MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI MELALUI PENERAPAN DISCOVERY LEARNING SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 TELAGA TAHUN PELAJARAN 2014-2015

Siti Kodai

Abstract


Permasalahan yang mendasar dalam pembelajaran menulis teks laporan hasil observasi pada siswa kelas VII SMP Negeri 3 Telaga adalah (1) rendahnya kemampuan siswa dalam menentukan judul teks laporan hasil observasi, (2) rendahnya kemampuan siswa dalam membuat definisi umum, (3) rendahnya kemampuan dalam membuat deskripsi bagian, (4) rendahnya kemampuan dalam membuat deskripsi manfaat, (5) rendahnya kemampuan dalam menulis sesuai dengan ejaan yang disempurnakan. Penelitian ini dilaksanakan untuk memecahkan masalah tersebut khususnya dalam pembelajaran menulis teks laporan hasil observasi.Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan menulis laporan hasil observasi melalui model discovery learning pada siswa kelas VII SMP Negeri 3 Telaga. serta mendeskripsikan bagaimana peningkatan kemampuan hasil belajar menulis laporan hasil observasi melalui penerapan Discovery Learning.Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah rancangan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan hasil , menunjukkan adanya peningkatan kemampuan menulis teks laporan hasil Observasi  dibandingkan dengan hasil sebelum diberikan tindakan dengan model discovery learning. Peningkatan keberhasilan secara klasikal dari 34,38% pada kemampuan awal menjadi 59,02 % pada siklus I, jadi terjadi peningkatan sekitar  24,64 %. Berdasarkan Data pada siklus II, menunjukkan adanya peningkatan kemampuan menulis teks laporan hasil observasi  dibandingkan dengan hasil kemampuan pada siklus I, dengan model discovery learning Peningkatan keberhasilan secara klasikal dari 59,02 % pada siklus I, menjadi 84,82 % pada siklus II sehingga terjadi peningkatan sekitar  25,8  %. Hasil yang didapat dalam penelitian ini adalah  sebagai berikut: (1) Pengajaran menulis teks laporan hasil observasi dengan model discovery learning memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa. (2) Pengajaran menulis teks laporan hasil observasi dengan menggunakan model discovery learning siswa merasa lebih mudah dan lebih memahami bila dibandingkan dengan pembelajaran menggunakan model sebelumnya

Keywords


Kemampuan, laporan, observasi, Discovery learning,

References


Abdulah, Ridwan Sani. 2013. Inovasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Ahmadi, Khoiru Iif.2011. Strategi Pembelajaran Sekolah Terpadu.. Jakarta : Prestasi Pustaka.

Arifin, Zainal. (1994). Pendekatan Dalam Proses Belajar Mengajar. Remaja Rosdakarya. Bandung.

Arikunto Suharsimi, 1999. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Daryanto. 2014. Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta : Gava Media.

Djamarah, 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta

Hamalik, Oemar. 2004. Metode Belajar dan Kesulitan-Kesulitan Belajar. Bandung: Tarsito.

Gulo, W. 2007. Metodologi Penelitian. Jakarta : PT Grasindo.

Hopkins, David.2011. Panduan Guru Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta : Pustaka Pelajar

Iskandar dan Dadang Sunendar.2009. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Karli, Hilda dan Margaretha S.2004. Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung : CV Bina media Informasi.

Keraf, Gorys. 1980. Komposisi : Sebuah Pengantar Kemahiran Berbahasa.Nusa Indah.

M.S. Mahsun. 2014. Teks Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013. Jakarta : PT Rajagrafindo Persada.

Mulyoto. 2013. Strategi Pembelajaran Di Era Kurikulum 2013. Jakarta : Prestasi Pustaka. Ali Muhammad. 2003. Guru dalam Proses Belajar

Roestiyah NK. 2012. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : PT. Rineka Cipta

Sagala, Syaiful. 2013. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung : Alfabeta.

Sumiati dan Asra. 2007. Metode pembelajaran. Bandung : CV. Wacana Prima.

Supriadi.2013. Evaluasi Pembelajaran Bahasa Indonesia. Gorontalo:UNG Pres.

Suprijono, Agus. 2013. Cooperatif Learning Teori dan Aplikasi. Yogyakarta :Pustaka Pelajar

Suyoto. 1997. Evaluasi Pengajaran. Yogyakarta : Depdikbud.

Tarigan, Henry Guntur.2008. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung : Angkasa

Trianto.2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta : Kencana Prenada Media Group

http://jurnal-online.um.ac.id/data/artikel.

---------, 2010. “Pengertian, Strategi, Metode, Teknik dan Taktik, dan Model pembelajaran”[online] tersedia di http://psb-psma.org/


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




__________________________________________________________________________________________________________

Publisher:

Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo

Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: pps@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id