PERILAKU KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM PENINGKATAN KINERJA GURU DI SMK SE-KABUPATEN BOALEMO
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis perilaku kepemimpinan kepala sekolah dalam peningkatan kinerja guru di SMK Se-Kabupaten Boalemo. Dan mengetahui dan menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja guru PPKn di SMK Se-Kabupaten Boalemo.serta untuk mengetahui dan menganalisis upaya-upaya yang dilakukan dalam kepemimpinan kepala sekolah pada peningkatan kinerja guru PPKn SMK Se-Kabupaten Boalemo. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif dengan analisis data model interaktif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa Perilaku kepemimpinan kepala sekolah dalam peningkatan kinerja guru PPKn di SMK Se-Kabupaten Boalemo yaitu: Kepala sekolah sudah mempengaruhi dan menggerakkan bawahan untuk peningkatan kinerja guru PPKn yang dilihat dari perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, sampai dengan evaluasi pembelajaran, akan tetapi belum maksimal masih sekitar 5 sekolah yang harus ditingkatkan proses kinerja guru PPKn, kepala sekolah telah memilih dan mengembangkan personel agar dapat berkembang secara optimal akan tetapi belum maksimal dalam melakukan tugas yang diembankan, dan belum semua kebijakan dan motivasi yang diberikan kepala sekolah kepada guru PPKn. Faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku kepemimpin kepala sekolah di SMK Se-Kabupaten Boalemo yaitu: Kemampuan kepala sekolah belum maksimal, kepala sekolah dalam memecahkan masalah di lingkungan sekolah belum tercapai dengan baik, dan kepala sekolah belum melaksanakan tugas secara tuntas dalam permasalahan yang dihadapi oleh guru PPKn. Upaya kepemimpinan kepala sekolah dalam peningkatan kinerja guru PPKn di SMK Se-Kabupaten Boalemo, yaitu: Pembinaan disiplin dengan memberikan contoh yang baik seperti datang tepat waktu serta menaati peraturan sekolah, pemberiaan motivasi, pemberian kepercayaan berupa jabatan, pemberian penghargaan bagi guru yang berprestasi, dan melakukan pengawasan yang komprehensif. Rekomendasi diharapkan agar perilaku kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di SMK Se-Kabupaten Boalemo terus ditingkatkan sehingga mencapai hasil yang lebih efektif dan efesien.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Danim, Sudarwan, 2005, Visi Baru Manajemen Sekolah, dari Unit Birokrasi ke Lembaga Akademik, Jakarta, Bumi Aksara
Fathoni, Abdurrahmat, 2006, Organisasi dan Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta : PT Rineka Cipta.
Fattah, H. Nanang, 2004, Konsep Manajemen Berbasis Sekolah dan Dewan Sekolah, Bandung: Bani Quraisy,
Hasibuan, Malayu S.P, 2007, Manajemen Sumber Daya Manusia Dasar dan Kunci Kebrhasilan, JCV Haji Masagung, Jakarta
Margono, S. 2009. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Moedjarto, H., 2005. Karakteristik Sekolah Unggul, Jakarta: Duta Graha Pustaka.
Mukhtar dan Ervin A. Priambodo, 2005. Mengukir Prestasi, Panduan Menjadi Guru Profesional, Jakarta : Misaka Galiza,
Mulyadi, 2010, Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Mengembangkan Budaya Mutu, Malang: Maliki Press,
Mulyasa, E, 2007, Manajemen Berbasis Sekolah (Konsep, Strategi, dan Implementasi), Bandung: Remaja Rosdakarya
Pidarta, Made, 2007. Pemikiran tentang Supervisi Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara.
Purwanto, M. Ngalim, 2006, Administrasi dan Supervisi Pendidikan, Bandung: Remaja Rosdakarya,
Rusyan, Tabrani, 2000, Upaya Meningkatkan Budaya Kinerja Guru, Cianjur: CV Dinamika Karya.
Rivai, Veithzal dan Basri. 2005. Performance Appraisal: Sistem Yang Tepat Untuk Menilai Kinerja Karyawan Dan Meningkatkan Daya Saing Perusahaan. Raja Grafindo Persada. Jakarta.
Sanjaya, Wina, 2006, Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar, Proses Pendidikan, Jakarta: Kencana Pernada Media,
Soetopo, Hendiyat dan Soemanto, Wasty, 2009, Kepemimpinan dan Supervisi Pendidikan, Jakarta: Bina Aksara,
Sulistyorini, 2001. Hubungan antara Keterampilan Manajerial Kepala Sekolah dan Iklim Organisasi dengan Kinerja Guru. Jakarta: Ilmu Pendidikan
Sulistiyani, Ambar T. dan Rosidah. 2003. Manajemen Sumber Daya Manusia. Graha Ilmu, Yogyakarta
Suryadi, Ace, 1995, Efisiensi Pengelolaan Pendidikan, Jakarta: Balitbang Depdikbud
Surya, Mohamad,2013, Psikolgi Guru, Konsep Dan Aplikasi Dari Guru Untuk Guru, Bandung:Alfabeta
Thoha, Miftah, 2010, Kepemimpinan dalam Manajemen, Jakarta: Raja Grafindo Persada,
Wahyosumidjo, 2007, Kepemimpinan Kepala Sekolah, Tinjauan Teoretik dan Permasalahanya, Jakarta: Rajawali Pres,
Wahyudi, 2010, Kepemimpinan Kepala Sekolah: Dalam Organisasi Pembelajaran, Bandung: Alfabeta
Refbacks
- There are currently no refbacks.
__________________________________________________________________________________________________________
Publisher:
Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: pps@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id