PENGARUH PENGALAMAN DIKLAT DAN MOTIVASI MENGAJAR TERHADAP PENGUASAAN MATERI MATEMATIKA GURU SMP NEGERI DI KABUPATEN MALUKU TENGAH PROVINSI MALUKU
Abstract
Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) terdapat pengaruh langsung pengalaman
diklat terhadap penguasaan materi matematika; (2) terdapat pengaruh langsung
motivasi mengajar terhadap penguasaan materi matematika; (3) terdapat pengaruh
lansung pengalaman diklat terhadap motivasi mengajar guru matematika. Dengan
demikian maka penguasaan materi matemaika guru dapat ditingkatkan melalui
diklat-diklat yang berkaitan dengan matematika. Penguasaan materi matematika
juga dapat ditingkatkan dengan memotivasi guru untuk terus meningkatkan
pengetahuannya. Motivasi mengajar guru juga dapat ditingkatkan dengan
mengikuti kegiatan diklat yang berkaitan dengan matematika.
Kata-kata kunci: pengalaman diklat, motivasi mengajar, penguasaan materi
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Abbas, Nurhayati. 2012. Bahan Ajar
Statistik Penelitian. Gorontalo:
PPs UNG Gorontalo.
Abdurrahman, M. 2003. Panduan Bagi
Anak Berkesulitan Belajar.
Jakarta: Rineka Cipta.
Admodiwiro, Soebagio. 1993. Menajemen
Training. Jakarta: Balai Pustaka.
Arikunto, Suharsimi. 2006. Metodelogi
penelitian. Yogyakarta: Bina
Aksara.
Basoeki, Sunaryo. 1994.
TeoridanPraktekAtletik IV.
Surakarta : UNS Press.
Gafur A. 2004. Pedoman Penyusunan
Materi Pembelajaran (Instructional
Material). Jakarta: Depdiknas
http://edukasi.kompas.com/.
http://warganaik4th.com/2013/06/html
Kamil, mustofa H. 2012. Model Pendidikan
dan Pelatihan (konsep dan
aplikasi). Bandung: Alfabeta.
Luthans F. 2006. Perilaku Organisasi. Edisi
Sepuluh. Yogyakarta: Andi Offset.
Meece, Judit L. Pintrich, Paul R, dan
Schunk, Dale H. 2012. Motivasi
Dalam Pendidikana (teori,
penelitian dan aplikasi). Jakarta:
PT. Indeks.
Nitisemito, Alex. 1996.
ManajemenSumberdayaManusia.
Jakarta: Ghalia Indonesia
Ranupandoyo,
HeidrachmandanSuadHusnan.199
ManajemenPersonalia.Yogyakar
ta: FakultasEkonomi UGM
(BPFE).
Sanjaya, H. Wina. 2013. Strategi
Pembelajaran Berorientasi
Standar Proses Pendidikan.
Jakarta: Kencana Prenadamedia
Group.
Schunk, Dale H. 2012 Learning Theories
An Education Perspective.
Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sudjana, Nana. 2009. Dasar-dasar Proses
Belajar Mengajar. Bandung: Sinar
Baru Algensindo.
Soedjadi, R.2000. Kiat Pendidikan
Matematika di Indonesia, Jakarta:
Direktorat Jendral Pendidikan
Tinggi.
Sudjana. 2003. Metoda Statistika.Bandung
: Tarsito
Sugiyono. 2012. Statistik Untuk Penelitian.
Bandung: Alfabeta
Uno, Hamza. B. 2013. Teori Motivasi dan
Pengukurannya. Jakarta: PT. Bumi Aksara
Refbacks
- There are currently no refbacks.
__________________________________________________________________________________________________________
Publisher:
Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: pps@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id