PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL MATEMATIKA

Rahmawaty Habibie, Evie Hulukati, Sarson Pomalato

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi tentang kemampuan pemecahan masalah matematis dari peserta didik yang dibelajarkan dengan model pembelajaran learning cycle dan model pembelajaran langsung ditinjau dari kemampuan awal matematika. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desian penelitian treatment by level 2 x 2 ini dilaksanakan di kelas VII SMP Negeri 1 Suwawa semester genap TP. 2016-2017. Data penelitian diperoleh dari instrumen berbentuk tes, yaitu tes kemampuan pemecahan masalah matematis dan kemampuan awal matematika. Analisis data untuk menguji hipotesis penelitian menggunakan Analisis Varians Dua Jalan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kemampuan pemecahan masalah matematis yang dibelajarkan dengan model pembelajaran learning cycle lebih tinggi dari model pembelajaran langsung, (2) Terdapat  interaksi antara model pembelajaran dan kemampuan awal matematika terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis, (3) Peserta didik yang memiliki kemampuan awal matematika tinggi yang dibelajarkan model pembelajaran learning cycle memiliki kemampuan pemecahan masalah matematis yang lebih tinggi dibandingkan peserta didik yang memiliki kemampuan awal matematika tinggi yang dibelajarkan dengan model pembelajaran langsung, dan (4) Peserta didik  yang  memiliki  kemampuan awal matematika rendah yang dibelajarkan dengan model pembelajaran langsung memiliki kemampuan pemecahan masalah matematis yang lebih tinggi dibandingkan peserta didik yang memiliki kemampuan awal matematika rendah yang dibelajarkan dengan model pembelajaran learning cycle.


Keywords


learning cycle, pemecahan masalah matematis, kemampuan awal matematika

References


Hoosain, E. 2001. What Are Mathemathical Problems. Augusta: Augusta State University

Hulukati, Evi. 2005. Mengembangkan Kemampuan dan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP Melalui Model Pembelajaran Generative. Desertasi: PPS UPI Bandung.

Ibrahim dan Suparni. 2012. Pembelajaran Matematika Teori dan Aplikasinya. Yogyakarta: SUKA-Press UIN Sunan Kalijaga

Nasution, S. 2006. Metode Penelitian Naturalistik Kuantitatif. Bandung: Tarsito.

Ngalimun. 2016. Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo

Polya, George. 1957. How To Solve It (A New Aspect of Mathematical Method), New Jersey: Princeton University Press.

Russeffendi, E.T. 2006. Pengantar Kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya Dalam Pengajaran Matematika Untuk Meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito.

Sadia, W.I. 2014. Model-Model Pembelajaran Sains Konstruktivistik. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sani, A.R. 2014. Inovasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara

Suherman, Eman. Dkk. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer (edisi revisi). Bandung: JICA-Universitas Pendidikan Indonesia (UPI).

Sujarwo, A. 2010. Proses Berpikir Siswa SMK dengan Kecerdasan Llinguistik, Logika Matematika dan Visual Spasi dalam Memecahkan Masalah Matematika. Tesis: Universitas Negeri Surabaya.

Uno. Hamzah B. 2007. Profesi Kependidikan. Problema, Solusi, Dan Reformasi Pendidikan Di Indonesia.

Wardani, Sri. 2010. Pembelajaran kemampuan Pemecahan Masalah Matematika di SMP: Yogyakarta: P4TK

Wena, Made. 2013. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta: PT. Bumi Aksara


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




__________________________________________________________________________________________________________

Publisher:

Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo

Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: pps@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id