IMPLEMENTASI LESSON STUDY BERBASIS SEKOLAH DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA

Kosasih Kosasih, Jusna Ahmad, Lilan Dama

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengefektifkan pembelajaran dengan pendekatan saintifik pada pelajaran biologi, sehingga hasil belajar siswa meningkat.  Pada implementasi lesson study  berbasis sekolah  beberapa guru melakukan kolaborasi untuk merancang, mengamati dan melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang dilakukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan lesson study  dilakukan dalam tiga kali open class setiap open class terdiri dari tiga tahapan yaitu:1) plan (perencanaan), 2) do (pelaksanaan) dan, 3) see (refleksi). Semua kegiatan tersebut dilakukan secara kolaborasi antara guru dan observer. Point penting dalam refleksi yang harus diperhatikan dalam lesson study adalah observer bukan mengomentari bagaimana guru mengajar tetapi mengomentari bagaimana siswa belajar. Untuk mengetahui kemajuan peningkatan hasil belajar dilakukan  pengamatan terhadap performan kognitif, psikomotorik dan afektif dengan menggunakan lembar observasi data acuan kinerja /performance.  Rata-rata capaian skor kognitif pada open class I skor 78  dan pada open class II adalah skor 83, pada open class III skor 91.  Sedangkan rata-rata capaian skor psikomotorik  open class I adalah skor 81, open class II skor 87 dan open class III skor 92.  Hasil observasi afective perolehan rata-rata skor pada open class I adalah 82 , open class II skor 86 dan open class III  skor 91. Adanya perbaikan perbaikan dalam pembelajaran setiap tahapan open class hasil belajar siswa meningkat.

Keywords


Pembelajaran, Saintifik, Kolaboratif

References


Anonymouse. 2014. Pembelajaran-Dengan-Pendekatan-Saintifik http://www.slideshare.net/almansyahnis/ . Diakses tgl.12 Desember 2015

Asrori. Muhammad. 2007. Psikologi Pembelajaran. Wacana Prima.Bandung.

Bill Cerbin & Bryan Kopp. 2015. A Brief Introduction to College Lesson Study. Lesson Study Project. online: http ://www.uwlax.edu/sotl/lsp/index2.htm Diakses tgl.10 Desember. 2015.

Bungin, Burhan. 2001. Metodologi Penelitian Sosial.. Cetakan pertama, Airlangga University Pers,. Surabaya

Cahyo, Agus. 2013. Panduan Aplikasi Teori-Teori Belajar Mengajar Teraktual Dan Terpopuler.. Diva Press. Jogyakarta

Dama, Lilan. 2012. Meningkatkan Science Process Skills Melalui Lesson Study Pada Pembelajaran Sains. Universitas Negeri Jakarta.

Daryanto. 2013. Inovasi Pembelajaran Efektif. Yrama. Widya. Bandung

Daryanto. 2014. Pendekatan Pembelajaran Saintifif Kurikulum 2013. Gava Media. Yogyakarta.

Departemen Pendidikan Nasional. 2013. Tantangan Guru SMK Abad 21. Direktorat Pembinaan Pendidikan Dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Menengah. Dirjen Pendidikan Jakarta.

Gunawan , Undang. 2009. Lesson Study; Model Pengkajian Pembelajaran Kolaboratif. Sayagatama Press. Bandung

Rasyid, Harun. 2007. Penilaian Hasil Belajar. Wacana Prima. Bandung.

Ib rohim. http://www.slideshare.net/haikalmoch/panduan-pelaksanaan-lesson-study. Diakses tgl.10 Desember 2015

J. Moleong, Lexy . 2014.Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Cetakan ke-32, Rosdakarya. . Bandung

Khanifatul. 2013. Pembelajaran Inovatif “Strategi Mengelola Kelas Secara Efektif dan menyenangkan”.. Penerbit Ar-ruzz Media. Jogjakarta

Kunandar. 2012. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas sebagai Pengembang Profesi Guru.. PT. Rajagrafindo Persada. Jakarta

Johnson, louAnne. 2009. Pengajaran yang kreatif dan menarik. Indeks. Jakarta.

Majid. Abdul. 2008. Perencanaan pembelajaran. Rosda karya. Bandung.

Narwoko, J Dwi. dan Bagong Suyanto. 2011. Sosiologi Teks Pengantar dan Terapan: Kencana Media Group. Jakarta

Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan. Nomor 60 Tahun 2014. Tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Kejuruan/Madrasah Aliyah Kejuruan. Jakarta

Sudjana, Nana . 2005. Penilaian hasil proses belajar mengajar. Remaja Rosdakarya. Bandung :

Wardani . 2011.IGAK. Praktek mengajar.: PAU-PPAI Universitas Terbuka. Jakarta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




__________________________________________________________________________________________________________

Publisher:

Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo

Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: pps@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id