PENANAMAN NILAI-NILAI MORAL SISWA MELALUI PROGRAM REIGIOUS CULTURE BAGI SISWA SEKOLAH MENEGAH ATAS (SMA) NEGERI 1 TILAMUTA

Sitria Poni, Welly Pangayow, Zulaeha Ngiu

Abstract


Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui bagaimana penanaman Nilai-nilai moral siswa melalui program religious culture siswa di SMA Negeri 1 Tilamuta, (2) Untuk mengetahui kendala-kendala apakah dalam penananam Nilai-nilai moral bagi siswa melalui peogram religious culture di SMA Negeri 1 Tilamuta, 3) upaya-upaya yang dilakukan dalam penanaman Nilai moral bagi siswa sekolah menengah atas (sma) negeri 1 Tilamuta.Metode penelitian ini merupakan metode penelitian kualitatif  dengan jenis penelitian studi kasus yang berkenan dengan pelaksanaan program religious cultureupaya menanamkan nilai- nilai moral di SMA Negeri 1 Tilamuta. Subyek dalam penelitian ini adalah Kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang akademik, wakil kepala sekolah bidang kesiswaan, Guru PPKn, Guru agama, Guru Matematika, guru BK dan siswa kelas X,XI dan XII berjumlah 5 orang.Kesimpulan hasil penelitian bahwa: 1) Proses penanaman nilai-nilai moral melalui religious culture di SMA Negeri 1 Tilamuta efektif dilaksanakan jika dilakukan secara aplikatif, partisipatif dan memposisikan siswa sebagai orang dewasa yang diberikan peran dalam program. Dalam teori perkembangan moral Koreligious culturehlberg, perkembangan miral di SMA Negeri 1 Tilamuta berada pada tahapan konvensional yaitu keinginan siswa untuk menunjukan diri dan menjadi orang baik dengan dukungan lingkungan sekitar secara optimal, 2) Kendala dalam penanaman nilai moral melalui religious culture di SMA negeri 1 Tilamuta adalah kurangnya dukungan fasilitas pendudkung program, kurangnya dukungan dan partisipasi guru dan tenaga kependidikan serta keteladanan yang ditunjukan oleh guru dan tenaga kependidikan terhadap siswa dalam pemebentukan nilai moralnya serta kurangnya dukungan dan kerja sama dengan orang tua dalam pemebinaan moral siswa, 3) Upaya dalam penanaman nilai moral melalui religious culture adalah melalui pemebrian dispensasi dalam pembelajaran, melakukan monitoring dan pengendalian terhadap program dan perkembangan siswa serta melibatkan organisasi kesiswaan dalam program religious culture di SMA Negeri 1 Tilamuta, namun upaya ini belum secara holistic dilakukan karena belum melibatkan orang tua dan tokoh masyarakat dalam perencanaan, pelaksanaan maupun evaluasi program religious culture.

Keywords


Pendidikan, nilai-nilai moral, program religious culture

References


Baharuddin, et. Al. 2007. Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Arruz Media.

Baharuddin, 2010. Psikologi Pendidikan Refleksi Teoritis terhadap enomena. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Bobby Ojose, 2008. Applying Pieget’s Theory of Cognitive Development to Mathematics Instruction. The Mathematics Educator. Vol. 18. No. 1, 26-30

Budiningsih, Asri. 2004. Pembelajaran Moral Berpijak Pada Karakteristik Siswa dan Budaya. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Budhayati MZ, Arifah. 2012. Pengaruh Internet terhadap Kenakalan Remaja. Prosding Seminar Nasional Aplikasi Sains & Teknologi (SNAST) Periode III, Yogyakarta, 3 November 2012.

Chourmain, Imam M.A.S. 2008 Acuan normative penelitian untuk penulisan Skripsi Tesis dan Disertasi, Jakarta : Al-Haramain Publising House.

Craswell, John W. 1994. Research Design – Qualitative & Quantitative Approaches. USA: Sage Publication.

Desmita, 2006. Psikologi Perkembangan. Bandung:Remaja Rosdakarya.

Djamaluddin, Ancok. 2002. Pendidikan dan Agama Akhlak Bagi Anak dan Remaja.Jakarta: PT Logos Wacana Ilmu

Durkin, Kevin. 1995. Developmental Social Psychology. Massachussetts: Blackwell Publishers Inc

Geertz, Clifford. 1993. Religion as a Culture System. Fontana Press

Hariyadi, Sugeng. 2003. Psikologi Perkembangan. Semarang: UNNES Press.

Hariyadi, Sugeng. 2003. Psikologi Perkembangan. Semarang: UNNES Press.

Hartono, 2008. Strategi Pembelajaran Active Learning. (http://sditalgalam.wordpress.com/2000/01/09 diakses pada tanggal 22 Januari 2014

Hook, Roger R 1999. Forty Studies That Changed Psychology. New Jersey:Prentice Hall

H. M. Daryanto. 2010. Administrasi Pendidikan. Jakarta:Rineka Cipta

Jonaidi, Martinus Nanang & Agustin Nurmania. 2013. Analisis Sosiologis terhadap Perilaku Menyimpang Siswa pada SMA Pembangunan Kabupaten Malinua. eJournal Sosiatri-Sosiologi, 2013, 1 (3): 11-24.

Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional. 2014. Penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2015-2019. Materi Musrembang Regional. Palu, 6 Desember 2014.

Koyan, I Wayan. 2000. Pendidikan moral pendekatan lintas budaya. Jakarta: Depdiknas.

Krebs, Dennis L and Denton, Kathy. 2005. Toward a More Pragmatic Approach to Morality: A Critical Evaluation of Kohlberg’s Model. Psycological Review. Vol.112,No.3629-649. http://www.sfu.ca/psyc/faculty/krebs/publications/Toward%20a%20More%20Pragmatic%20Approach%20to%20Morality.pdf, download

Laila, Qumruin Nurul. 2015.Pemikiran Pendidikan Moral Albert Bandura. www.Ejournal.kopertis4.or.id Vol. III, No. 1, Maret 2015

Laksono, Danang Tunjung, 2012. Penanaman nilai-nilai moral pada Siswa – Studi Kasus di SMA Negeri 1 Sukoharjo. Artikel Publikasi Ilmiah Tesis. Pps Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Lofland, John & Lyn H. Lofland, 1984. Analyzing Social Setting: A Guide to Qualitative Observation on Analysis. Balmont, Cal: Wads Worth Publishing Company.

Lumpkin, Angela. 2008. Teacher as Role Models Teaching Character and Moral Virtues. Joperd. Volume 79 No. 2 Februari 2008

Muhibbin Syah, 2007. Psikologi Belajar. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada

________. 1995. Psikologi Pendidikan: Suatu Pendekatan Baru, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Mahmud, M. Dimyati, 1990. Psikologi Pendidikan: Suatu Pendekatan Terapan,Yogyakarta:BPFE Yogyakarta.

Mangkunegara, A.P. 2000. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung :Remaja Rosdakarya

Miles dan Huberman, 1992, Analisa Data Kuantitatif. UI Press, Jakarta.

Mulyana, Rohmat. 2004. Mengartikulasi Pendidikan Nilai. Bandung: Alfabeta

Nasution, 1999 Teknologi Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara

Nik Azis Nik Pa. 2007. Pengembangan Nilai pada Pendidikan Matematik Cabaran dan keperluan. International Seminar on Development Value in Mathematics and Sciense Education, 3-4 August 2007. University of Malaya

Nurhayati, Siti Rohmah. 2006. Telaah Kritis terhadap Teori Perkembangan Moral Lawrence Kohlberg. Paradigma. No. 02. Th. I, Juli 2006.

Robbins, Stephen P. & Judge, Timothy A. 2012. Organization Behavior. Fifteenth Edition. Person

Sagala, Syaiful. 2009. Manajemen Strategik dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. Bandung:Alfabeta

Sjarkawi. 2008. Pembentukan Kepribadian Anak (Peran Moral, Intelektual, Emosional Dan Sosial Sebagai Wujud Integritas Membangun Jati Diri). Jakarta: PT. Bumi Aksara

Shaffer, David R. 1985. Developmental Psychology. California: Brooks/Cole Publishing Company.

Slameto. 2003. Belajar & Faktor-faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: PT Rineka Cipta

Suroso. A. Y. 2006. Manajemen Alam Sumber Pendidikan Nilai. Bandung:Mughni Sejahtera.

Surya, Mohamad. 2004. Psikologi Pembelajaran dan Pengajaran, Bandung: Pustaka Bani Quraisy.

Thoha, Miftah. 2009. Birokrasi Pemerintah Indonesia di Era Reformasi. Jakarta: Kencana

Uhar Suharsaputra. 2013. Administrasi Pendidikan. Refika Aditama:Bandung

Veugelers, Wiel. 2008. Moral Values in Teacher Education. Paper Presented at the 1st Syimposium on Moral and Democratic Education. 24-27 August 2008. Florina, Greece.

Yulik Astutik & Harmanto. 2013. Kajian Moral dan Kewarganegaraan Nomor 1 Volume 2 Tahun 2013.

Zuchdi, Darmiyati, 2009. Humanisasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Zuriah, Nurul. 2007. Penididikan Moral dan Budi Pekerti Dalam Perspektif Perubahan: Menggagas Platfrom Pendidikan Budi Pekerti Secara Kentekstual dan Futuristik. Jakarta: Bina Aksara.

Sumber Lain:

UU No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional

BKKBN. 2011. Fenomena Kenakalan Remaja Di Indonesia. http://ntb.bkkbn.go.id/Lists/Artikel/DispForm.aspx?ID=673 Diakses pada tanggal 25 November 2016


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




__________________________________________________________________________________________________________

Publisher:

Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo

Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: pps@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id