PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN KEMAMPUAN AWAL SISWA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIK (Penelitian Eksperimen di kelas VIII MTs. Negeri Luwuk Kabupaten Banggai)

Ellyas Palalas

Abstract


Hasil penelitian diperoleh: (1)Kemampuan berpikir kreatif matematik siswa yang
dibelajarkan dengan model ProblemBased Learning (PBL) lebih tinggi dari pada
siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran langsung, (2) Terdapat interaksi
antara model ProblemBased Learning (PBL) dengan kemampuan awal siswa
terhadap kemampuan berpikir kreatif matematik, (3) siswa dengan kemampuan
awal tinggi, kemampuan berpikir kreatif matematik siswa yang dibelajarkan
dengan model Problem-Based Learning (PBL) lebih tinggi dari pada Pembelajaran
Langsung, dan (4) siswa dengan kemampuan awal rendah, kemampuan berpikir
kreatif matematik siswa yang dibelajarkan dengan model Problem-Based Learning
(PBL) lebih rendah dari pada PembelajaranLangsung. Temuan ini menunjukkan
bahwa model problem based learning lebih cocok digunakan untuk membelajarkan
matematika konsep Relasi dan Fungsi pada siswa yang memiliki kemampuan awal
tinggi dan pembelajaran langsung lebih cocok digunakan untuk membelajarkan
matematika konsep Relasi dan Fungsi pada siswa yang memiliki kemampuan awal
rendah.
Kata Kunci : Model Problem Based Learning, Model Pembelajaran Langsung,
Kemampuan Berpikir kreatif Matematik dan Kemampuan Awal.


References


Abbas, Nurhayati, 2011. Metodologi

Penelitian. Makalah disajikan

pada workshop penulisan karya

ilmiah guru-guru SMA/SMK/MA

Se-Provinsi Gorontalo.

Herdian. 2010.Kemampuan Pemahaman

Matematika, (online),

(http://herdy 07.

wordpress.com/2010/05/27/kem

ampuan-pemahamanmatematis,

diakses 7 juli 2015).

Hulukati,Evi. 2005. Mengembangkan

Kemampuan Komunikasi dan

Pemecahan Masalah

Matematika siswa SMP Melalui

Model Pembelajaran Generatif.

Disertasi tidak diterbitkan di

Bandung: Program

Pascasarjana UPI Bandung.

Johnson, Elaine. 2002. Contextual

Teaching and Learning: What it

is and why it’s here to stay.

California: Crowin Press, Inc.,

Thousand Oaks, Cet. ke – 5.

Martinis, Yamin. (2011). Paradigma Baru

Pembelajaran. Jakarta: Gaung

Persada Press.

Nurgiyantoro, Dkk. 2009.Statistik Terapan.

Yogyakarta: Gadjah Mada

University Press.

Pehkonen, E. 1997. The State-of-Art in

Mathematical Creativity.

Zentralblatt für Didaktik der

Mathematik (ZDM)–The

International Journal on

Mathematics Education,

(Online), (http://www.emis.

de/journals/ZDM/zdm

a1.pdf, diakses 6 Juli 2015).

Rusman. 2010 .model model pembelajaran.

jakarta: Rajagrafindo persada.

Sabandar, J. (2008). Berpikir Reflektif.

Makalah. Prodi Pendidikan

Matematika SPS.UPI.

Sugiyono. 2005. Statistika untuk Penelitian.

Bandung: ALFABETA

Tall, D. (1991). Advanced Mathematical

Thinking. Mathematics

Education Library Kluwer

Academic Publishers.

Uno, hamzah,2005. Orientasi Baru Dalam

Psikologi

Pembelajaran.Gorontalo: Bumi

Aksara.

Yamin, Martinis . 2009. Strategi

Pembelajaran Berbasis

Kompetensi, Jakarta : Gaun

Persada Press.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




__________________________________________________________________________________________________________

Publisher:

Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo

Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: pps@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id