PENGEMBANGAN MEDIA YOUTUBE DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA (SUATU PENELITIAN DI SMK KESEHATAN BAKTI NUSANTARA GORONTALO).

Nur Entin Lasabuda

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran YouTube dalam pembelajaran matematika untuk sub materi matriks di kelas X SMK. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan produk berupa media YouTube berbasis internet dalam pembelajaran matematika untuk sub matriks yaitu pada operasi matriks. Penelitian pengembangan ini menggunakan pendekatan deskriptif dan mengacu pada model pengembangan ASSURE, yang meliputi 6 tahap yaitu menganalisis pebelajar (analyzer leaener), menyatakan tujuan (state objectives), memilih teknologi, media dan materi (select technology, media and materials), menggunakan teknologi, media dan materi (utilize technology, media and materials), meminta partisipasi pelajar (Require learner participation), dan evaluasi dan revisi (evaluate and revise). Dalam proses pengembangannya, penelitian ini melibatkan ahli sebagai validator media yang dikembangkan. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Keperawatan-1 di SMK Kesehatan Bakti Nusantara Gorontalo. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa validator ahli menyatakan media YouTube berbasis internet adalah valid dan lebih dari 70% siswa  merespon positif. Ini menunjukkan bahwa media YouTube berbasis internet sudah baik dan layak digunakan sebagai media pembelajaran matematika di luar kelas maupun di dalam kelas X.

Keywords


Pengembangan Media Pembelajaran, YouTube

References


Arsyad, Azhar. 2002. Media Pembelajaran. Jakarta : PT Rajagrafindo Persada.

Bito, Nursia. 2009. Pembelajaran Berdasarkan Masalah untuk Sub Materi Pokok

Prisma dan Limas Di Kelas VIII SMP Negeri 11 Gorontalo. Tesis. UNESA: Pasca Sarjana. Tidak diterbitkan.

E-Journal Edutech Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Teknologi Pendidikan

(Vol: 3 No: 1 Tahun: 2015)

Jurnal Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan. Volume 3, Nomor 1, Januari

; 42-47 ISSN: 2337-7623; EISSN: 2337-7615

Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran. Vol, 2, No. 1, Hal 35-48, Edisi Maret 2014. ISSN: 2354-6441

Munir. 2012. Multimedia, Konsep & Aplikasi dalam Pendidikan. Bandung :

Alvabeta.

Musfiqon. 2012. Pengembangan Media & Sumber Pembelajaran. Jakarta :

Prestasi Pustaka Publisher.

Panawar, A. January. 2012. Pengembangan Instrumen Tes Berbantu Media

Komputer pada Pembelajaran Matematika Materi Trigonometri Kelas X SMA. Skripsi. Universitas Negeri Gorontalo.

Rudiansyah, Ari. 2012. Pengembangan Media Komik Pembelajaran Matematika

Pada sub pokok Bahasan Operasi Hitung Pecahan Kelas V SD. Skripsi . Universitas Negeri Gorontalo.

Santrock, W. John. 2003. Adolescence Perkembangan Remaja. E-book. Jakarta :

Erlangga.

Sugandi, Achmad, dkk. 2004. Teori Pembelajaran. Semarang : UPT MKK

UNNES. (Online , Akses Februari 2013).

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung :

C.V Alfabeta.

Suyanto, M. 2005. Multimedia Alat untuk Meningkatkan Keunggulan Bersaing.

Yogyakarta : C.V Andi Offset


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




__________________________________________________________________________________________________________

Publisher:

Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo

Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: pps@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id