HUBUNGAN ANTARA PEMAHAMAN ATAS KONSEP-KONSEP LISTRIK STATIS DENGAN KEMAMPUAN SISWA MENYELESAIKAN SOAL-SOAL DALAM LINGKUP LISTRIK STATIS
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui “apakah terdapat hubungan antara pemahaman atas konsep-konsep listrik statis dan kemampuan siswa menyelesaikan soal-soal dalam lingkup listrik statis?â€, sehingga peneliti merumuskan sebuah hipotesis “terdapat hubungan positif antara pemahaman atas konsep-konsep dalam listrik statis dan kemampuan siswa menyelesaikan soal-soal dalam lingkup listrik statisâ€. Yang menjadi populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII SMA Negeri 1 Tilamuta yang terdaftar pada tahun ajaran 2017/2018. Sampel ditentukan dengan teknik Purposive Sampling berjumlah 60 orang siswa. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan teknik uji deskriptif korelasional dengan alat pengumpul data untuk kedua variabel adalah tes. Data hasil penelitian diuji normalitasnya dengan menggunakan rumus Chi-Kuadrat dan memperoleh X2hitung < X2daftar, yaitu 3,33 < 9,49 untuk variabel X dan 4,09 < 9,49 untuk variabel Y. Data yang diperoleh untuk kedua variabel berdistribusi normal. Selanjutnya dilakukan pengujian hipotesis menggunakan rumus regresi korelasi. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh hasil-hasil di antaranya, bentuk persamaan regresi Y = 1,89 + 0,91X berbentuk linear yang dinyatakan oleh hasil perhitungan Fhitung < Fdaftar atau 0,62 < 1,85; persamaan Y = 1,89 + 0,91X adalah persamaan regresi berarti, yang dinyatakan oleh Fhitung > Fdaftar atau 257,05 > 1,00, dan harga koefisien korelasi (r) didapat 0,88 dengan indeks determinasi r2=0,7742 atau 77,42% variabel Y dipengaruhi oleh variabel X, sedangkan sisanya 22,58% dipengaruhi oleh fakta-fakta lain. Hasil pengujian keberartian koefisien korelasi didapat bahwa thitung > tdaftar yakni 14,11 > 1,67 yang membuktikan bahwa koefisien korelasi antara variabel X dan variabel Y adalah berarti. Dan dari analisis yang dilakukan maka hipotesis penelitian yaitu “terdapat hubungan positif antara pemahaman atas konsep-konsep dalam listrik statis dan kemampuan siswa menyelesaikan soal-soal dalam lingkup listrik statis†diterima pada taraf a = 0,05.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsini. 1992. Prosedur Penelitian Suatu Praktek. Jakarta Cipta.
Dahar, R.W. 1996. Teori-Teori Belajar. Jakarta : Erlangga
Daryanto, H. 1997. Evaluasi Pendidikan. Solo : Rineka Cipta
Degeng, Sudana. 1989. Ilmu Pengajaran Taksonomi Variabel. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Dirjen Dikti : Jakarta.
Hamalik, Oemar. 1994. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta : Bumi Aksara
Mohammad, Ansar. 1985. Prosedur Belajar Mengajar Pola CBSA. Surabaya : Usaha Nasional
Samatowa, Usman. 1999. Konsep Dasar IPA dan Penerapannya
Slameto. 1987. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta : Bina Aksara
Sudjana. 1987. Metode Statistik. Bandung : Tarsito
Sudjana. 1989. Metode Statistik. Bandung : Tarsito
Sudjana, Nana. 1989. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : PT. Remaja Rosidakarya.
Sugiyono. 2004. Statistika Untuk Penelitian. Jakarta : Alfabeta
Young, Hugh dan Roger Freedman (terjemahan Pantur Silaban). 2003. Fisika Universitas. Jakarta : Erlangga.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
__________________________________________________________________________________________________________
Publisher:
Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: pps@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id