DAMPAK KELUARGA BROKEN HOME PADA PRESTASI BELAJAR PKN SISWA DI SMA NEGERI I TILAMUTA KABUPATEN BOALEMO

Widyastuti Gintulangi, Jusdin Puluhulawa, Zulaeha Ngiu

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Untuk mengetahui serta menganalisis informasi secara lebih dalam tentang bagaimana keadaan keluarga Broken home pada prestasi belajar PKn, (2) Untuk mengetahui dan menganalisis faktor-faktor yang di timbulkan akibat keluarga Broken home, (3) Untuk mengetahui dan menganalisis upaya untuk meningkatkan  prestasi belajar siswa dari keluarga Broken home . Metode penelitian ini merupakan metode penelitian kualitatif  dengan jenis penelitian studi kasus. Subyek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru PKn dan siswa SMA Negeri I Tilamuta Kabupaten Boalemo. Kesimpulan hasil penelitian bahwa: 1) Keadaan keluarga Broken home pada prsetasi belajar PKn siswa yang mencakup motivasi belajar siswa, keperibadian siswa, dan prestasi belajar siswa keseluruhannya mengalami penurunan dan perubahan, 2) Dampak yang ditimbulkan akibat keluarga yang Broken home mencakup 2 yakni dampak psikologi dan dampak ekonomi. 3) Upaya-upaya meningkatkan prestasi  belajar   pada pelajaran PKn bagi siswa dari keluarga Broken home yakni dengan mengefektifkan lagi peranan keberadaan teman dan pembinaan melalui kegiatan Home visit

Keywords


Broken Home, Prestasi, PKn

References


Ahmadi, Abu. 2009. Psikologi Sosial. Jakarta : Rineka Cipta

Asep, Herry dkk. 2008. Evaluasi Pembelajaran. Jakarta: Multi Pressindo

Azwar, Safuddin. 1996. Fungsi Dan Pengembangan Pengukuran Prestasi Belajar. Yokyakarta: Pustaka Belajar

Dalyono, M. 2001. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta

Gunawan, Ary. 1995. Kontribusi Kreativitas Terhadap Prestasi Belajar. Jakarta: Kencana Putera

Gunawan, Ary. 1995. Kontribusi Kreativitas Terhadap Prestasi Belajar. Jakarta: Kencana Putera

Gunarsa, Jahja. 2002. Psikologi Perkembangan Jakarta: Kencana Prenadamedia

Hasbullah. 2012. Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo

Hikmawati. 2014. Psikologi Remaja. Yogyakarta: Pustaka Belajar

Ifdil. 2007. Peran Guru dalam Bidang pendidikan. Jakarta: Grasindo

Irwanto. 2003. Evaluasi Pembelajaran. Jakarta: Multi Pressindo

Kadarwati. 2011. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Jakarta Pustaka Pelajar

Lestari, 2012. Psikologi Keluarga. Jakarta : Kencana

Maryam, Siti. 2002. Manajemen Stres Cemas dan Depresi. Jakarta: Pustaka Pelajar

Mudzakir, Ahmad. 2001. Psikologi Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia

Moleong, Lexy. 2015. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya

Nasution, S. 2003. Metode Naturalistik Kualitatif. Bandung: Tarsito Media

Prasetyo, Mohamad. 2009. Membangun Komunikasi Keluarga. Jakarta: Alex Media

Rochendi, Rohidi. 2010. Menjadi Guru Kreatif. Yokyakarta: Golden Book

Sugiyono. 2010. Statistik Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2005. Landasan Psikolog Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Sunarto. 2012. Pengertian Prestasi Belajar. Bandung; Usaha Nasional.

Surya, Muhammad. 2004. Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung; Remaja Rosda Karya

Suryabrata, Sumadi. 2002. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Soelaeman, Rasyid. 1994. Fiqih Islam. Bandung: Sinar Baru

Sobur, Alex. 1995. Psikologi Umum. Jakarta: Pustaka Pelajar

Shocib. 1998. Pola Asuh Orang Tua. Jakarta: Rineka Cipta

Syah, Muhibbin. 2008. Psikologi Belajar. Bandung: Remaja Rosadakarya

Wills. 2013. Konseling Individual. Badung: FIP IKIP

Wahyu, Ramdani. 2001. Pengantar Study Sosiologi keluarga. Yokyakarta: Global

Winkel, W.S. 1997. Psikolog Pendidikan Dan Evaluasi Belajar. Yokyakarta: Media Abadi

Wirawan. 2003. Selekta Teori Kepemimpinan. Jakarta: Selemba Empat

Yusuf, Abdullah. Psikologi Islam. Jakarta: Raja Grafindo


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




__________________________________________________________________________________________________________

Publisher:

Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo

Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: pps@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id