PENGARUH PERILAKU KEPEMIMPINAN VISIONER, BUDAYA SEKOLAH DAN MOTIVASI KERJA GURU TERHADAP ETOS KERJA GURU PADA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DI KABUPATEN BOALEMO

Foni Masiaga, Abd. Kadim Masaong, Arfan Arsyad

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perilaku kepemimpinan visioner, Budaya Sekolah, dan Motivasi Kerja Guru terhadap Etos Kerja Guru Pada Sekolah Menengah Pertama di Kabupaten Boalemo. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional yang bersifat menjelaskan hubungan kausal dan melakukan pengujian hipotesis. Populasi berjumlah 103 Orang dan Sampel penelitian berjumlah 74 orang guru pada Sekolah Menengah Pertama Negeri di Kabupaten Bolaemo. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket. Analisis terhadap data yang diperoleh digunakan analisis jalur (Path Analisys). Hasil penelitian yaitu: (1) terdapat pengaruh langsung positif dan signifikan perilaku kepemimpinan visioner kepala sekolah terhadap etos kerja guru pada Sekolah Menengah Pertama  di Kabupaten Boalemo. (2)  terdapat pengaruh langsung positif dan signifikan budaya kerja terhadap etos kerja guru pada sekolah Menengah Pertama  di Kabupaten Boalemo. (3) terdapat pengaruh langsung positif dan signifikan motivasi kerja guru terhadap tingkat etos kerja guru pada Sekolah Menengah Pertama  di Kabupaten Boalemo. (4) terdapat pengaruh langsung posiitif dan signifikan perilaku kepemimpinan visioner kepala sekolah terhadap motivasi kerja guru pada Sekolah Menengah Pertama di Kabupaten Boalemo. (5) Terdapat pengaruh langsung positif dan signifikan budaya sekolah terhadap Motivasi kerja guru pada Sekolah Menengah Pertama  di Kabupaten Boalemo. Saran penelitian kepada para Kepala Sekolah pada Sekolah Menengah Pertama  di Kabupaten Boalemo diharapkan melakukan berbagai program untuk menciptakan sekolah yang nyaman, aman dan disiplin guna mendorong sekolah yang memiliki etos kerja tinggi, berbudaya efektif dan bermotivasi tinggi.

References


Aan Komariah 2014. Pengaruh Kepemimpinan Transformasional, iklim sekolah, kinerja mengajar guru terhadap produktivitas sekolah Universitas Pendidikan Indonesia

Abdurrokhman. 2015. Peran Budaya Kerja, Kreativitas dan Inovasi dalam Organisasi. Jakarta: Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi Universitas Gunadarma.

Anoraga, Pandji. 2011. Psikologi Kerja. Jakarta: Rineka Cipta.

Davis, K., Newstrom, J.W. 2005. Perilaku dalam Organisasi. Jakarta: Erlangga.

Donnell, G.I.2005. Organisasi (Perilaku, Struktur, Proses). Jakarta: Erlangga.

Ester Manik, Kamal Bustomi. 2011. Pengaruh kepemimpinan kepala sekolah, Budaya organisasi dan motivasi kerja Terhadap kinerja guru pada SMP Negeri 3 Rancaekek. STIE Pasundan Bandung.

Fathoni, Abdurrahmat. 2006. Organisasi dan Manajemen Sumber Daya. Manusia. Jakarta: Rineka Cipta.

Guno, Tri., Gering Supriyadi. 2006. Budaya Kerja Organisasi Pemerintah. Jakarta: Lembaga Administrasi Negara.

Handoko, T. Hani. 2013. Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: BPFE.

Hartanto, Frans Mardi. 2009. Paradigma Baru Manajemen Indonesia (Menciptakan Nilaidengan Bertumpu pada Kebajikan dan Potensi Insani). Bandung: Mizan Pustaka Ujungberung.

Indriyo dan Sudita, I Nyoman. 2010. Perilaku Keorganisasian. Yogyakarta: BPFE.

Iskandar. 2008. Metodologi Penelitian Pendidikan dan Sosial (Kuantitaif dan Kualitatif). Jakarta: Gaung Persada Group.

Jauhari, Arif. 2005. Kinerja Guru Berprestasi. Depok: Badan. Penerbit FKM UI.

Kartono, Kartini. 2013. Pemimpin dan Kepemimpinan. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor 25/Kep/M.Pan/4/2002 tentang Pedoman Pengembangan Budaya Kerja Aparatur Pemerintah.

Lila, R. 2002. Iklim Organisasi dan Budaya Perusahaan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mangkunegara. A.A. Anwar Prabu. 2008. Psikologi Perusahan. Bandung: Trigenda Karya.

Maulidi, Achmad. 2015. Pengaruh Budaya Kerja Terhadap Kinerja Karyawan. Kanal Pengetahuan http://www.kanal.web.id diakses tanggal 8 April 2016.

Masaong Kadim dan Ansar, 2010. Manajemen berbasis sekolah: Teori,Model,Implementasi.Gorontalo: Nurul Jannah

Mulyasa. 2004. Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran. Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Ndraha. Taliziduhu. 2005. Budaya Organisasi. Jakarta: Rineka Cipta.

Nirman, Umar, 2004. Perilaku Organisasi, Cetakan ketiga, Penerbit CV. Citra Media, Surabaya. Bandung: Alfabeta.

Rini, Darmastuti. 2012. Media Relations, Konsep, Strategi dan Aplikasi. Yogyakarta: Andi Offset.

Satori, Djam’an, dkk. 2007. Profesi Keguruan. Jakarta: Universitas Terbuka.

Sri setiyati. 2012 Pengaruh kepemimpinan kepala sekolah, motivasi Kerja, dan budaya sekolah terhadap kinerja guru. SMK Negeri 1 Wonosari Gunung Kidul

Subur, Surya. 2016. Menyorot Budaya Kerja Organisasi Pemerintah (Bahan Literatur Diklat Prajab). Banjarmasin: Balai Diklat Keagamaan.

Thoha Miftah. 2003. Perilaku Organisasi Konsep dasar dan Aplikasinya. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Tuti Rohayati. 2015. Pengaruh komitmen dan motivasi berprestasi terhadap Kinerja manajerial kepala sekolah dasar negeri di Kecamatan cicalengka. Universitas Pendidikan Indonesia


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




__________________________________________________________________________________________________________

Publisher:

Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo

Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: pps@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id