PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN FISIKA DENGAN PENDEKATAN SCIENTIFIC BERBASIS KEARIFAN LOKAL UNTUK PEMBELAJARAN FISIKA SISWA KELAS XI SMA

Santiya Poiyo, Sarson Pomalato, Yayu Arifin

Abstract


Penelitian ini bertujuan menghasilkan modul  pembelajaran fisika kelas XI semester genap yang layak, praktis  dan efektif bagi peserta didik.  Penelitian ini merupakan penelitian  pengembangan yang mengacu pada model 4D Thiagrajan. Subjek uji coba peserta didik kelas XI SMA Muhammadiyah Kota Gorontalo. Uji  coba terbatas terdiri atas 13 peserta didik. Metode yang digunakan adalah metode pegembangan dengan model 4D dari Thiagardjan. Hasil pengembangan  modul pembelajaran tersebut memenuhi syarat valid, serta efektif, karena hasil uji coba validasi ahli telah memenuhi kategori sangat layak berada pada rentang 81%-100% dengan persentase rata-rata mencapai 84,5% dan hasil efektivitas modul pada peserta didik dilihat dari pre test dengan rata-rata mencapai 79,07 dan post test rata-rata mencapai 86. Serta indeks gain yang diperoleh dari hasil analisis adalah 0,33. Dimana indeks gain ini berada pada rentang 0,3 sampai 0,7, sehingga termasuk pada kriteria indeks gain sedang. Hasil uji coba terbatas modul fisika kelas XI semester genap yang dilakukan terhadap 13 orang peserta didik diperoleh respon peserta didik sebesar 89,02%, dan hasil uji coba general yang dilakukan terhadap 40 orang pesertda didik mencapai 92,19 dengan kategori sangat layak untuk digunakan sebagai bahan ajar pelengkap yang dapat menunjang proses pembelajaran. Hasil produk modul pembelajaran pada tahap disseminate awal dengan rata-rata mencapai 81,6% yang dilakukan pada Guru-guru SMA Muhammadiyah Kota Gorontalo. Selanjutnya desiminasi tahap kedua dilakukan di SMA Bone Pantai pada seminar diseminasi hasil penelitian pengembangan memperoleh rata-rata capaian 84,4%.

References


Academia Edu. Pembuatan Modul. Workshop. http://www. Academia. Edu/4105773/.

Jurnal. 01 Maret 2014 (09 : 47 ).

Akker, J.V. 1999. Design Approaches and Tools In Education And Training. Dodrecht : Kluwet Academic Publisher. (hal 1-14).

Arifin, Zaenal. 2011. Evaluasi Pembelajaran. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Dasar – Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : PT. Rineka Cipta.

Azwar, Saifuddin. 2015. Reliabilitas dan Validitas Edisi 4 Cetakan V. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Basuki, Ismet & Hariyanto. 2012. Asesmen Pembelajaran. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya

Brawley, N. & Education, E. C. (2009). Authentic assessment vs. traditional assessment: a comparative study. Bachelor of Science Honors, Coastal Carolina University.

Brog, W.R. & Gall, M.D. Gall. 1989. Educational Research : An Introduction,Fifth

Edition. New York: Longman

Daryanto. (1993). Media Visual untuk Pengajaran Teknik. Bandung: Tarsito

Departemen Pendidikan Nasional. 2008. Kamus Bahasa Indonesia. Jakarta : Pusat Bahasa.

Depdiknas. 2013. Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar untuk SMA/MA. Jakarta : BSNP.

Depdiknas. (2007). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Departemen Pendidikan Nasional. 2008. Kamus Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa.

Hosnan, M. 2014. Pendekatan saintifik dan kontekstual dalam pembelajaran abad 21 : kunci sukses implementasi Kurikulum 2013. Jakarta : Ghalia Indonesia.

Johnson, N. And Wichern, D. 1998. Applied Multivariate Statistical Analysis, Prentice-Hall, Englewood Cliffs, N.J.

Kemendikbud. 2013. Kurikulum 2013. Artikel. Maret.

Mundilarto. 2010. Penilaian Hasil Belajar Fisika. Yogyakarta: Pusat Pengembangan Instruktional Sains.

Nana Sudjana. (2004). Teknologi Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo

Nieveen, Nienke. 1999. Design Approaches and Tools In Education And Training. Dodrecht : Kluwet Academic Publisher. (hal 125-136).

Orlich, D. 2007. Teaching Strategies: A guide to effective instruction. Boston : Houston Miffilin Company.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 66 Tahun 2013 tentang Standar Penilaian Pendidikan.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 67 Tahun 2013 tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum 2013.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 104 Tahun 2014 Tentang Pedoman Penilaian Hasil Belajar Oleh Pendidik.

Purwanto, M., Ngalim. 2013. Prinsip – Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung : PT. Remaja Rosda Karya.

Subagya, hari & Wilujeng, Insih. 2013. Buku Fisika SMA/MA Kelas X. Jakarta : Bumi Aksara.

Sudirman dalam Suryani, dkk 2014. Dasar-Dasar Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta : Graha Ilmu.

Supardi. 2015. Penilaian Autentik (Pembelajaran Afektif, Kognitif dan Psikomotor). Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.

Suprihatiningrum, J. 2013. Strategi pembelajaran: teori & aplikasi. Yogyakarta :

Ar-Ruzz Media.

Thiagarajan, S., Semmel, D S & Semmel, M, I. 1974. Instructional Development for Training Teachers Of Expectional Children. Minniapolis, Minnesota : Leadership Training Instituti/special Education, University of Minnesota


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




__________________________________________________________________________________________________________

Publisher:

Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo

Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: pps@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id