PENGEMBANGAN KAMUS ELEKTRONIK BERBASIS APLIKASI MICROSOFT EXCEL MATERI PRINSIP HEREDITAS UNTUK SMA KELAS XII IPA

hasna Abdan, Ani M. Hasan, Elya Nusantari

Abstract


Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengembangkan kamus elektronik yang bersifat valid, praktis dan efektif, pada konsep prinsip hereditas. Tahap penelitian dan pengembangan mengacu pada model pengembangan ADDIE yang terdiri atas 5 tahap yaitu: (1) Analysis; (2) Design; (3) Development; (4) Implementation; (5) Evaluation. Instrumen penilaian terdiri atas tiga yaitu (1) instrumen kevalidan berupa instrumen penilaian kevalidan ahli materi, ahli media dan ahli Bahasa. (2) instrumen kepraktisan berupa instrument respon guru/observer dan respon siswa terhadap kamus elektronik (3) instrumen keefektifan berupa pengamatan kegiatan pembelajaran dan hasil belajar siswa. Berdasarkan analisis data, Penilaian  kelayakan  oleh  ahli materi  diperoleh  rerata  skor 3,92 (valid), Penilaian kelayakan oleh ahli media  diperoleh rerata  skor  3,99 (valid), Penilaian kelayakan oleh ahli bahasa  diperoleh rerata  skor  3,68 (valid). Tingkat kepraktisan media kamus elektonik diperoleh respon guru yaitu 91,6 dengan kriteria “sangat kuat”, karena nilai rata-rata tersebut ≥ 50% dari seluruh indikator pernyataan termasuk dalam kategori sangat kuat atau kuat. Tingkat keefektifan, dilihat dari hasil pengamatan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan media kamus elektronik oleh guru mitra/observer capaian nilai rata-rata 4,11 termasuk dalam kategori “sangat baik”. Selain itu juga dilihat dari perolehan nilai hasil belajar siswa setelah menggunakan media kamus elektronik berbasis Excel terdapat 25 orang siswa yang tuntas dengan prosentase belajar secara klasikal 80%. Dengan demikian dapat diasumsikan bahwa media ini dikatakan efektif karena ketuntasan secara klasikal telah terpenuhi > 75%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa kamus elektronik Elektronik Berbasis Aplikasi Microsoft Excel Materi Prinsip Hereditas yang dikembangkan layak di digunakan untuk pembelajaran.

Keywords


penelitian pengembangan, Kamus Elektronik, Prinsip Hereditas

References


Anggraeni, Nurul. 2015. Skripsi. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Menggunakan Adobe Flash CS5 untuk SMK Kelas XI Kompetensi Keahlian Administrasi Biologi Pada Kompetensi Dasar Menguraikan Sistem Informasi Manajemen. Fakultas Ekonomi: Universitas Negeri Yogyakarta.

Altitah, Khrisasi Suci Adzan. 2011. Skripsi. Pengaruh Penggunaan Multimedia Kamus Tematis Bergambar Pada Pembelajaran Kosakata Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris di Sekolah Dasar: Penelitian Kuantitatif Eksperimen Terhadap Siswa Kelas IV SDN. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Pendidikan Indonesia.

Al-Rabi‟i, S. M. et. al. 2001. A Complete Dictionary for Terminologies in Computer and Internet. Riyadh : Maktabah al Abikan

Anneahira. 2013. Pengertian Kamus Elektronik Bergambar. Diakses dari http://www.anneahira.com/kamus-istilah.htm. Pada tanggal 22 Pebruari 2017

Arief S. Sadiman. dkk. 2005. Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Azhar Arsyad. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Corebima, D. 2010a. Berdayakan Keterampilan Berpikir Selama Pembelajaran Sains Demi Masa Depan Kita. Dipresentasikan pada SEMNAS di UNESA 16 Januari 2010.

Daryanto. 2010. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Halimah, Siti. 2015. Pengembangan Media Pembelajaran PAI berbasis Macromedia Flash 8 untuk Siswa Kelas XI SMAN 1 Pasuruan. (Disertasi). Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya. Program Doktoral Pendidikan Agama Islam.

Hambokoma, C. 2007. Nature and Causes of Learning Difficulties in Genetics at High School Level in Zambia. Journal of International Development and Coorperation. 13 (1): 1-9.

Hobri. 2009. Metodologi Penelitian dan Pengembangan (Development Research) (Aplikasi pada Penelitian Pendidikan Matematika). Jember: FKIP Universitas Jember.

Kartika, Yunita Dwi. 2014. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Macromedia Flash Materi Interaksi Manusia dengan Lingkungan Ekonomi untuk Pembelajaran IPS Kelas VII SMP. Tesis, Universitas Negeri Yogyakarta: Fakultas Ilmu Sosial.

Kristianto, Aditya Wahyu, 2013. Skripsi. Pengembangan Media Pembelajaran Kamus Komputer Teknologi Informasi dan Komunikasi Menggunakan Microsoft Visual Basic 6.0. Kelas VII SMP Negeri 1 Welahan.

Mulyatiningsih, Endang. 2011. Riset Terapan: Bidang Pendidikan dan Teknik. Yogyakarta: UNY Press.

Munadi, Yudhi 2013. Media Pembelajaran. Jakarta Selatan: Referensi.

Muttaqim, Z. dan Amin, S. M. 2013. Pengembangan LKS Berbasis Inquiry Menggunakan Software Geometer’s Sketchpad pada Materi Hubungan Antar Sudut pada Garis Sejajar Dipotong Garis Lain, http://www.ejournal.unesa.ac.id, diakses 23 Pebruari 2017.

Nunuk Suryani. 2010. Pengertian Pengembangan. http://nunuksuryani.staff.fkip.uns.penelitian-pengembangan-nnk. Diakses pada tanggal 20 April 2017 Pukul: 18.30 wita.

Nusantari, Elya. 2011. Disertasi. Kajian Miskonsepsi Genetika dan Perbaikannya melalui Perubahan Struktur Didaktik Bahan Ajar Genetika Berpendekatan Konsep di Perguruan Tinggi. Jurusan Pendidikan Biologi, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Malang.

Rayandra Asyhar. (2012). Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Referensi.

Safira, Ifa dkk. 2016. Pengembangan Media Pembelajaran Biologi Berbasis Web Pada Konsep Sistem Pencernaan di Sekolah Menengah Atas. Program Pascasarjana, Universitas Negeri Makassar.

Santayasa, I Wayan. 2007. Landasan Konseptual Media Pembelajaran. Diakses dari: http: //file.upi.edu/Direktori/FIP/JUR.PEND.LUAR. SEKOLAH/194704171973032-Muliati Purwasasmita/Me. Pada tanggal1 Juni 2016.

Sembiring dan Sudjino, 2010. Buku Biologi Kelas XII. Jakarta: Kemendikbud.

Sriyanti, Ida. 2010. eKamus Fisika-Inovasi Media Pembelajaran untuk Membangun Karakter Anak Bangsa. Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Sriwijaya Forum MIPA. Volume 14 No. 2 Juli 2011.

Sudjana, Nana dan Rivai, Ahmad. 2002. Media Pembelajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Suharsimi, Arikunto. 2010. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Sukardjo. 2005. Evaluasi Pembelajaran. Modul PPs UNY. Yogyakarta: UNY.

Sutirman. 2013. Media dan Model-model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Tika, Pabundu. 2005. Metode Penelitian Geografi. Jakarta: PT. Bumi Pustaka.

Wadji, Mohamad Faried. 2010. Tesis. Penggunaan Media Pembelajaran Kamus Interaktif Bahasa Indonesia untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Siswa Kelas &B UPTD SMPN 1 Ringinrejo Kab. Kediri Tahun Pelajaran 2010/2011. Jawa Tengah: Universitas Sebelas Maret.

Walker, D. F and Hess R. D. 1984. Instructional Software: Principles and Perspectices for Design and Use. Belmont: Wadsworth Publishing Company.

Widoyoko, Eko Putro. 2009. Evaluasi Program Pembelajaran (Panduan Praktis Bagi Pendidik dan Calon Pendidik). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Yusufhadi, Miarso. 2004. Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Jakarta : Kencana Prenada Media Group.

http://eoditor.com/tabk-dengan-Excel-2007-edisi-2/bab-i-pengenalan-microsoft-Excel/mengapa-menggunakan-microsoft-Excel-2007. Diakses pada tanggal 23 Pebruari 2017. Pukul : 22:00 Wita.

http://id.wikipedia.org/wiki/kamus. Diakses pada tanggal 20 Pebruari 2017 Pukul : 20:00 Wita.

Yamasari. (2010). Pengembangan Media pembelajaranMatematika Berbasis ICT yang berkualitas. Seminar Nasional Pasca Sarjana X-ITS, Surabaya 5 Desember 2015


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




__________________________________________________________________________________________________________

Publisher:

Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo

Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: pps@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id