EVALUASI PROGRAM AKSELERASI DI SMA NEGRI 3 KOTA GORONTALO

Zelan Tamrin Danial, Syamsu Qamar Badu, Zulaeha Ngiu

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: a) mengevaluasi berbagai kebijakan terhadap program akselerasi di SMA Negeri 3 Kota Gorontalo pada tahapan konteks, b) mengevaluasi ketersediaan sumber daya yang tersedia dalam mendukung pelaksanaan program akselerasi di SMA Negeri 3 Kota Gorontalo pada tahapan input, c) mengevaluasi pelaksanaan program akselerasi di SMA Negeri 3 Kota Gorontalo pada tahapan proses, dan d) mengevaluasi keberhasilan yang dicapai dalam pelaksanaan program akselerasi di SMA Negeri 3 Kota Gorontalo pada tahapan produk. Penelitian ini menggunakan pendekatan evaluatif dengan teknik pengumpulan data wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1) hasil evaluasi konteks yang mendukung program akselerasi di SMA Negeri 3 Gorontalo menunjukkan bahwa terdapat Kebijakan  program akselerasi di SMA Negeri 3 Kota Gorontalo dan pemahaman pengambil kebijakan tentang kebijakan program akselerasi di SMA Negeri 3 Kota Gorontalo sangat baik, rumusan visi dan misi sekolah mendukung kebijakan pelaksanaan program akselerasi, b) hasil evaluasi input menunjukan bahwa komponen input berupa) ketersediaan SDM yaitu guru dan tenaga penunjang akademik, 2) ketersediaan sarana dan prasarana yang mendukung pelaksanaan program (kelas, laboratorium, IT), d) kurikulum, e) rekrutmen siswa, f) ketersediaan dana, semuanya mendukung program akselerasi di SMA Negeri 3 Kota Gorontalo, 3) hasil evaluasi proses menunjukkan bahwa tahapan proses pembelajaran yang dilaksakanakan dalam program akselerasi di SMA Negeri 3 Gorontalo sangat dinamis dan mendukung peningkatan kompetensi siswa yang belajar pada kelas akselerasi, dan 4) hasil evaluasi produk menunjukkan bahwa tahapan produk dari program akselerasi di SMA  Negeri 3 Gorontalo, menunjukkan bahwa kriteria  evaluasi hasil belajar siswa  pada kelas akselerasi menunjukkan hasil capaian baik dengan rata-rata capaian yaitu 95.75 atau kategori sangat baik

Keywords


Evaluasi, Program Akselerasi

References


Andi Hakim Nasution. Anak Berbakat dan Kemungkinan Menemukannya di Indonesia. Jakarta: C.V Rajawali, 1982.

Anas, Sudiono. 2001Pengantar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: PT.Grafindo Persada.

Arikunto, S & Jabar. 2004. Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Arikunto, S. 2011. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi Revisi). Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, S dan Cepi Safrudin, Evaluasi Program Pendidikan : Pedoman Teoritis Praktis Bagi Mahasiswa dan Praktisi Pendidikan, edisi kedua, (Jakarta : Bumi Aksara, 2009).

Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah tahun 2003. PEDOMAN PENYELENGGARAAN PROGRAM PERCEPATAN BELAJAR SD, SMP Dan SMA, ( Satu Model Pelayanan Pendidikan Bagi Peserta Didik Yang Memiliki Potensi Kecerdasan Dan Bakat Istimewa). Jakarta: BagianProyek Pelayanan Percepatan Belajar Bagi Anak Berbakat.

………, 2007. Evluasi Program Supervisi Pendidikan, Jakarta, Depdiknas

Eko Putro Widoyoko. 2009 Evaluasi Program Pembelajaran : Panduan Praktis Bagi Pendidik dan Calon Pendidik. Yogyakarta : Pustaka Pelajar

Hamid Hasan, 2009. Evaluasi Kurikulum, cetakan kedua. Bandung : Remaja Rosdakarya,

Hasan, H. 2008. Evaluasi Program. Bandung : Remaja Rosdakarya

Hermana. 2008. Evaluasi Program Tingkat Satuan Pendidikan. Alberty : Bandung

Masaong, Abd. Kadim. 2011. Supervisi Pendidikan. Gorontalo: Sentra Media

Miles, Matthew B. and A. Michael, Huberman. 2004. Analisis Data Kualitatif. Terjemahan Rohidi. Jakarta : Bumi Aksara.

Mukhtar dkk. 2002. PENDIDIKAN ANAK BANGSA,PENDIDIKAN UNTUK SEMUA. Jakarta: Nimas Multima.

Munandar, S. C. U. 1999. Kreativitas & Keberbakatan Strategi Mewujudkan Potensi Kreatif & Bakat. Jakarta: Gramedia Putaka Utama.

Ngiu, Zulaecha. 2011. Disertasi, Evaluasi Kebijakan Penjaminan Mutu di Universitas Negeri Gorontalo. Jakarta : UNJ

Purwanto. 2011. EVALUASI HASIL BELAJAR. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Purwanto M. Ngalim. 2003. Administrasi dan Supervisi Pendidikan, Jakarta : Remaja Rosdakarya.

Reksoatmodjo, Tedjo N. 2010. Pengembangan KURIKULUM PENDIDIKAN TEKNOLOGI DAN KEJURUAN. Bandung: Refika Aditama.

Sugiono. 2012. METODE PENELITIAN PENDIDIKAN Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R& D. Bandung: Afabeta

Suryosubroto, B. 2001. Proses Belajar Mengajar di sekolah, Jakarta: Rineka Cipta

Stufflebeam Daniel, 2003. Evaluation Theory, Models, and Applicationts (San Fransisko: Publhished by Josey, Bass).

Zaenal Arifin, Evaluasi Pembelajaran : Prinsip, Teknik, dan Prosedur, (Bandung : Remaja Rosdakarya, 2009.)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




__________________________________________________________________________________________________________

Publisher:

Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo

Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: pps@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id