PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN KEMAMPUAN AWAL SISWA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIK (Penelitian Eksperimen di kelas VIII MTs. Negeri Luwuk Kabupaten Banggai)
Abstract
Hasil penelitian diperoleh: (1)Kemampuan berpikir kreatif matematik siswa yang
dibelajarkan dengan model ProblemBased Learning (PBL) lebih tinggi dari pada
siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran langsung, (2) Terdapat interaksi
antara model ProblemBased Learning (PBL) dengan kemampuan awal siswa
terhadap kemampuan berpikir kreatif matematik, (3) siswa dengan kemampuan
awal tinggi, kemampuan berpikir kreatif matematik siswa yang dibelajarkan
dengan model Problem-Based Learning (PBL) lebih tinggi dari pada Pembelajaran
Langsung, dan (4) siswa dengan kemampuan awal rendah, kemampuan berpikir
kreatif matematik siswa yang dibelajarkan dengan model Problem-Based Learning
(PBL) lebih rendah dari pada PembelajaranLangsung. Temuan ini menunjukkan
bahwa model problem based learning lebih cocok digunakan untuk membelajarkan
matematika konsep Relasi dan Fungsi pada siswa yang memiliki kemampuan awal
tinggi dan pembelajaran langsung lebih cocok digunakan untuk membelajarkan
matematika konsep Relasi dan Fungsi pada siswa yang memiliki kemampuan awal
rendah.
Kata Kunci : Model Problem Based Learning, Model Pembelajaran Langsung,
Kemampuan Berpikir kreatif Matematik dan Kemampuan Awal.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Abbas, Nurhayati, 2011. Metodologi
Penelitian. Makalah disajikan
pada workshop penulisan karya
ilmiah guru-guru SMA/SMK/MA
Se-Provinsi Gorontalo.
Herdian. 2010.Kemampuan Pemahaman
Matematika, (online),
(http://herdy 07.
wordpress.com/2010/05/27/kem
ampuan-pemahamanmatematis,
diakses 7 juli 2015).
Hulukati,Evi. 2005. Mengembangkan
Kemampuan Komunikasi dan
Pemecahan Masalah
Matematika siswa SMP Melalui
Model Pembelajaran Generatif.
Disertasi tidak diterbitkan di
Bandung: Program
Pascasarjana UPI Bandung.
Johnson, Elaine. 2002. Contextual
Teaching and Learning: What it
is and why it’s here to stay.
California: Crowin Press, Inc.,
Thousand Oaks, Cet. ke – 5.
Martinis, Yamin. (2011). Paradigma Baru
Pembelajaran. Jakarta: Gaung
Persada Press.
Nurgiyantoro, Dkk. 2009.Statistik Terapan.
Yogyakarta: Gadjah Mada
University Press.
Pehkonen, E. 1997. The State-of-Art in
Mathematical Creativity.
Zentralblatt für Didaktik der
Mathematik (ZDM)–The
International Journal on
Mathematics Education,
(Online), (http://www.emis.
de/journals/ZDM/zdm
a1.pdf, diakses 6 Juli 2015).
Rusman. 2010 .model model pembelajaran.
jakarta: Rajagrafindo persada.
Sabandar, J. (2008). Berpikir Reflektif.
Makalah. Prodi Pendidikan
Matematika SPS.UPI.
Sugiyono. 2005. Statistika untuk Penelitian.
Bandung: ALFABETA
Tall, D. (1991). Advanced Mathematical
Thinking. Mathematics
Education Library Kluwer
Academic Publishers.
Uno, hamzah,2005. Orientasi Baru Dalam
Psikologi
Pembelajaran.Gorontalo: Bumi
Aksara.
Yamin, Martinis . 2009. Strategi
Pembelajaran Berbasis
Kompetensi, Jakarta : Gaun
Persada Press.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
__________________________________________________________________________________________________________
Publisher:
Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: pps@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id