PENGEMBANGAN BUKU AJAR EKOLOGI DENGAN MEMANFAATKAN HASIL ANALISIS POTENSI EKOSISTEM MANGROVE SEBAGAI PENYERAP KARBON

Ilyas Husain, Ramli Utina, Elya Nusantary

Abstract


Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui kualitas buku ajar berbasis research untuk pengembangan materi ajar pada mata kuliah ekologi pokok bahasan materi dan energy. Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis research pokok bahasan Materi dan Energi menggunakan model R & D yang dilakukan melalui  10 langkah pengembangan kemudian di sederhanakan atas tiga tahap, yaitu (1) tahap eksplorasi, (2) tahap pengembangan prototipe, dan (3) tahap validasi produk, adapun produk yang dihasilkan dalam penelitian ini adalah buku ajar. Produk pengembangan yang dihasilkan kemudian divalidasi oleh ahli materi, ahli desain, dan mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) buku ajar berbasis research menurut ahli materi dari keselurah aspek penilaian untuk validasi buku ajar adalah 93.75 % termasuk kualitas sangat baik, karena berada pada rentang 81% sampai 100%, (2) buku menurut ahli Desain keselurah aspek penilaian untuk validasi desain buku ajar adalah 91.67 %  , termasuk kualitas sangat baik, karena berada pada rentang 81% sampai 100%, (3) respon mahasiswa terhadap keseluruhan aspek kualitas buku ajar berada pada persentase 94 % dimana nilai ini termasuk pada kategori sangat baik karena berada pada rentang 81 sampai 100%.

Keywords


Potensi Ekosistem Mangrove, Penyerap Karbon, Pengembangan Materi, Buku Ajar , Ekologi

References


Afandi, dkk. (2012). Pembelajaran Biologi Menggunakan Pendekatan Metakognitif melalui Model Reciprocal Learning dan Problem Based Learning Ditinjau Dari Kemandirian Belajar dan Kemampuan Berfikir Kritis Mahasiswa. Jurnal Inkuiri. ISSN 2252 7893 Vol. 1 No.2

Bismark, M., Endro Subiandono dan N.M. Heriyanto. 2008. Keragaman Dan Potensi Jenis Serta Kandungan Karbon Hutan Mangrove Di Sungai Subelen Siberut, Sumatera Barat (Diversity, Potential Species and Carbon Content of Mangrove Forest at Subelen River, Siberut, West Sumatra)*). Jurnal Penelitian Hutan dan Konservasi Alam (Online), Vol. V No. 3 : 297-306, 2008.( Bengen, D. 2002. Pengenalan dan Pengelolaan Ekosistem Mangrove. Bogor: Pusat Kajian Sumber Daya Pesisir dan Kelautan Institut Pertanian Bogor.

Borg, Walter R, Meredith Damin Gal. 1989. Educational Recearch : An Introduction . University of Oregon Seventh Edition: Boston New York

Cintamulya, I. 2011. Analisis Variasi Genetik Varian Jati Arboretum dengan Penanda Mikrosatelit sebagai Bahan untuk Menyusun Buku Pengayaan Kajian Dasar-Dasar Molekuler Tumbuhan. Disertasi tidak diterbitkan. Malang: Pascasarjana UM.

Cartono, 2007. Metode dan Pendekatan Dalam Pembelajaran Sains. Bandung : PPS UPI.

Donato C. Daniel, J. Boone Kauffman, Daniel Murdiyarso, Sofyan Kurnianto, Melanie Stidham dan Markku Kanninen. 2012. Februari. Brief Cifor (Online). H. 1-7. (http://www.cifor.org, diakses 28 Oktober 2013).

Ekawarna.2013. Evalusi Hasil Belajar. Bandung : Media Persada.

Faridi, Abdurrachman. 2008, Pengembangan Model Materi Ajar Muatan Lokal Bahasa Inggris di Sekolah Dasar Jawa Tengah Yang Berwawasan Sosiokultural. Disertasi Program Pascasarjana : Universitas Negeri Semarang.

Ghufran, H.K.K.M. 2012. Ekosistem Mangrove: Potensi, Fungsi dan Pengelolaan. Jakarta: Rineka Cipta

Husamah. 2013. Materi Tambahan Penguatan Kompetensi Praktikum Ekologi di Laboratorium Biologi UMM. Makalah disajikan pada Training Asisten LaboratoriumBiologi, Kampus III UMM, Malang, 26 Desember.

Lapolo, Nurain.2014 Potensi Nilai Biomassa Mangrove Spesies Avicennia marina (Forsk.) Vierh. di Muara Sungai Popayato Kabupaten Pohuwato. Skripsi Jurusan Pendidikan Biologi : Universitas Negeri Gorontalo.

Oktavianus, Satria. 2013. Uji Daya Hambat Ekstrak Daun Mangrove Jenis Avicennia marina Terhadap Bakteri Vibrio parahaemolyticus. Skripsi. Makassar: Jurusan Ilmu Kelautan Fakultas Ilmu Kelautan Dan Perikanan Universitas Hasanuddin Makassar.

Rahmawati, Estiana. 2013. Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Interaktif Berbasis Website Materi Jamur (Fungi) untuk Siswa.

Sugeha, Reynaldi. 2015 Potensi Serapan Karbon pada Akar dan Substrat Mangrove Genus Avicennia di Desa Mootinelo Kecamatan Kwandang Kabupaten Gorontalo Utara. Skripsi Jurusan Pendidikan Biologi : Universitas Negeri Gorontalo.

Sukarsono. 2012. Pengantar Ekologi : Konsep, Perilaku, Psikologi dan Komunikasi.Malang: UMM Press.

Susanto, P. 2000. Pengantar Ekologi. Jakarta: Proyek Pengembangan Guru

Suhardjono, 2001, Pedoman Penyusunan Karya Tulis Ilmiah di Bidang Pendidikan Pengembangan Profesi. Universitas Brawijaya Malang.

Tamooh, F., M. Huxham., M. Karachi., M. Mencuccini., J.G. Kairo., B. Kirui. 2008. Below-ground root yield and distribution in natural and replanted mangrove forests at Gazi bay, Kenya. Journal Forest Ecology and Management 256 (2008) 1290–1297 Elsevier. (Online). (http://www.elsevier.com/locate/foreco, diakses 25 Desember 2015.

SMA/MA Kelas X Semester I. Skripsi. Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Sains dan Teknologi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Yogyakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




__________________________________________________________________________________________________________

Publisher:

Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo

Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: pps@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id