PENANAMAN NILAI-NILAI MORAL SISWA MELALUI PROGRAM REIGIOUS CULTURE BAGI SISWA SEKOLAH MENEGAH ATAS (SMA) NEGERI 1 TILAMUTA
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Baharuddin, et. Al. 2007. Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Arruz Media.
Baharuddin, 2010. Psikologi Pendidikan Refleksi Teoritis terhadap enomena. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Bobby Ojose, 2008. Applying Pieget’s Theory of Cognitive Development to Mathematics Instruction. The Mathematics Educator. Vol. 18. No. 1, 26-30
Budiningsih, Asri. 2004. Pembelajaran Moral Berpijak Pada Karakteristik Siswa dan Budaya. Jakarta: PT. Rineka Cipta
Budhayati MZ, Arifah. 2012. Pengaruh Internet terhadap Kenakalan Remaja. Prosding Seminar Nasional Aplikasi Sains & Teknologi (SNAST) Periode III, Yogyakarta, 3 November 2012.
Chourmain, Imam M.A.S. 2008 Acuan normative penelitian untuk penulisan Skripsi Tesis dan Disertasi, Jakarta : Al-Haramain Publising House.
Craswell, John W. 1994. Research Design – Qualitative & Quantitative Approaches. USA: Sage Publication.
Desmita, 2006. Psikologi Perkembangan. Bandung:Remaja Rosdakarya.
Djamaluddin, Ancok. 2002. Pendidikan dan Agama Akhlak Bagi Anak dan Remaja.Jakarta: PT Logos Wacana Ilmu
Durkin, Kevin. 1995. Developmental Social Psychology. Massachussetts: Blackwell Publishers Inc
Geertz, Clifford. 1993. Religion as a Culture System. Fontana Press
Hariyadi, Sugeng. 2003. Psikologi Perkembangan. Semarang: UNNES Press.
Hariyadi, Sugeng. 2003. Psikologi Perkembangan. Semarang: UNNES Press.
Hartono, 2008. Strategi Pembelajaran Active Learning. (http://sditalgalam.wordpress.com/2000/01/09 diakses pada tanggal 22 Januari 2014
Hook, Roger R 1999. Forty Studies That Changed Psychology. New Jersey:Prentice Hall
H. M. Daryanto. 2010. Administrasi Pendidikan. Jakarta:Rineka Cipta
Jonaidi, Martinus Nanang & Agustin Nurmania. 2013. Analisis Sosiologis terhadap Perilaku Menyimpang Siswa pada SMA Pembangunan Kabupaten Malinua. eJournal Sosiatri-Sosiologi, 2013, 1 (3): 11-24.
Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional. 2014. Penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2015-2019. Materi Musrembang Regional. Palu, 6 Desember 2014.
Koyan, I Wayan. 2000. Pendidikan moral pendekatan lintas budaya. Jakarta: Depdiknas.
Krebs, Dennis L and Denton, Kathy. 2005. Toward a More Pragmatic Approach to Morality: A Critical Evaluation of Kohlberg’s Model. Psycological Review. Vol.112,No.3629-649. http://www.sfu.ca/psyc/faculty/krebs/publications/Toward%20a%20More%20Pragmatic%20Approach%20to%20Morality.pdf, download
Laila, Qumruin Nurul. 2015.Pemikiran Pendidikan Moral Albert Bandura. www.Ejournal.kopertis4.or.id Vol. III, No. 1, Maret 2015
Laksono, Danang Tunjung, 2012. Penanaman nilai-nilai moral pada Siswa – Studi Kasus di SMA Negeri 1 Sukoharjo. Artikel Publikasi Ilmiah Tesis. Pps Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Lofland, John & Lyn H. Lofland, 1984. Analyzing Social Setting: A Guide to Qualitative Observation on Analysis. Balmont, Cal: Wads Worth Publishing Company.
Lumpkin, Angela. 2008. Teacher as Role Models Teaching Character and Moral Virtues. Joperd. Volume 79 No. 2 Februari 2008
Muhibbin Syah, 2007. Psikologi Belajar. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada
________. 1995. Psikologi Pendidikan: Suatu Pendekatan Baru, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Mahmud, M. Dimyati, 1990. Psikologi Pendidikan: Suatu Pendekatan Terapan,Yogyakarta:BPFE Yogyakarta.
Mangkunegara, A.P. 2000. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung :Remaja Rosdakarya
Miles dan Huberman, 1992, Analisa Data Kuantitatif. UI Press, Jakarta.
Mulyana, Rohmat. 2004. Mengartikulasi Pendidikan Nilai. Bandung: Alfabeta
Nasution, 1999 Teknologi Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara
Nik Azis Nik Pa. 2007. Pengembangan Nilai pada Pendidikan Matematik Cabaran dan keperluan. International Seminar on Development Value in Mathematics and Sciense Education, 3-4 August 2007. University of Malaya
Nurhayati, Siti Rohmah. 2006. Telaah Kritis terhadap Teori Perkembangan Moral Lawrence Kohlberg. Paradigma. No. 02. Th. I, Juli 2006.
Robbins, Stephen P. & Judge, Timothy A. 2012. Organization Behavior. Fifteenth Edition. Person
Sagala, Syaiful. 2009. Manajemen Strategik dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. Bandung:Alfabeta
Sjarkawi. 2008. Pembentukan Kepribadian Anak (Peran Moral, Intelektual, Emosional Dan Sosial Sebagai Wujud Integritas Membangun Jati Diri). Jakarta: PT. Bumi Aksara
Shaffer, David R. 1985. Developmental Psychology. California: Brooks/Cole Publishing Company.
Slameto. 2003. Belajar & Faktor-faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: PT Rineka Cipta
Suroso. A. Y. 2006. Manajemen Alam Sumber Pendidikan Nilai. Bandung:Mughni Sejahtera.
Surya, Mohamad. 2004. Psikologi Pembelajaran dan Pengajaran, Bandung: Pustaka Bani Quraisy.
Thoha, Miftah. 2009. Birokrasi Pemerintah Indonesia di Era Reformasi. Jakarta: Kencana
Uhar Suharsaputra. 2013. Administrasi Pendidikan. Refika Aditama:Bandung
Veugelers, Wiel. 2008. Moral Values in Teacher Education. Paper Presented at the 1st Syimposium on Moral and Democratic Education. 24-27 August 2008. Florina, Greece.
Yulik Astutik & Harmanto. 2013. Kajian Moral dan Kewarganegaraan Nomor 1 Volume 2 Tahun 2013.
Zuchdi, Darmiyati, 2009. Humanisasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Zuriah, Nurul. 2007. Penididikan Moral dan Budi Pekerti Dalam Perspektif Perubahan: Menggagas Platfrom Pendidikan Budi Pekerti Secara Kentekstual dan Futuristik. Jakarta: Bina Aksara.
Sumber Lain:
UU No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
BKKBN. 2011. Fenomena Kenakalan Remaja Di Indonesia. http://ntb.bkkbn.go.id/Lists/Artikel/DispForm.aspx?ID=673 Diakses pada tanggal 25 November 2016
Refbacks
- There are currently no refbacks.
__________________________________________________________________________________________________________
Publisher:
Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: pps@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id