berpikir logis dan

komunikasi matematik peserta didik

pendidikan dasar melalui pendekatan

matematika realistik. Bandung:

disertasi .Sekolah Pasca Sarjana

Universitas Pendidikan Indonesia.

Suyanti, Retno, Dewi. 2010. Strategi

Pembelajaran Kimia. Jogjakarta:

Graha Ilmu.

Suhardjono.2003. penelitian tindak kelas

.Makalah Pada Diklat

Pengembangan Profesi Bagi Jabatan

Fungsional Guru, Direktorat Tenaga

Kependidikan Dasar Dan Menengah,

Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar

Dan Menengah Departemen

Pendidikan Nasional.

Sujarwo, A (2010) Proses Berpikir Siswa

SMK Dengan Kecerdasan Linguistic,

Logika Matematika Dan Visual Spasi

Dalam Memecahkan Masalah

Matematika.Tesis : Universitas

Negeri Surabaya.

Supardi. (2004) Penelitian Tindakan Kelas(

Penyususnan Proposal Dan Laporan

Penelitian). Makalah, Jakarta

Direktorat Tenaga Kependidikan,

Ditjen Pendidikan Dasar Dan

Menengah, Departemen Pendidikan

Nasional.

Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran

Inovatif Berorientasi Konstruktivistik.

Surabaya: Prestasi Pustaka

Publisher.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




__________________________________________________________________________________________________________

Publisher:

Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo

Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: pps@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id