PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN PEMAHAMAN KONSEP PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN DI SMA NEGERI 1 TELAGA
Abstract
The result showed that (1) according to material expert, the problem-based
learning was seen through obtained 83.75 % and included excellent quality
because it stood between 81% and 100%; according to education expert, learning
tools (syllabus, lesson plan, student worksheet, evaluation item) were excellent
since it stood between 81% 100%; and overall assessing aspects of syllabus was
82.5%, lesson plan was 83.33%, student worksheet was 85.22%, evaluation items
were 81.25%; (2) the ability of critical thinking increased since problem-based
learning was applied. It could be verified though pretes score on the ability of
thingking was low category and posstest was excellent, good, and sufficien; (3)
doncept understanding of student increased since they participated in the class,
and it could be confirmed by score acquired and categorized into excellent (11%),
good (78%), and sufficient (11%).
Keyword: problem-based learning, environmental pollution, ability of critical
thingking, concept understanding.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Arends, Richard I. 2004. Learning to Teach.
(Eight Edition). Boston: Mc Graw-
Hill Companies.
Departemen Pendidikan Nasional. 2008.
Panduan Umum Pengembangan
Silabus. Jakarta : Depdiknas.
Departemen Pendidikan Nasional. 2008.
Pengembangan Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP). Jakarta : Depdiknas.
Erlangga, Yohana. 2014. Penerapan model
pembelajaran berbasis masalah
dengan Pendekatan scientific
dalam pembelajaran matematika
Pada siswa kelas vii mtsn batu
taba.(Online).Tersedia
http://jurnal.umsb.ac.id/wpcontent/
uploads/2014/11/YOHAN
Volume 01, Nomor 1, Februarii 2016 | 23
A-ERLANGGA.pdf. Diakses 13
April 2015.
Heriningsih Dwi Puspa, Agustini Rudiana.
Pengembangan Perangkat
Pembelajaran Berkarakter
Berbasis Inkuiri untuk
Meningkatkan Hasil Belajar IPA
Siswa SMP. Prosiding Seminar
Nasional Kimia. ISBN : 978-602-
-00-3.
Liberna, Hawa. Peningkatan Kemampuan
Berpikir Kritis Matematis Siswa
Melalui Penggunaan Metode
Improve Pada Materi Sistem
Persamaan Linear Dua Variabel.
Jurnal Formatif . Vol 2(3): 190-
ISSN: 2088-351X .
Majid A. 2009. Perencanaan Pembelajaran.
Bandung: Remaja Rosdakarya.
Menteri Pendidikan Nasional. 2007.
Peraturan Menteri Pendidikan
Nasional Nomor 41 tahun 2007
tentang Standar Proses untuk
Satuan Pendidikan Dasar dan
Menengah. Jakarta : Mendiknas.
Nur. M. 2003. Pemotivasian Siswa untuk
Belajar. Surabaya: Pusat Sains
dan Matematika Sekolah Program
Pascasarjana Universitas Negeri
Press. 1975 Surabaya.
Prastowo A. 2011. Panduan Kreatif
Membuat Bahan Ajar Inovatif.
Yogyakarta:
Diva Press
Rusman, 2013. Model-model
pembelajaran mengembangkan
professional guru. Jakarta:
Rajawali Pers.
Sanjaya, 2006. Strategi pembelajaran
berorientasi standar proses
pendidikan. Kencana
prenadamedia: Jakarta.
Suartika, K, Aryana I B, Setiawan G A.
Pengaruh model
pembelajaran kooperatif tipe
group Investigation (gi) terhadap
pemahaman konsep biologi Dan
keterampilan berpikir kreatif siswa
SMA. e-Journal Program
Pascasarjana Universitas
Pendidikan Ganesha Program
Studi IPA.Vol 3
Suhadi. 2007. Penyusunan Perangkat
Pembelajaran dalam Kegiatan
Lesson Study. Makalah
disampaikan pada Pelatihan
Lesson Study untuk Guru SMP
se-Kabupaten Hulu Sungai Utara.
Hulu Sungai Utara, Kalimantan
-31 Mei 2007.
Trianto. 2009. Mendesain Model
Pembelajaran Inovatif-Progresif.
Jakarta : Kencana
Widodo. 2013. Peningkatan Aktivitas
Belajar dan Hasil Belajar Siswa
dengan Metode Problem Based
Learning pada Siswa Kelas VIIA
MTS Negeri Donomulyo Kulon
Progo Tahun Pelajaran
/2013 Jurnal Fisika
Indonesia.Vol XVII (49), ISSN :
-2994
Zesrita Niza, Budi Agus Setyo, dan
Serevina Vina. 2014. PF-42:
Perangkat Pembelajaran Fisika
Materi Listrik Dinamis dengan
Model problem based learning
(pbl) Untuk memfasilitasi
pencapaian kompetensi siswa
Jurusan Pendidikan Fisika
FMIPA Universitas Negeri Jakarta
Refbacks
- There are currently no refbacks.
__________________________________________________________________________________________________________
Publisher:
Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: pps@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id