IMPLEMENTASI PENDEKATAN RME DALAM MENINGKATKAN EFIKASI DIRI SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI SMP NEGERI 4 GORONTALO

Nur’ain K. Bakri

Abstract


Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menganalisis beberapa keterkaitan dengan kualitas pelaksanaan pendekatan RME dengan efikasi diri siswa yakni untuk: 1). mengetahui dan menganalisis keterampilan  guru dalam menerapkan pendekatan RME pada proses pembelajaran, 2). mengetahui dan menganalisis efikasi diri siswa dalam pembelajaran dengan pendekatan RME. 3). mengetahui dan menganalisis hasil belajar siswa dalam pembelajaran dengan pendekatan RME. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan RME dapat meningkatkan efikasi diri siswa. Keterampilan guru dalam penerapan pendekatan RME memperoleh rata-rata presentasi dari siklus I ke siklus II yakni 71.43 % naik menjadi 91.43 %. Hasil Analisis efikasi diri siswa dari siklus I ke II masing-masing sebesar 77.33 % dan 87.75 %. Analisis hasil ulangan harian pada siklus I, dan II diperoleh hasil pada siklus I jumlah siswa yang hadir 34 siswa, dari jumlah tersebut siswa yang memperoleh nilai minimal 75 adalah 26  siswa atau (76.47%) dan yang mencapai nilai kurang dari 75 masih 8 siswa atau (23.53 %). Siklus II siswa yang memperoleh nilai di atas 75 ada 31 siswa (91.18 %) dan memperoleh nilai kurang 3 siswa atau (8.82 %). Daya serap siswa pada siklus I sebesar 81.88, siklus II sebesar 90.70. Analisis hasil tiap siklus penelitian  sudah sesuai dengan indikator kinerja, sehingga dengan demikian dapat disimpulkan pendekatan RME sangat baik diterapkan pada proses pembelajaran IPA. Model pendekatan RME dapat membantu guru dalam  proses pembelajaran matematika, sehingga efikasi diri siswa meningkat yang implikasinya pada peningkatan hasil belajar siswa

Keywords


Pendekatan RME dan efikasi diri

Full Text:

PDF

References


Aditya, D. 2009. Hand Out Metodologi Research. Solo: Poltekes Surakarta. 11 hlm.

Aisyah, Nyimas. 2007. Pengembangan Pembelajaran Matematika SD. Jakarta: Dirjen Dikti Depdiknas.

Albert Bandura (2001) Social Cognitive Theory: An Agentic Perspective Reviews Psychology (New York: University Press.

Alwisol (2004). Psikologi Kepribadian (Malang: UMM Press,

Arifin, Zainal. 2009. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset.

Daniel Goleman. 1999. Working With Emotional Inteligence (London: Bloomsbury Publishing Pic.

………………., 1999. Kecerdasan Emosi untuk Mencapai Prestasi terjemahan T. Hermaya (Jakarta: Gramedia.

Elis Yunianti, Maxinus Jaeng dan Mustamin 2016. e-Jurnal Mitra Sains, Volume 4 Nomor 1

Gunawan 2008. Teknik Penilaian Tindakan Kelas. Jakarta: Sayagatama.

Hobri. 2009. Model-model Pembelajaran Inovatif. Jember. Center of Society Studies

Karunia dkk. 2015. Penelitian Pendidikan Matematika, Refika Aditama, Bandun

Kemdikbud 2014. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 103 Tahun 2014 tentang Pembelajaran pada Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kemdikbud

Sugiono. 2009.metode penelitian pendidikan kuantitatif, kualitatif, dan R & D. Bandung; Alfabeta

Sumardyono. 2004. Karakteristik Matematika dan Implementasinya Terhadap Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Depdiknas.

Tarigan, Daitin. 2006. Pembelajaran Matematika Realistik. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional

Treffers, A. (1991). Realistic mathematics education in the Netherlands 1980 – 1990. In L. Streefland (Ed.). Realistic mathematics education in primary school. Utrecht: CD- Press, Freudenthal Institute.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




__________________________________________________________________________________________________________

Publisher:

Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo

Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: pps@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id