PENGARUH PENGALAMAN DIKLAT DAN MOTIVASI MENGAJAR TERHADAP PENGUASAAN MATERI MATEMATIKA GURU SMP NEGERI DI KABUPATEN MALUKU TENGAH PROVINSI MALUKU

Safri Tinamba

Abstract


Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) terdapat pengaruh langsung pengalaman
diklat terhadap penguasaan materi matematika; (2) terdapat pengaruh langsung
motivasi mengajar terhadap penguasaan materi matematika; (3) terdapat pengaruh
lansung pengalaman diklat terhadap motivasi mengajar guru matematika. Dengan
demikian maka penguasaan materi matemaika guru dapat ditingkatkan melalui
diklat-diklat yang berkaitan dengan matematika. Penguasaan materi matematika
juga dapat ditingkatkan dengan memotivasi guru untuk terus meningkatkan
pengetahuannya. Motivasi mengajar guru juga dapat ditingkatkan dengan
mengikuti kegiatan diklat yang berkaitan dengan matematika.

Kata-kata kunci: pengalaman diklat, motivasi mengajar, penguasaan materi


References


Abbas, Nurhayati. 2012. Bahan Ajar

Statistik Penelitian. Gorontalo:

PPs UNG Gorontalo.

Abdurrahman, M. 2003. Panduan Bagi

Anak Berkesulitan Belajar.

Jakarta: Rineka Cipta.

Admodiwiro, Soebagio. 1993. Menajemen

Training. Jakarta: Balai Pustaka.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Metodelogi

penelitian. Yogyakarta: Bina

Aksara.

Basoeki, Sunaryo. 1994.

TeoridanPraktekAtletik IV.

Surakarta : UNS Press.

Gafur A. 2004. Pedoman Penyusunan

Materi Pembelajaran (Instructional

Material). Jakarta: Depdiknas

http://edukasi.kompas.com/.

http://warganaik4th.com/2013/06/html

Kamil, mustofa H. 2012. Model Pendidikan

dan Pelatihan (konsep dan

aplikasi). Bandung: Alfabeta.

Luthans F. 2006. Perilaku Organisasi. Edisi

Sepuluh. Yogyakarta: Andi Offset.

Meece, Judit L. Pintrich, Paul R, dan

Schunk, Dale H. 2012. Motivasi

Dalam Pendidikana (teori,

penelitian dan aplikasi). Jakarta:

PT. Indeks.

Nitisemito, Alex. 1996.

ManajemenSumberdayaManusia.

Jakarta: Ghalia Indonesia

Ranupandoyo,

HeidrachmandanSuadHusnan.199

ManajemenPersonalia.Yogyakar

ta: FakultasEkonomi UGM

(BPFE).

Sanjaya, H. Wina. 2013. Strategi

Pembelajaran Berorientasi

Standar Proses Pendidikan.

Jakarta: Kencana Prenadamedia

Group.

Schunk, Dale H. 2012 Learning Theories

An Education Perspective.

Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sudjana, Nana. 2009. Dasar-dasar Proses

Belajar Mengajar. Bandung: Sinar

Baru Algensindo.

Soedjadi, R.2000. Kiat Pendidikan

Matematika di Indonesia, Jakarta:

Direktorat Jendral Pendidikan

Tinggi.

Sudjana. 2003. Metoda Statistika.Bandung

: Tarsito

Sugiyono. 2012. Statistik Untuk Penelitian.

Bandung: Alfabeta

Uno, Hamza. B. 2013. Teori Motivasi dan

Pengukurannya. Jakarta: PT. Bumi Aksara


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




__________________________________________________________________________________________________________

Publisher:

Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo

Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: pps@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id