PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS KEARIFAN LOKAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMA

Orin Monoarfa, Yoseph Paramata, Sunarty Eraku

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran fisika berbasis kearifan lokal untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMA yang berkualitas ditinjau dari aspek kelayakan, kepraktisan, dan keefektifan dalam pembelajaran. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi ahli untuk mengukur kelayakan perangkat pembelajaran, angket respon siswa untuk mengukur tingkat kepraktisan perangkat pembelajaran dan evaluasi hasil belajar siswa untuk mengukur efektifitas perangkat pembelajaran. Hasil analisis data lembar validasi ahli menunjukan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan (draf 1) secara umum dinyatakan layak digunakan oleh seluruh validator. Adapun hasil analisis data angket respon siswa menunjukan rata-rata respon siswa sebesar 97,05% yang berarti respon siswa sangat positif dan perangkat pembelajaran sangat praktis untuk digunakan. Sedangkan tingkat efektifitas perangkat pembelajaran ditunjukan oleh hasil analisis data evaluasi berpikir kritis siswa secara klasikal diperoleh 0,59% dengan interpretasi sedang. Hasil inipun menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran.

Keywords


Perangkat Pembelajaran, Kearifan Lokal, Kemampuan Berpikir Kritis

References


Amri, dan Ahmadi. 2010. Konstruksi Pengembangan Pembelajaran. Jakarta: Prestasi Pustaka

Fardani, R. N. 2016. Pengaruh Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Penggunaan Model Pembelajaran Berbasis Inkuiri Materi Suhu dan Perubahan Terhadap Hasil Belajar Siswa. Skripsi. Bandar Lampung: Universitas Lampung

Fisher, Alex. 2008. Berfikir Kritis: Sebuah Pengantar. Jakarta: Erlangga.

Garner, Peter and Steve Johnson. 1996. Thinking Critically About Critical Thinking: an unskilled Inquiry into Quinn and Mc. Peck. Journal of philosophy of Education. Vol. 30 No. 3, 1-11.

Lukitasari, D. R. 2013. Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Melalui model Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Berbantuan Film Sebagai Sumber Belajar Pada Pokok Bahasan Sikap Pantang Menyerah dan Ulet Kelas X PM SMK N 1 Batang. Skripsi. Pendidikan Ekonomi. Semarang: Universitas Negeri Semarang. Diambil pada tanggal 24 Mei 2017 dari dari http://lib.unnes.ac.id/17547/1/7101409274.pdf

Neni, Fitriawati. 2010. Penerapan model Pembeljaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas VIII Di MTsN Selorejo Blitar. (UIN Maulana Malik Ibrahim Malang)

Oktaviani, Siti. 2016. Pengaruh Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Penggunaan Lembar Kerja Siswa Berbasis Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa. Skripsi. Bandar Lampung: Universitas Lampung. Diambil pada tanggal 24 Mei 2017 dari http://digilib.unila.ac.id/22148/3/skripsi%20tanpa%20bab%20pembahasan.pdf

Peraturan Mentri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 65 tahun 2013, tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Diambil pada tanggal 31 Maret 2017 dari http://vokasi.unud.ac.id/wp-2013-ttg-standar-proses.pdf

Susilawati, I. perbandingan Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Didasarkan pada Model Stad dan PBL pada Mata Pelajaran IPS-Ekonomi Siswa Kelas VIII SMP Raden Fatah Batu.

Syah, Muhibbin. 2011. Psikologi Pendidikan – Dengan Pendekatan Baru. (Edisi Revisi). Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Thiagarajan, S,. Dorothy, S.S., & Melvyn, I.S. (1974). Instructional development


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




__________________________________________________________________________________________________________

Publisher:

Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo

Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: pps@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id