Nilai Nilai Budaya Kerja guru SMK Negeri Bulango Utara Kab. Bone Bolang

Ramli Nggilu, Syamsu Qamar Badu, Asirin Asirin

Abstract


Pendidikan merupakan usaha untuk mengembangkan segala potensi yang dimiliki oleh peserta didik melalui proses pembelajaran. Dalam bidang pendidikan, guru kerap dianggap sebagai pihak yang paling bertanggungjawab atas kualitas pendidikan, sehingga timbul harapan agar guru yang menangani langsung masalah pendidikan adalah guru yang memiliki kualitas memadai, yaitu guru dengan nilai-nilai budaya kerja yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis nilai-nilai budaya kerja guru SMK Negeri 1 Bulango Utara yang bertempat di Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo. Penelitian ini menggunakan metode metode penelitian deskriptif dengan mengkombinasikan penelitian kualititatif dan kuantitatif. Sampel ditentukan dengan menggunakan teknik probability sampling, sedangkan pengumpulan data menggunakan empat macam instrumen, yaitu observasi, kuesioner, wawancara, dan studi dokumen. Data yang diperoleh kemudian diolah dengan menggunakan rumus Weighted Means Score (WMS). Indikator yang termasuk dalam nilai-nilai budaya kerja guru yang diukur dalam penelitian ini terdiri dari komitmen, disiplin, kerjasama, komunikasi, tanggungjawab, profesionalitas, dan integritas. Diantara ketujuh nilai tersebut, yang termasuk kategori sangat baik yaitu komitmen, komunikasi, tanggungjawab, profesionalitas, dan integritas, sedangkan dua lainnya, yaitu disiplin dan kerjasama, termasuk dalam kategori


Keywords


Budaya Kerja, Nilai nilai, Guru

References


Airasian, Peter, and L. R. Gay. 2000. Educational Research: Competencies for Analysis and Application. Boston: Prentice-Hall.

Arwildiyanto. 2011. Budaya Kerja Dosen (Studi Kualitatif di Universitas Negeri Padang). Disertasi, Ph.D., Jakarta: Universitas Negeri Jakarta.

Bidang Dikbud KBRI Tokyo. 2003. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Komisi Informasi Pusat Republik Indonesia.

Kementerian Negara Pendayagunaan Aparatur Negara. 2002. Keputusan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara No. 25/KEP/M.PAN/4/2002 tentang Pedoman Pengembangan Budaya Kerja Aparatur Negara. Jakarta: Kementerian Negara Pendayagunaan Aparatur Negara.

Sudjana. 2005. Metode Statistika. Bandung: Tarsito.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kombinasi. Bandung: CV. Alfabet.

Suharsimi, Arikunto. 1998. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Triguno. 2004. Budaya Kerja: Menciptakan Lingkungan yang Kondusif untuk Meningkatkan Produktivitas Kerja. Jakarta: PT. Golden Trayon Press


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




__________________________________________________________________________________________________________

Publisher:

Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo

Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: pps@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id