PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS KONTRUKTIVISME PADA TOPIK GERAK PADA BENDA

Sakina Tees, Yoseph Paramata, Mursalin Mursalin

Abstract


Penelitian pengembangan ini dilaksanakan di SMP Negeri 4 Kwandang yang berfokus pada perangkat pembelajaran IPA Konsep Gerak Pada Benda. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan antara lain ; Silabus, RPP, LKPD, Bahan Ajar, Media pembelajaran dan Tes hasil belajar. Penelitian ini bertujuan menghasilkan perangkat pembelajaran Gerak Pada Benda dengan pendekatan kontruktivisme menggunakan model 4 D. Model pengembangan yang dipilih adalah  model 4 D terdiri dari empat tahap pengembangan yakni (1) tahap pendefinisian, (2) tahap perancangan, (3) tahap pengembangan, (4) tahap penyebaran yang di modifikasi pada bagian-bagian tertentu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, interpretasi rata-rata penilaian terhadap Perangkat Pembelajran (Silabus Pembelajaran, RPP, LKPD, Bahan Ajar, Media Pembelajaran serta Tes Hasil Belajar ) menunjukkan sangat sesuai dan sesuai dimana indeks validasi semua butir berkisar antara 0,60 – 0,95 kesimpulannya valid, dengan perhitungan kekonsistenan penilaian panelis diperoleh koefisien reliabilitas yaitu sebesar 0,80–0,99. Hasil pengamatan observer (1 dan 2) terhadap pelaksanaan pembelajaran sebagai implementasi dari penggunaan perangkat pembelajaran diperoleh rata–rata persentase keterlaksanaan pembelajaran adalah 88,75 %. Terdapat peningkatan yang cukup signifikan antara hasil belajar peserta didik pada pretest dengan posttes yakni sebesar 0,71. Peningkatan ini termasuk dalam kategori (g-high ). Dengan demikian  perangkat pembelajaran IPA Terpadu pada konsep Gerak Pada pendekatan Kontruktivisme memenuhi syarat, valid dan reliable, layak digunakan, dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Keywords


Perangkat Pembelajaran IPA, Pendekatan Konstruktivisme, Model 4-D

References


Anggraeni, Dyas. 2007. Teori Pembelajaran IPA. (Online). (http://dnoeng.wordpress.com/2011/07/17/teori-pembelajaran-ipa/,diakses 14 Desember 2016, pukul 10.00 WITA).

Dimyati, 2002. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Rineka Cipta.

https://dirinyachapunk.wordpress.com/2011/12/22/model-pembelajaran konstruktivisme/, diakses 13 Desember 2016 pukul 09.00 WITA

Indara, Femi. 2015. Pengembangkan Perangkat pembelajaran Model 4-D untuk menanamkan Sikap Ilmiah Siswa Pada Materi Klarifikasi Makhluk Hidup Kelas VII SMP Negeri 1 Randangan Melalui Ketrampilan Proses Sains. Tesis pada Program Studi pendidikan biologi: tidak diterbitkan.

Kebudayaan, K. P. D. (2013). Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013.

Nuh, M. (2013). Kurikulum 2013. Sumber: http://www. kemdiknas. go. id.

Permendikbud No. 54 Tahun 2013 tentang Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar dan Menengah.

Permendikbud No. 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi Mata Pelajaran IPA SMP/MTS.

Permendikbud No. 64 Tahun 2013 tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah.

Permendikbud No. 65 Tahun 2013 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah.

Permendikbud No. 66 Tahun 2013 tentang Standar Penilaian Pendidikan Dasar dan Menengah.

Permendikbud No. 81a Tahun 2013 tentang Implementasi Kurikulum 2013.

Pomalato, Sarson Dj. W. 2016. Pedoman Penulisan Tesis dan Disertasi. Gorontalo : Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo.

Somatowa Usna. 2006. Bagaimana Membelajarkan IPA Sekolah Dasar. Jakarta : Prestasi Pustaka PYCBLISHER.

Sudjana. Nana, 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakaya.

Suparno. 1997. Filsafat Konstruktivisme Dalam Pendidikan. Yogyakarta: Penerbit Kanisius.

Trianto.2007. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivis. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Direktorat Ketenagaan

Trianto.2009. Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Prestasi Pustaka. Jakarta.

Yulaelawati. 2004. Kurikulum Dan Pembelajaran. Bandung: Pakar Raya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




__________________________________________________________________________________________________________

Publisher:

Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo

Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: pps@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id