MENINGKATKAN KARAKTER DISKET MELALUI MODEL TEAM WORK DALAM PERMAINAN SEPAK BOLA DI KELAS IX SMP NEGERI 4 ORONTALO TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Ramla Timbola

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa dalam sepak bola terdapat nilai-nilai karakter seperti disiplin, sportivitas, kerja sama dan tanggung jawab akan tugas masing-masing, semangat pantang menyerah kebesaran jiwa untuk menerima kegagalan di mana nilai-nilai tersebut adalah nilai yang dibutuhkan untuk mencapai hidup selaras, serasi, dan seimbang di tengah-tengah masyarakatdengan. Disamping itu belum efektifnya pengajaran Penjasorkes di sekolah-sekolah. Kondisi ini disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya ialah terbatasnya model pembelajaran Penjasorkes dan sumber-sumber yang digunakan guru untuk mendukung proses pembelajaran. Dengan tujuan untuk mendeskripsikan implementasi model Team work dalam permainan Sepak bola, mendeskripsikan karakter disket (disiplin, sportivitas, kejujuran, kerja sama dan tanggung jawab dengan implementasi model team work, dan mendeskripsikan hasil belajar siswa dengan implementasi model Team work dalam permainan sepak bola di kelas IX1 SMP Negeri 4 Gorontalo Tahun Pelajaran 2018/2019”? Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Model pembelajaran permainan sepak bola  dengan menggunakan model Team work dapat meningkatkan karakter siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil rata-rata persentase karakter siswa pada siklus 1 sebesar 79.84 %, pada siklus II meningkat menjadi 87.42 %. Hasil analisa data model pembelajaran team work siklus I didapat rata-rata 82 %, dan hasil analisa data dari evaluasi model pembelajaran team work pada siklus II didapat rata-rata 94 %. Model pembelajaran Team work pada permainan sepak bola  dapat diterima sebagai salah satu model pembelajaran penjasorkes. Rata-rata dari uji coba yang ada, lebih dari 80 % siswa dapat mempraktikkan dan memahami permainan sepak bola dengan baik.


Keywords


Karakter disket siswa dan Model Team Work.

References


Adang Suherman.2000. Dasar-dasar Penjas. Jakarta : Depdiknas

Dishon D & O’Leary. W.P. 1994. ”Aguidebook for Coorperative Learning (Atchnique for Creating More Effective School, Holmes Beach Fl, Learning Publication,2rd Edition.

Hasibuan, SP. Melayu. 2000. Organisasi dan motivasi, Jakarta, Bumi Aksara,

Kemendiknas. 2011. Panduan Pendidikan Karakter. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Kebukuan Kemendiknas

Dewi, Sandra, 2007. Team Work Cara Menyenangkan Membangun Tim Impia. Bandung: Proggressio.

Kenneth Stott dan Allan Walker, Teams: Teamwork dan Team Building. Singapura:Prentice Hall, t.h.27.

Marudut Marpaung 2014. Jurnal Ilmiah Widya 36 Volume 2 Nomor 1 Maret-April. Menengah, Bagian Proyek Penataran Guru SLTP Setara D-III.

Mugiyo Hartono. 2010. Manajemen Keolahragaan. Semarang : Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Semarang.

Purwanto 2014. Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Ramdhani, M. A., & Ramdhani, A. (2014). Verification of Research Logical Framework Based on Literature Review. International Journal of Basic and Applied Science, 03(02), 1-9.

Siswanto Sastrohadiwiryo. 2005. Manajemen Tenaga Kerja Indonesia. Jakarta: PT Bumi Aksara

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Stephan P.Robbin 2007 . Prilaku Organisasi,Buku I. Jakarta: Salemba Empat,

Tenner, Arthur R., and Irving J. DeToro, 1992, Total Quality Management, Three Steps to Continuous Improvement, Massachusetts: Addison-Wesley Publishing Company, Inc

Yoyo Bahagia dan Adang Suherman.2000. Prinsip-prinsip Pengembangan dan Modifikasi Cabang Olahraga. Jakarta: Depdikbud, Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah.

Zubaedi. (2011). Desain Pendidikan Karakter: Konsepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta: Kencana.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




__________________________________________________________________________________________________________

Publisher:

Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo

Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: pps@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id