PENGARUH KECERDASAN INTERPERSONAL, KECERDASAN INTRAPERSONAL, DAN KECERDASAN SOSIAL TERHADAP KREATIVITAS GURU SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI DI KECAMATAN PAGUYAMAN KABUPATEN BOALEMO

Meks Lagibu, Abd. Kadim Masaong, Ikhfan Haris

Abstract


Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh langsung kecerdasan interpersonal, kecerdasan intrapersonal, dan kecerdasan sosial terhadap kreativitas guru. Penelitian ini menggunakan metode survey. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial dengan pendekatan analisis jalur (path analysis).  Populasi adalah seluruh guru di SMPN yang ada di Kecamatan Paguyaman, sebanyak 146 orang, sampel diambil sebanyak 113 orang. Hasil penelitian menunjukkan: 1) kecerdasan interpersonal berpengaruh langsung positif terhadap kreativitas guru, 2) kecerdasan intrapersonal berpengaruh langsung positif terhadap kreativitas guru, 3) kecerdasan sosial berpengaruh langsung positif terhadap kreativitas guru, 4) kecerdasan interpersonal berpengaruh langsung positif terhadap kecerdasan sosial, 5) kecerdasan intrapersonal berpengaruh langsung positif terhadap kecerdasan sosial

Keywords


kecerdasan interpersonal, kecerdasan intrapersonal, kecerdasan sosial, kreativitas guru

References


Alavi. M. 2012. Review: Knowlwdge Management & Knowlodge Management Systems: Conceptual Foundation & Research Issues. Management Imformation Systems Research Center Vol. 25.

Alder, Harry. 2001. Bost Your Intelegcene: Pacu EQ dan IQ Anda.Terj. Christina Prianingsih. Jakarta: Erlangga

Ali, Muhammad & Asrori, Muhammad. 2006. Psikologi Remaja: Perkembangan Prestasi Didik. Jakrta: Bumi Aksara

Amstrong, Thomas. 2002. Identifiying and Developing Your Multiple Intelligences (Menemukan dan Meningkatkan Kecerdasan Anda Berdasarkan Teori Multiple Intellegence). Terj. T. Hermaya. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Anderson. 1999. The Development of Intelligence. Psychological. Press: UK

Azwar, Syaifuddin. 1996. Pengantar Psikologi Inteligensi. Yokyakarta: Pustaka Pelajar

Bahaudin, Taufik. 2007. Brainware Leadership Mastery Kepemimpinan Abad Otak dan Milenium Pikiran. Jakarta: PT. Alex Media Komputindo.

Baron, J.B & Sternberg, RJ. 1987. Teaching Thingking Skill: Theory and Practise. New York: W.H. Freeman and Company.

Buzan. Deming, 2002. Clustering Competence in Emotional Intelligence: Insights from the Emotional Competence Inventory (ECI).http://www.eiconsortium.org.

Efendi, Agus, 2005. Revolusi Kecerdasan Abad 21. Bandung: Alfabeta

Faisal, AMW dan Zulfanah. 2003. Menyiapkan Anak Menjadi Juara. Jakarta: PT. Elek Media Komputindo.

Gardner, H. 1983. Frames of Mind. The Theory of Multiple Intelligences. New York: Basic. Books

Goleman, D. 1995. Emotional Intelligence. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama

Hanisah, 2014. Meningkatkan Kecerdasan Intrapersonal Anak Melalui Kegiatan Berceritera Berbantuan Media Film/VCD di Kelompok B5 RA Ummatan Wahidah di Kota Curup. Skripsi. Universitas Bengkulu : Tidak Diterbitkan.

Hernowo. 2001. Menjadi Guru yang Mau dan Mampu Mengajar Secara Kreatif. Bandung: MCL

Kristina, Helena. J. 2011. Pengaruh Softskills (Intrapersonal Skills) Terhadap Kinerja Tenaga Pemasaran Properti. Jurnal Tesis. Universitas Pelita Harapan.

Masaong, A.K.& Tilome A.A. 2011. Kepemimpinan Berbasis Multiple Intelegence Sinergi Kecerdasan Intelektual, Emosional dan Spritual untuk Meraih Kesuksesan yang Gemilang. Bandung : Alfabeta.

Martuti. 2009. Mengelola PAUD: Dengan Aneka Permainan Meraih Kecerdasan Majemuk. Yokyakarta: Kreasi Wacana Offset.

Masaong, A.K.& Tilome A.A. 2012. Supervisi Pembelajaran dan Pengembangan Kapasitas Guru Memberdayakan Pengawas sebagai Gurunya Guru. Bandung: Alfabeta

Monks. 1989. Psikologi Perkembangan: Pengantar dalam Berbagai Bagiannya. Yokyakarta: Gajah Mada University Press.

Muhajirmurlan. 2011. Kecerdasan Sosial. http://muhajirmurlan-asri.html , diakses 19 Mei 2017.

Munandar, S.C. Utami. 1995. Petunjuk Bagi Para Guru dan Orang Tua dalam Mengembangkan Minat dan Kreativitas Anak Sekolah. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Mulyasa. 2009. Menjadi Guru Profesional (Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan). Bandung: Rosdakarya Cetakan Kesembilan

Safaria, T. 2005. Interpersonal Intelligence: Metode Pengembangan Kecerdasan Interpersonal Anak. Yogyakarta: Penerbit Amara Books


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




__________________________________________________________________________________________________________

Publisher:

Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo

Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: pps@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id