Implementasi Model PQ4R Dalam Meningkatkan Ketrampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Materi Cahaya Dan Alat Optik Di Kelas VIII SMP Negeri 4 Gorontalo

Sicilya Tumewu

Abstract


Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk: 1). Mengetahui dan mendeskripsikan impelementasi model pembelajaran PQ4R pada mata pelajaran IPA materi cahaya dan alat optik dalam meningkatkan   kemampuan berpikir kritis siswa,   2). Mengetahui dan mendeskripsikan impelementasi model pembelajaran PQ4R pada mata pelajaran IPA materi cahaya dan alat optik di Kelas  VIII6 SMP Negeri 4 Gorontalo tahun 2017/2018, 3). Meningkatkan prestasi belajar siswa. Hasil analisa diperoleh bahwa kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran model PQ4R terjadi peningkatan signifikan dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I dari rata-rata hasil observasi kemampuan berpikir kritis siswa sebesar 82.14, pada siklus II meningkat menjadi 89.08. Implementasi model PQ4R terjadi peningkatan signifikan dari siklus I ke siklus II. Rata-rata hasil pengamatan implementasi model PQ4R seklus I sebesar 76 %. Pada siklus II rata-rata hasil pengamatan implementasi model PQ4R sebesar 92 % termasuk kualifikasi sangat baik. Demikian juga haknya pada hasil belajar siswa. Daya serap siswa pada siklus I sebesar 80.78, pada siklus II meningkat menjadi 87.16.Dari hasil penelitian tindakan kelas dengan melaksanakan tindakan 2 siklus dapat disimpulan bahwa Penggunaan model pembelajaran PQ4R pada mata pembelajaran IPA khususnya materi cahaya dan alat optik dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa

Keywords


Model PQ4R dan Kemampuan Berpikir Kritis

Full Text:

PDF

References


Adinda, A. 2016. “Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Matematika”. Jurnal Logaritma. IV (1): 125-138

Desmita. 2010. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Djamarah. S. B, Zain. A. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta

Ida Ayu Widiyanthi Dkk, 2011. Pengaruh Metode Pembelajaran PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review) Terhadap Hasil Belajar TIK Siswa Kelas VIII), Volume, 3 Nomor 1 Maret , Issn 2252-9063

Johnson, Elaine B. 2010. Contextual Teaching and Learning: Menjadikan Kegiatan Belajar Mengajar Mengasyikkan dan Bermakna. Bandung: Kaifa.

Maftukhin, M. 2013. Skrpsi: Keefektifan model pembelajaran CPS berbantuan CD pembelajaran terhadap kemampuan berpikir kritis materi pokok geometri kelas X. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Muhibbin Syah. 2012. Psikologi Belajar. Jakarta: Penerbit Raja Grafindo Persada,

P21. 2007a. The Intellectual and Policy Foundations of the 21st Century Skills Framework. Washington DC, Partnership for 21st Century Skills.

Permendikbud RI Nomor 21 tahun 2016 Tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdikbud.

Rahmawati, Farida. 2011. Skripsii: Menigkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Tentang Sifat-Sifat Bangun Ruang dengan Menerapkan Tipe Numbered Together Pada Siswa Kelas V SD Negeri Balerejo 01 Kebon sari Madiun Tahun Pelajaran 2010/2011. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Slavin, R. E. 2008. Kooperatif learning: Theory, Research and Practice. Englewood Cliff. Prentice Hall.

Stobaugh, R. (2013). Assesing Critical Thinking in Middle and High Schools: Meeting the Common Core. New York: Routledge

Sudibyo. 2003, Belajar dan Pembelajaran I. Jakarta : Depdikbud

Sugiono. 2009.metode penelitian pendidikan kuantitatif, kualitatif, dan R & D. Bandung; Alfabeta

Suprijono Agus, (2009) Cooperative Learning Teori dan Aplikasi Paikem. yogyakarta : Pustaka Pelaja

Surya, Hendra. 2011. Strategi Jitu Mencapai Kesuksesan Belajar. Jakarta: Gramedia.

Suwarma, Dina Mayadiana. 2009. Kemampuan Berpikir Kritis Matematika. Jakarta: Cakrawala Maha Karya.

Zainal. 2009. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) untuk Guru, SD, SLB, TK. Yrama Widya. Bandung


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




__________________________________________________________________________________________________________

Publisher:

Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo

Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: pps@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id