PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJARPESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPA DITINJAU DARI SIKAP ILMIAH

Yetty Octaviana Antu, Syamsu Qamar Badu, Masri Kudrat Umar

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hal-hal berikut ini. (1) Perbedaan hasil belajar peserta didik  yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing dan model pembelajaran group investigation, (2) Pengaruh interaksi antara model pembelajaran inkuiri terbimbing dan sikap ilmiah terhadap hasil belajar peserta didik  (3) Perbedaan hasil belajar peserta didik  yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing dan model pembelajaran group investigation ditinjau dari sikap ilmiah positif, (4) Perbedaan hasil belajar peserta didik  yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing dan model pembelajaran group investigation ditinjau dari sikap ilmiah negatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 2 Limboto Kecamatan Limboto Kabupaten Gorontalo tahun pelajaran 2016/2017 dengan populasi terjangkau pada kelas VII (tujuh) dengan jumlah sampel penelitian sebanyak 50 peserta didik  sebagai kelas eksperimen dan 50 peserta didik  sebagai kelas kontrol dan menggunakan teknik pengambilan sampel Cluster Random Sampling serta menggunakan metode eksperimen dengan desain treatment by level (ANAVA) 2 x 2. Hasil penelitian ini adalah (1) peserta didik  yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing memiliki hasil belajar yang lebih tinggi daripada peserta didik  yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran group investigation, (2) Terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran inkuiri terbimbing dan sikap ilmiah terhadap hasil belajar peserta didik, (3) Pada peserta didik  yang memiliki sikap ilmiah positif, hasil belajar peserta didik  yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing lebih tinggi daripada hasil belajar peserta didik  yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran group investigation, (4) Pada peserta didik  yang memiliki sikap ilmiah negatif, hasil belajar peserta didik  yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing lebih rendah daripada hasil belajar peserta didik  yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran group investigation.

Keywords


Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing, Sikap Ilmiah, dan Hasil Belajar

References


A.A Anwar Prabu Mangkunegara. 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia : Bandung : PT. Remaja Rosdakarya

AA Mawarsari, Sudarmin, dan W. Sumarni. (2013). Penerapan Metode Eksperimen Berpendekatan Inkuiri untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Sikap Ilmiah. Jurnal chemistry in Education ISSN No. 2252-6609 (https://id.scribd.com/doc/180438869/ Diakses 3 Januari 2017)

Amin Moh, 1994. Ortopedagogik Anak Tuna Grahita. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tenaga Guru

Anam Khoirul. 2016. Pembelajaran Berbasis Inkuiri.: Yokyakarta: Pustaka Belajar

A.Suhaenah Suparno. 2001. Membangun Kompetensi Belajar. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. Departemen Pendidikan Nasional

Bimo Walgito 1985. Bimbingan dan Penyuluhan di Sekolah. Yokyakarta: Fakultas Psikologi UGM

Fatonah Siti & Prasetyo Zuhdan. 2014. Pembelajaran Sains.Yokyakarta: Ombak

Hamalik,O.2006. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

http://edukasi.kompas.com/read/2012/12/14/09005434/Prestasi.Sains.dan.Matematika.Indonesia diakses tanggal 2 nopember 2016

Rahmawati & Daryanto. 2015. Teori Belajar dan Proses Pembelajaran. Yokyakarta: Gava Media

Rina dkk. 2012. Pembelajaran IPA dengan Pendekatan Keterampilan Proses Sains Menggunakan Metode Eksperimen Bebas Termodifikasi dan Eksperimen Terbimbing ditinjau dari Sikap Ilmiah dan Motivasi Belajar Peserta Didik.Jurnal Inkuiri, vol. 1

Ruslan. 2012. Model-Model Pembelajaran. Depok : PT Rajagrafindo Persada

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya, Jakarta: Rineka Cipta

Sugiyanto. 2009. Model Pembelajaran Inovatif, Surakarta: Yuma Pustaka

Trianto. 2007. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Kontruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka

Wisudawati, Sulistyowati. 2014. Metodologi Pembelajaran IPA. Jakarta : Bumi Aksara


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




__________________________________________________________________________________________________________

Publisher:

Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo

Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: pps@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id