KEEFEKTIFAN KOORDINASI KEPALA SEKOLAH DALAM MENGINTEGRASIKAN PROGRAM DAN KEGIATAN DI SMA NEGERI 1 MANANGGU KABUPATEN BOALEMO

Hasna AsMU, Ikhfan Haris, Nina Lamatenggo

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan: (1) koordinasi kepala sekolah dalam mengitegrasikan program dan kegiatan kesiswaan, (2) koordinasi kepala sekolah dalam mengitegrasikan program dan kegiatan kurikulum, (3) koordinasi kepala sekolah dalam mengitegrasikan program dan kegiatan ketenagaan, (4) koordinasi kepala sekolah dalam mengitegrasikan program dan kegiatan bidang keuangan, (5) koordinasi kepala sekolah dalam mengitegrasikan program dan kegiatan sarana dan prasarana. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitaf dengan jenis penelitian eksplanatori. Teknik pengumpulan data yang menggunakan wawancara, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif.  Hasil penelitian menunjukkan: (1) koordinasi kepala sekolah dalam mengitegrasikan program dan kegiatan kesiswaan berada pada kategori baik, (2) koordinasi kepala sekolah dalam mengitegrasikan program dan kegiatan kurikulum berada pada kategori sangat baik (3) koordinasi kepala sekolah dalam mengitegrasikan program dan kegiatan ketenagaan berada pada kategori baik, (4) koordinasi kepala sekolah dalam mengitegrasikan program dan kegiatan bidang keuangan  berada pada kategori baik, (5) koordinasi kepala sekolah dalam mengitegrasikan program dan kegiatan sarana dan prasarana berada pada kategori baik. Dalam penelitian ini disarankan (1) Kepala sekolah perlu secara intensif melakukan evaluasi atas pelaksanaan koordinasi yang dilakukan dalam konteks pengelolaan program dan kegiatan di sekolah, sehingga dapat diketahui tingkat efektivitasnya dalam mendukung pelaksanaan program sekolah, (2) Pengawas pembina sekolah perlu membantu kepala sekolah dalam  menganalisis berbagai faktor yang dapat mempengaruhi keefektifan koordinasi kepala sekolah  dalam pelaksanaan kegiatan di sekolah, agar dapat  dilakukan proses untuk mendinamisasi koordinasi dalam pengelolaan berbagai kegiatan di sekolah.

Keywords


efektivitas, koordinasi, program kegiatan

References


Abdul Wahab, Solichin 2008, Analisis Kebijaksanaan Dari Formulasi Ke Implemetasi Kebijaksanaan Negara, Edisis Kedua, Jakarta: PT Bumi Aksara.

Adelia Vera, S. 2012. Metode Mengajar Anak di Luar Kelas, Jogyakarta: Diva Press

Apriliyanto. 2009. Jurnal penelitian Pengaruh Kepemimpinan, motivasi kerja dan persepsi guru terhadap Efektivitas Koordinasi Pengelolaan SMP di KAbupaten Depok. diakses 25 November 2017

Atwi Suparman dan Aminudin Zuhairi, 2004, Pendidikan Jarak Jauh Teori dan Praktek, Jakarta: Pusat Penerbit Universitas Terbuka.

Badrudin, 2013, Dasar-Dasar Manajemen. Bandung: Alfabeta.

Casely, D. dan Kumar, K. 1987, Project Monitoring and Evaluation in Agriculture. Baltimore : John Hopkins.

Chung and Megginson. 1981. Organization Behavior Depelopment Managerial Skills. Newyork.

Clayton,Eric,Petry,Francoise.1983, Monitoring Systemsfor Agricultural and Rural Development Projects, Volume2:Food&AgricultureOrg.

Dedi Supriadi, 2001, SLTP Terbuka Model Pendidikan Populasi, Bandung: Lubuk Agung.

Dirjen Manajemen Pendidikan dan Menengah, 2008,Pedoman Pelaksanaan Manajemen SLB Tunarungu (B), Jakarta: Diknas.

Edwards III, George C. 1980,Implementing Public Policy, Washington:Congressional Quarterly Press.

Handayaningrat, Soewarno 1985,Pengantar Studi Ilmu Administrasi dan Managemen, Cetakan Keenam, Jakarta: PT Gunung Agung.

Handoko, T. Hani 2003, Manajemen, Edisi Kedua, Cetakan Kedelapanbelas, Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta.

Haryono. 2009. Landasan Pendidikan. Bandung: Alfabetha

Hasibuan, Malayu S.P, 2006, Manajemen Dasar, Pengertian, dan Masalah,Edisi Revisi, Bumi Aksara:Jakarta.

Inu, Kencana. 2011. Manajemen Pemerintahan. Jakarta: Rineka Cipta.

Mazmanian, D. A. and Sabatier, P. A. 1983,Implementation and Public Policy, Scott, Foresman & Co, Dallas.

Ndraha, Taliziduhu. 2003. Kybernology (Ilmu Pemerintahan Baru) 1. Jakarta: Rineka Cipta.

Paturasi Achmad, 2012,Manajemen Pendidikan Jasmanai dan Olahraga, Jakarta: Rineka Cipta.

Permen No.6 Tahun 1988. Tentang Koordinasi Kegiatan Instansi Vertikal di Daerah.

Riduwan. 2010. Dasar-Dasar Statistika. Bandung:Rosda Karya

Rivai, Veithzal. 2005. Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan, dari Teori ke Praktik. Jakarta: PT Raja Gravindo Persada.

Siagian, Sondang. 2000. Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi ketiga. Jakarta: Bima Aksara Indonesia

Sudijono, Anas, 1996, Pengantar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sudjana. 2006. Metode Statistika. Jakarta: Rineka Cipta

Sugiyono, 2013, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D,Bandung:Alfabeta.

SuharsimiArikunto,1993,Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta:Rineka Cipta.

Sularno. 2014. Pengelolaan SMP Terbuka di daerah Terpencil. Jakarta: Harapan Massa

Suparman dan Zuhairi. 2011. Masalah Pendidikan dan Tantangannya. Jakarta: Prenhallindo.

Sutisna. 2009. Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran, Cetakan Ketiga. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Terry, George. 1964. Prinsip-Prinsip Manajemen. Jakarta: Bumi Aksara

Yusufhadi Miarso, 2004, Menyemai Benih Teknologi Pendidikan, Jakarta: Kencana.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




__________________________________________________________________________________________________________

Publisher:

Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo

Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: pps@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id