PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN TERBIMBING TERHADAP KEMAMPUAN GENERALISASI MATEMATIS PESERTA DIDIK DITINJAU DARI GYAA KOGNITIF PESERTA DIDIK (SUATU EKSPERIMEN DI KELAS VIII SMP NEGERI 1 KABILA)

Sriwati Nomba, Hamzah Uno, Ali Kaku

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi tentang kemampuan generalisasi matematis dari peserta didik yang dibelajarkan dengan model pembelajaran penemuan terbimbing dan model pembelajaran langsung ditinjau dari gaya kognitif . Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian treatment by level 2 x 2 ini dilaksanakan di kelas VIII SMP Negeri 1 Kabila semester genap TP. 2016-2017. Data penelitian diperoleh dari instrumen berbentuk tes, yaitu tes kemampuan generalisasi matematis dan gaya kognitif spasial. Analisis data untuk menguji hipotesis penelitian menggunakan Analisis Varians Dua Jalan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kemampuan generalisasi matematis yang dibelajarkan dengan model pembelajaran penemuan terbimbing lebih tinggi dari model pembelajaran langsung, (2) Terdapat  interaksi antara model pembelajaran dan gaya kognitif terhadap kemampuan generalisasi matematis, (3) Peserta didik yang memiliki gaya kognitif spasial tinggi yang dibelajarkan model pembelajaran penemuan terbimbing memiliki kemampuan generalisasi matematis yang lebih tinggi dibandingkan peserta didik yang memiliki gaya kognitif spasial tinggi yang dibelajarkan dengan model pembelajaran langsung, dan (4) Peserta didik  yang  memiliki  gaya kognitif spasial rendah yang dibelajarkan dengan model pembelajaran langsung memiliki kemampuan generalisasi matematis yang lebih tinggi dibandingkan peserta didik yang memiliki gaya kognitif spasial rendah yang dibelajarkan dengan model pembelajaran penemuan terbimbing.

Keywords


Penemuan terbimbing, generalisasi matematis, gaya kognitif.

References


Anggoro, Bambang Sri 2010: Meningkatkan kemampuan generalisasi matematis melalui model pembelajaran discovery learning dan Peer led guided inquiring (PLGI), Tesis S.Ps. UPI Bandung: Tidak diterbitkan.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Manajemen Penelitian. Jakarta : Rineka Cipta.

Brenner, John. 1997.An Analysis of Student”s Cognitive Styles in Asyncrhonous Distance Educations Courses at a Community College. Tersedia pada http://files.eric.ed.gov/fulltext/ED415924.pdf diakses pada tanggal 23 November 2016

Chin & Hoi, 1995. Assasment Approach And Cognitive Style. Jurnal of Educational Measurement Spring 1995. Vol 32 no 1 pp 1-17 . tersedia pada http://suen.educ.psu.edu/~hsuen/pubs/style.pdf diakses pada tanggal 23 November 2016.

Dahlan, J.A. 2004. Meningkatkan Kemampuan Penalaran dan Pemahaman Matematika Siswa Sekolah Menengah Tingkat Pertama (SLTP) Melalui Pendekatan Pembelajaran Open-Ended. Disertasi S.Ps. UPI: Tidak Diterbitkan.

Hirdjan. 1967. Metode Penemuan. Yogyakarta : FKIE IKIP

Keefe, James W, 1987, Learning Style Theory And Practice, Virginia; NASSP Assocition Drivven

Kemendikbud, 2014 . Permendikbud Nomor 58 Tahun 2014 Tentang Kurikulum SMP, Jakarta : Kemendikbud.

Markaban. 2006. Model Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Penemuan Terbimbing. Yogyakarta: Departemen Pendidikan Nasional Pusat Pengembangan dan Penataran Guru Matematika.

Nasution, S, 2008 . Berbagai Penelitian Dalam Proses Belajar Mengajar, Jakarta : Bumi Aksara

NCTM. 2000. Principle and Standards for school Mathematics. Tersedia pada http://www.nctm.org/uploadedFiles/Math_Standards/12752_exec_pssm.pdf. diakses pada tanggal 22 Nevember 2016.

Soedjadi; 1999; Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia Konstatasi Keadaan Masa Kini Menuju Harapan Masa Depan; Jakarta; Depdikbud

Soekadijo, G.R. 1999. Logika Dasar Tradisional, Simbolik dan Induktif. Jakarta: Gramedia.

Uno ,Hamzah B. 1995. Pengaruh Strategi Penyampaian Pengajaran dan Gaya Kognitif Terhadap Perolehan Belajar Dalam Pengajaran geometri di Sekolah Menengah Umum. Tesis Program Pascasarjana Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Malang: PPs IKIP Malang.

...... ,Hamzah B. 2003. Pengarus Strategi Pengorganisasian Pembelajaran Berdasarkan Model Elaborasi dan Gaya Kognitif Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pada Mata Pelajaran Matematika. Disertasi Program Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta, Jakarta: PPs Universitas Negeri Jakarta.

......, Hamzah B. 2012. Orientasi Baru dalam Psikologi Pembelajaran. Gorontalo: Bumi Aksara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




__________________________________________________________________________________________________________

Publisher:

Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo

Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: pps@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id