PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL MATEMATIKA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi tentang kemampuan pemecahan masalah matematis dari peserta didik yang dibelajarkan dengan model pembelajaran learning cycle dan model pembelajaran langsung ditinjau dari kemampuan awal matematika. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desian penelitian treatment by level 2 x 2 ini dilaksanakan di kelas VII SMP Negeri 1 Suwawa semester genap TP. 2016-2017. Data penelitian diperoleh dari instrumen berbentuk tes, yaitu tes kemampuan pemecahan masalah matematis dan kemampuan awal matematika. Analisis data untuk menguji hipotesis penelitian menggunakan Analisis Varians Dua Jalan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kemampuan pemecahan masalah matematis yang dibelajarkan dengan model pembelajaran learning cycle lebih tinggi dari model pembelajaran langsung, (2) Terdapat interaksi antara model pembelajaran dan kemampuan awal matematika terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis, (3) Peserta didik yang memiliki kemampuan awal matematika tinggi yang dibelajarkan model pembelajaran learning cycle memiliki kemampuan pemecahan masalah matematis yang lebih tinggi dibandingkan peserta didik yang memiliki kemampuan awal matematika tinggi yang dibelajarkan dengan model pembelajaran langsung, dan (4) Peserta didik yang memiliki kemampuan awal matematika rendah yang dibelajarkan dengan model pembelajaran langsung memiliki kemampuan pemecahan masalah matematis yang lebih tinggi dibandingkan peserta didik yang memiliki kemampuan awal matematika rendah yang dibelajarkan dengan model pembelajaran learning cycle.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Hoosain, E. 2001. What Are Mathemathical Problems. Augusta: Augusta State University
Hulukati, Evi. 2005. Mengembangkan Kemampuan dan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP Melalui Model Pembelajaran Generative. Desertasi: PPS UPI Bandung.
Ibrahim dan Suparni. 2012. Pembelajaran Matematika Teori dan Aplikasinya. Yogyakarta: SUKA-Press UIN Sunan Kalijaga
Nasution, S. 2006. Metode Penelitian Naturalistik Kuantitatif. Bandung: Tarsito.
Ngalimun. 2016. Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo
Polya, George. 1957. How To Solve It (A New Aspect of Mathematical Method), New Jersey: Princeton University Press.
Russeffendi, E.T. 2006. Pengantar Kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya Dalam Pengajaran Matematika Untuk Meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito.
Sadia, W.I. 2014. Model-Model Pembelajaran Sains Konstruktivistik. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Sani, A.R. 2014. Inovasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara
Suherman, Eman. Dkk. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer (edisi revisi). Bandung: JICA-Universitas Pendidikan Indonesia (UPI).
Sujarwo, A. 2010. Proses Berpikir Siswa SMK dengan Kecerdasan Llinguistik, Logika Matematika dan Visual Spasi dalam Memecahkan Masalah Matematika. Tesis: Universitas Negeri Surabaya.
Uno. Hamzah B. 2007. Profesi Kependidikan. Problema, Solusi, Dan Reformasi Pendidikan Di Indonesia.
Wardani, Sri. 2010. Pembelajaran kemampuan Pemecahan Masalah Matematika di SMP: Yogyakarta: P4TK
Wena, Made. 2013. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta: PT. Bumi Aksara
Refbacks
- There are currently no refbacks.
__________________________________________________________________________________________________________
Publisher:
Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: pps@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id