PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN PEMAHAMAN KONSEP PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN DI SMA NEGERI 1 TELAGA

Fendrawaty Hilamuhu

Abstract


The result showed that (1) according to material expert, the problem-based
learning was seen through obtained 83.75 % and included excellent quality
because it stood between 81% and 100%; according to education expert, learning
tools (syllabus, lesson plan, student worksheet, evaluation item) were excellent
since it stood between 81% 100%; and overall assessing aspects of syllabus was
82.5%, lesson plan was 83.33%, student worksheet was 85.22%, evaluation items
were 81.25%; (2) the ability of critical thinking increased since problem-based
learning was applied. It could be verified though pretes score on the ability of
thingking was low category and posstest was excellent, good, and sufficien; (3)
doncept understanding of student increased since they participated in the class,
and it could be confirmed by score acquired and categorized into excellent (11%),
good (78%), and sufficient (11%).
Keyword: problem-based learning, environmental pollution, ability of critical
thingking, concept understanding.


References


Arends, Richard I. 2004. Learning to Teach.

(Eight Edition). Boston: Mc Graw–

Hill Companies.

Departemen Pendidikan Nasional. 2008.

Panduan Umum Pengembangan

Silabus. Jakarta : Depdiknas.

Departemen Pendidikan Nasional. 2008.

Pengembangan Rencana

Pelaksanaan Pembelajaran

(RPP). Jakarta : Depdiknas.

Erlangga, Yohana. 2014. Penerapan model

pembelajaran berbasis masalah

dengan Pendekatan scientific

dalam pembelajaran matematika

Pada siswa kelas vii mtsn batu

taba.(Online).Tersedia

http://jurnal.umsb.ac.id/wpcontent/

uploads/2014/11/YOHAN

Volume 01, Nomor 1, Februarii 2016 | 23

A-ERLANGGA.pdf. Diakses 13

April 2015.

Heriningsih Dwi Puspa, Agustini Rudiana.

Pengembangan Perangkat

Pembelajaran Berkarakter

Berbasis Inkuiri untuk

Meningkatkan Hasil Belajar IPA

Siswa SMP. Prosiding Seminar

Nasional Kimia. ISBN : 978-602-

-00-3.

Liberna, Hawa. Peningkatan Kemampuan

Berpikir Kritis Matematis Siswa

Melalui Penggunaan Metode

Improve Pada Materi Sistem

Persamaan Linear Dua Variabel.

Jurnal Formatif . Vol 2(3): 190-

ISSN: 2088-351X .

Majid A. 2009. Perencanaan Pembelajaran.

Bandung: Remaja Rosdakarya.

Menteri Pendidikan Nasional. 2007.

Peraturan Menteri Pendidikan

Nasional Nomor 41 tahun 2007

tentang Standar Proses untuk

Satuan Pendidikan Dasar dan

Menengah. Jakarta : Mendiknas.

Nur. M. 2003. Pemotivasian Siswa untuk

Belajar. Surabaya: Pusat Sains

dan Matematika Sekolah Program

Pascasarjana Universitas Negeri

Press. 1975 Surabaya.

Prastowo A. 2011. Panduan Kreatif

Membuat Bahan Ajar Inovatif.

Yogyakarta:

Diva Press

Rusman, 2013. Model-model

pembelajaran mengembangkan

professional guru. Jakarta:

Rajawali Pers.

Sanjaya, 2006. Strategi pembelajaran

berorientasi standar proses

pendidikan. Kencana

prenadamedia: Jakarta.

Suartika, K, Aryana I B, Setiawan G A.

Pengaruh model

pembelajaran kooperatif tipe

group Investigation (gi) terhadap

pemahaman konsep biologi Dan

keterampilan berpikir kreatif siswa

SMA. e-Journal Program

Pascasarjana Universitas

Pendidikan Ganesha Program

Studi IPA.Vol 3

Suhadi. 2007. Penyusunan Perangkat

Pembelajaran dalam Kegiatan

Lesson Study. Makalah

disampaikan pada Pelatihan

Lesson Study untuk Guru SMP

se-Kabupaten Hulu Sungai Utara.

Hulu Sungai Utara, Kalimantan

-31 Mei 2007.

Trianto. 2009. Mendesain Model

Pembelajaran Inovatif-Progresif.

Jakarta : Kencana

Widodo. 2013. Peningkatan Aktivitas

Belajar dan Hasil Belajar Siswa

dengan Metode Problem Based

Learning pada Siswa Kelas VIIA

MTS Negeri Donomulyo Kulon

Progo Tahun Pelajaran

/2013 Jurnal Fisika

Indonesia.Vol XVII (49), ISSN :

-2994

Zesrita Niza, Budi Agus Setyo, dan

Serevina Vina. 2014. PF-42:

Perangkat Pembelajaran Fisika

Materi Listrik Dinamis dengan

Model problem based learning

(pbl) Untuk memfasilitasi

pencapaian kompetensi siswa

Jurusan Pendidikan Fisika

FMIPA Universitas Negeri Jakarta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




__________________________________________________________________________________________________________

Publisher:

Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo

Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: pps@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id