IMPLEMENTASI MODEL SIKLUS BELAJAR 5 E DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERTANYAPADA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS DI KELAS IX SMP NEGERI 4 GORONTALO

Novita Dalie

Abstract


Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menganalisis beberapa keterkaitan dengan kualitas pelaksanaan model eksperimen dengan ketrampilan proses sains siswa yakni, 1). Meningkatkan keterampilan bertanya siswa pada mata pelajaran bahasa Inggris, 2). Meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Inggris, 3). Meningkatkan keterampilan guru dalam penerpan model siklus belajar 5 E. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketrampilan guru dalam penerapan model bealajar 5 E baik siklus I dan siklus II mengalami peningkatan. Ketrampilan guru pada siklus I dengan kualifikasi cukup mencapai 30.77 %, kualifikasi baik 46.15 %, dan kualifikasi sangat baik hanya 30.77 %, sedangkan pada siklus II kualifikasi cukup sudah tidak ada, kualifikasi baik 30.77 %, dan kualifikasi sangat baik meningkat menjadi 69.23 %, ketrampilan bertanya siswa baik siklus I dan siklus II mengalami peningkatan. Ketrampilan bertanya siswa siklus I dengan kualifikasi cukup mencapai 37.50 %, kualifikasi baik 37.50 %, dan kualifikasi sangat baik hanya 25 %, sedangkan pada siklus II dengan kualifikasi cukup sudah tidak ada, kualifikasi baik 25 %, dan kualifikasi sangat baik meningkat menjadi 75 %, hasil belajar siswa baik siklus I dan siklus II mengalami peningkatan. Hasil belajar siswa siklus I dengan kualifikasi tuntas mencapai 76.67 %, kualifikasi tidak tuntas 23.33 %, dan daya serap siswa 81.88, sedangkan pada siklus II dengan kualifikasi tuntas meningkat menjadi 93.33 %, dan kualifikasi tidak tuntas turun menjadi 6.67 %, daya serap siswa 85.67. Penerapan model siklus belajar 5 E pada mata pelajaran bahasa Inggris materi teks Transactional/Interpersonal dapat meningkatkan keterampilan bertanya dan hasil belajar siswa kelas IX5 SMP Negeri 4 Gorontalo.

Keywords


Siklus belajar 5E dan minat belajar siswa

Full Text:

PDF

References


Aditya, D. 2009. Hand Out Metodologi Research. Solo: Poltekes Surakarta. 11 hlm.

Arifin, Zainal. 2009. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset.

Hirawan, Adi. 2007. Model Siklus Belajar (Learning Cycle). Jurdik Biologi Undiksha. Universitas Pendidikan Ganesha

Husen. 2013. Pengaruh Pemberian Reward Terhadap Kemampuan Bertanya Pada Mata Pelajaran Geografi Topik Hidrosfer. KIM Fakultas Matematika dan IPA. 1 (1): 1-14. (Online), (http://kim.ung.ac.id/index.php/KIMFMIPA/arti-cle/view/3626, diakses 7 Juni 2015 pukul 20.00 WIB).

Kenneth. E. Vogler. 2005. Improve your verbal questioning. Jurnal education(di akses pada tgl 25 Juni 2015).

Murni, Wahid dkk. 2010. Keterampilan Dasar Mengajar. Jakarta, Ar-Ruzz.

Sugiono. 1999. Metodologi Penelitian Administrasi. Edisi Kedua. Bandung: CV Alfa Beta.

Suwarna. dkk. 2006. Pengajaran Mikro (Pendekatan Praktis Menyiapkan Pendidik Professional). Yogyakarta: Tiara Wacana Yogya.

Wena, Made. 2008. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer (Suatu Tinjauan Konseptual Operasional). Malang: PT.Bumi Aksara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




__________________________________________________________________________________________________________

Publisher:

Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo

Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: pps@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id