HUBUNGAN ANTARA PEMAHAMAN ATAS KONSEP-KONSEP LISTRIK STATIS DENGAN KEMAMPUAN SISWA MENYELESAIKAN SOAL-SOAL DALAM LINGKUP LISTRIK STATIS

Yuningsi Kasim

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui “apakah terdapat hubungan antara pemahaman atas konsep-konsep listrik statis dan kemampuan siswa menyelesaikan soal-soal dalam lingkup listrik statis?”, sehingga peneliti merumuskan sebuah hipotesis “terdapat hubungan positif antara pemahaman atas konsep-konsep dalam listrik statis dan kemampuan siswa menyelesaikan soal-soal dalam lingkup listrik statis”. Yang menjadi populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII SMA Negeri 1 Tilamuta yang terdaftar pada tahun ajaran 2017/2018. Sampel ditentukan dengan teknik Purposive Sampling berjumlah 60 orang siswa. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan teknik uji deskriptif korelasional dengan alat pengumpul data untuk kedua variabel adalah tes. Data hasil penelitian diuji normalitasnya dengan menggunakan rumus Chi-Kuadrat dan memperoleh X2hitung < X2daftar, yaitu 3,33 < 9,49 untuk variabel X dan 4,09 < 9,49 untuk variabel Y. Data yang diperoleh untuk kedua variabel berdistribusi normal. Selanjutnya dilakukan pengujian hipotesis menggunakan rumus regresi korelasi. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh hasil-hasil di antaranya, bentuk persamaan regresi Y = 1,89 + 0,91X berbentuk linear yang dinyatakan oleh hasil perhitungan Fhitung < Fdaftar atau 0,62 < 1,85; persamaan Y = 1,89 + 0,91X adalah persamaan regresi berarti, yang dinyatakan oleh Fhitung > Fdaftar atau 257,05 > 1,00, dan harga koefisien korelasi (r) didapat 0,88 dengan indeks determinasi r2=0,7742 atau 77,42% variabel Y dipengaruhi oleh variabel X, sedangkan sisanya 22,58% dipengaruhi oleh fakta-fakta lain. Hasil pengujian keberartian koefisien korelasi didapat bahwa thitung > tdaftar yakni 14,11 > 1,67 yang membuktikan bahwa koefisien korelasi antara variabel X dan variabel Y adalah berarti. Dan dari analisis yang dilakukan maka hipotesis penelitian yaitu “terdapat hubungan positif antara pemahaman atas konsep-konsep dalam listrik statis dan kemampuan siswa menyelesaikan soal-soal dalam lingkup listrik statis” diterima pada taraf a = 0,05.


Keywords


Pemahaman, Kemampuan Siswa, Listrik Statis

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsini. 1992. Prosedur Penelitian Suatu Praktek. Jakarta Cipta.

Dahar, R.W. 1996. Teori-Teori Belajar. Jakarta : Erlangga

Daryanto, H. 1997. Evaluasi Pendidikan. Solo : Rineka Cipta

Degeng, Sudana. 1989. Ilmu Pengajaran Taksonomi Variabel. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Dirjen Dikti : Jakarta.

Hamalik, Oemar. 1994. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta : Bumi Aksara

Mohammad, Ansar. 1985. Prosedur Belajar Mengajar Pola CBSA. Surabaya : Usaha Nasional

Samatowa, Usman. 1999. Konsep Dasar IPA dan Penerapannya

Slameto. 1987. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta : Bina Aksara

Sudjana. 1987. Metode Statistik. Bandung : Tarsito

Sudjana. 1989. Metode Statistik. Bandung : Tarsito

Sudjana, Nana. 1989. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : PT. Remaja Rosidakarya.

Sugiyono. 2004. Statistika Untuk Penelitian. Jakarta : Alfabeta

Young, Hugh dan Roger Freedman (terjemahan Pantur Silaban). 2003. Fisika Universitas. Jakarta : Erlangga.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




__________________________________________________________________________________________________________

Publisher:

Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo

Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: pps@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id