ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF SISWA KELAS VIII SEMESTER II SMP NEGERI 5 BUKAL
Abstract
Kesalahan-kesalahan yang dilakukan siswa kelas VIII dalam
menyelesaikan soal matematika materi bangun ruang sisi datar ditinjau darigaya
kognitif Field Dependent (FD) dan Field Independent (FI)adalah kesalahan fakta,
kesalahan konsep, kesalahan prosedur dan kesalahan prinsip. Kesalahankesalahan
yang dilakukan siswa tersebut dapat dijadikan sebagaibahan
pertimbangan bagi guru dalam merencanakan kegiatan belajar mengajar.
Letakkesalahan-kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal
bangun ruang sisi datar ditinjau dari gaya kognitifnya telah diketahui sehingga
guru dapatmengambil langkah antisipasi agar kesalahan serupa tidak terjadi lagi.
Kata kata kunci :kesalahan, materi bangun ruang sisi datar, gaya kognitif siswa.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Altun.A. & Mehtap.C. 2006. Undergraduate
Students' Academic Achievement, field
Dependent/fField Independent Cognitif
Styles and Attitude toward computers.
Journal Education Technology and
Society,Vol.9,No.1 Page 289 - 297
Anita, E., Woolfolk. (1993). Educational
Psychology. Jakarta: Allyn dan Bacon.
Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur
Penelitian, Suatu Pendekatan Praktek.
Jakarta: PT Rineka Cipta.
Budhiawan, Ignatius Candra, 2012. Upaya
mengatasi kesulitan belajar siswa
kelas VII SMP Kanisius Pakem pada
pokok bahasan Segitiga dengan
memanfaatkan program Geogebra
dalam proses Pembelajaran Remedial.
Jurnal FKIP Universitas Sanata
Dharma Kampus III USD Paingan
Maguwoharjo Yogyakarta.
Volume 01, Nomor 1, Februarii 2016 | 87
Countryman. 1992. Hakikat Pembelajaran
Matematika. Surakarta : Departemen
Pendidikan Nasional.
Dalyono. M. 2007.Psikologi Pendidikan (
Komponen MKDK).(Jakarta: Rineka
Cipta.
De Lange. (1987). Mathematics Insight And
Meaning. Utrecht.
Departemen Pendidikan Dan Kurikulum, ,
Kamus Besar Bahasa Indonesia,
Depertemen Nasional Balai Pustaka.
Departemen Pendidikan Nasional,
Kamus Besar Bahasa Indonesia
Jakarta: Balai Pustaka.
Gravemeijer. 1994. Developing Realistic
Mathematics Education. Utrecht: CD-β
Press/ Freudenthal Institute.
Hakim,Thursan.2000. Belajar Secara Efektif
Panduan Menemukan Teknik Belajar,
Memilih Jurusan, Dan
MenentukanCita-Cita.(Jakarta:
Pustaka Swara.
Hadi, Sutarto. 2005. Pendidikan
Matematika Realistik dan
Implementasinya. Banjarmasin:
Penerbit Tulip.
Hamadi, Abu dan Supriyono,Widodo. 2008.
Psikologi Belajar.(Jakarta: PT Asdi
Mahasatya.
Hudojo,Herman. 2005. Pengembangan
Kurikulum dan Pembelajaran
Matematika, Malang: UM PRESS.
Hudojo, Herman. 1998 Mengajar belajar
Matematika, Jakarta: Direktorat
Pendidikan dan kebudayaan,
Direktorat Jenderal Pendidikan tinggi,
Proyek Pengembangan Lembaga
Pendidikan, Tenaga Kependidikan.
Hudojo. Herman, 1980. Mengajar Belajar
Matematika, Jakarta: Depdikbud Dirjen
PT Proyek Pengmbangan Lembaga
Pendidikan, Tenaga Pendidikan.
Jannah, Roudhotul. 2011. Membuat Anak
Cinta Matematika dan Eksak Lainya,
Yogyakarta: DIVA Press.
Jihad, Asep dan Haris, Abdul.2009.
Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta:
Multi Pressindo.
Joyce, Bruce. 1992. Models of Teaching,
Allyn and Bacon, Boston.
Keefe, James W., Learning Style: Theory &
Practice. Reston: National Association
of Secondary School Pricipals, 1987
Marulang.2004. Identifikasi Dan Analisis
Pemahaman Guru Dalam Beberapa
Masalah Esensial Matematika Sekolah
Dasar. Malang: Jurnal komprehensif
PPS IKIP Malang.
Masykur, Moch dan Abdul Halim Fathani.
Mathematical Intelligence: Cara
Cerdas Melatih Otak dan
Menanggulangi Kesulitan Belajar.
Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Miles B,Matthew dan Huberman (2007),
Analisis Data Kualitatif: Buku Sumber
Metode-metode Baru, Universitas
Indonesia Press,Jakarta.
Moeliono,Anton M. 1998. Kamus Besar
Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai
Pustaka.
Ni'mah, Nunin. 2009. Penerapan
Pembelajaran Kontekstual Strategi
React Untuk Meningkatkan Prestasi
Belajar Pada Mata Pelajaran Ips
Ekonomi di Kelas VII SMP Kartika IV-8
Malang. http:// lib.uinmalang.
ac.id/abstract/03160025.pdf.
(29 November 2015)
Purwanto,2009. Evaluasi Hasil
belajar,Yogyakarta:Pustaka Belajar.
Purwanto, Ngalim. 2006. Psikologi
Pendidikan. Bandung. PT Remaja
Rosdakarya.
Rahmat, Jalaluddin. 1988. Psikologi
Komunikasi (Edisi Revisi). Bandung:
Remadja Karya.
Ramirez and Castenada, Some Attributes
of Field Independent and Field
dependent Cognitive Styles, 2015.
(http://www.nwrel.org/index.html).
Rivai, Veithzal. 2009. Manajemen Sumber
Daya Manusia Untuk Perusahaan Dari
Teori ke Praktik. Jakarta: Raja
Grafindo Persada.
Sani,Ridwan Abdullah. 2013. Inovasi
pembelajaran. Jakarta:Bumi Aksara.
Sardiman,2004. Interaksi dan Motivasi
Belajar Mengajar, (Jakarta: Pustaka
Swara.
Septi, Dian. 2012. Analisis Faktor-faktor
Yang Mempengaruhi Kebijakan
Dividen.Jurnal Q-man, Vol.1.No, 2.
Slameto,1991.Proses Belajar Mengajar
Dalam Sistem Kredit Semester
SKS.Jakarta: Bumi Aksara.
Slameto, 2003. Belajar dan Faktor-Faktor
yang Mempengaruhinya. Jakarta:
Rineka Cipta.
Slameto. 2003. Belajar dan factor-faktor
yang mempengaruhinya. Jakarta:
Rineka Cipta.
Soedjadi,R. 1999/2000. Kiat Pendidikan
Matematika di Indonesia,(Direktorat
jendral Pendidikan Tinggi Departemen
Pendidikan Nasional.
| JPs: Jurnal Riset dan Pengembangan Ilmu Pengetahuan
Soedjadi, R. 2000. Kiat Pendidikan
Matematika di Indonesia: Konstatasi
Keadaan Harapan Masa Depan.
Jakarta: Dirjen Dikti.
Soedjadi, R. dkk. 2006. Diagnosis Kesulitan
Siswa Sekolah Dasar dalam Belajar
Matematika, Team Basic Scince LPTK
Dikti.
Soetopo,Hendyat. dkk,2010. Psikologi
Pendidikan , Malang: PHK S1 PGSDA.
Sri Wardhani,2004. â€Pembelajaran
Matematika
Kontektualâ€.Yogyakarta.Dirjen Dikdas
Men.PPPG Mat
Sudjana. 1989. Metoda Statistika Edisi ke
Bandung: Tarsito.
Suherman. Erman, et. al,2003. Strategi
Pembelajaran Matematika
Kontemporer, Bandung: Fakultas
Pendidikan Matematika dan IPA
Universitas Pendidikan Indonesia.
Sukino dan Simangunsong Wilson.(2006).
Matematika untuk SMP Kelas VII.
Jakarta: Erlangga
Sukirman, 2005.Identifikasi Kesalahan
yang diperbuat Siswa Kelas 3 SMP
pada setiap Aspek Penguasaan bahan
Pengajaran Matematika. Tesis S2.
Sunaryo, dkk, Modul Pembelajaran Inklusif
Gender. Jakarta: LAPIS.
Syah,Muhibbin. 2005. Psikologi Belajar,
Jakarta:Raja Grafindo Persada.
Syah. Muhibbin,2010.Psikologi Belajar,
Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Tarigan, Henry Guntur. 1987 Pengajaran
Sintaksis. Bandung: Penerbit Angkasa
Turmudi.dkk, 2003.Strategi Pembelajaran
Matematika Kontemporer,(Bandung:
Univ. Pendidikan Indonesia.
Uno, Hamzah B. 2008. Orientasi Baru
Dalam Psikologi Pembelajaran .
Jakarta: Bumi Aksara.
Usodo.Budi, 2001.Diagnosis Kesulitan
Belajar Siswa Topik Pecahan Dan
Alternatif Pemecahannya. Surabaya:
Tesis PPS UNESA.
Walgito, Bimo.2004. Pengantar Psikologi
Umum. Yogyakarta: Andi.
Witkin, H. A. C. A. Moore., D. R.
Goodenough., & P. W. Cox. 1979.
Filed Dependent and Filed
Independent Cognitive Styles and
Their Educational Implication. Riview
of Educational Research. Winter 1977,
Vol. 47, No. 1, 1-64.
Zulkardi. 2006. RME suatu Inovasi dalam
Pendidikan Matematika di Indonesia.
Makalah Refleksi dari Pelaksanaan
Konferensi Matematika 17-20 Juli di
ITB.http://www.geocities.com/ratuilma/
rme.html diakses 29 November 2015.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
__________________________________________________________________________________________________________
Publisher:
Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: pps@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id