PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DI KELAS X SMK NEGERI 1 BATUDAA

Fiyanty Katili

Abstract


Penelitian ini bertujuan  untuk  mendapatkan data empiris tentang perbedaan hasil belajar matematika peserta didik yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif type jigsaw dan model pembelajaran langsung ditinjau dari kemampuan berpikir kritis peserta didik. Penelitian eksperimen semu dengan desain treatment by level 2 x 2 ini dilaksanakan pada peserta didik kelas X SMK Negeri 1 Batudaa semester genap tahun pelajaran 2016-2017. Data penelitian diperoleh melalui tes hasil belajar dan tes kemampuan berpikir kritis. Analisis data hasil belajar didasarkan pada pengelompokkan skor tes kemampuan berpikir kritis yang terbagi atas kemampuan berpikir kritis tinggi dan rendah. Data penelitian dianalisis dengan ANAVA 2 jalur dan Uji Tuckey menghasilkan temuan yakni: (1) Hasil belajar matematika dengan peserta didik yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif type jigsaw lebih tinggi dibandingkan dengan model pembelajaran langsung, (2) Terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran dan kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar matematika, (3) Hasil belajar matematika yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif type jigsaw lebih tinggi dibandingkan dengan model pembelajaran langsung untuk kelompok peserta didik yang memiliki kemampuan berpikir kritis tinggi, dan (4) Hasil belajar matematika yang dibelajarkan dengan model pembelajaran langsung lebih tinggi dibandingkan dengan model pembelajaran kooperatif type jigsaw untuk kelompok peserta didik yang memiliki kemampuan berpikir kritis rendah. Temuan ini menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif type jigsaw lebih cocok dalam membelajarkan konsep barisan dan deret pada kelompok peserta didik yang memiliki kemampuan berpikir kritis tinggi

Keywords


pembelajaran kooperatif type jigsaw, pembelajaran langsung, berpikir kritis, dan hasil belajar.

References


Abbas, Nurhayati. 2012. Statistika Penelitian. Bahan ajar PPs UNG

Arends, (2008), Learning to Teach-Belajar untuk Mengajar, Pustaka Belajar, Yogyakarta. (penerjemah Soetjipto, dkk)

Arikunto. 2006. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Manajemen Penelitian. Jakarta : Rineka Cipta

Aisyah, 2008. Pengertian Berpikir Kritis Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Kedua . Balai Pustaka.

Dimyati, dan Mujiono. 2006. Belajar & Pembelajaran. Jakarta:PT Rineke Cipta

Eggen, Paul and Don Kauchak. 2012. Strategi dan Model Pembelajaran. Jakarta: Indeks

Fathani, Abdul Halim, 2008, Ensiklopedi Matematika, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media Group.

Fisher, A and Scriven, M. 1997. Critical Thinking: Its Definition and Assesment. Center for Research in Critical Thinking. University of East Anglia.

Fisher, Alec. 2008. Berpikir Kritis Sebuah Pengantar. Jakarta: Gelora Aksara Pratama. Diterjemhkan oleh Benyamin Hadinata.

Isjoni, 2009. Pembelajaran Koperatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Purwanto. 2011. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Purwanto,Ngalim.2011. Psikologi Pendidikan. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Riduwan, 2013. Metode dan Teknik Menyusun Tesis. Bandung: Alfabeta.

Roy Killen. (2008). Effective Teaching Strategis, Lessons from Research and Practice. Australia : Social Science Press.

Rusman, 2014. Model-model Pembelajaran. Jakarta:Rajawali Pers.

Sadia, Wayan.2014. Model-model Pembelajaran Sains Konstruktivistik. Yogyakarta : Graha Ilmu.

Slavin, Robert E. 2005, Cooperative Learning (Teori, Riset dan Praktik), Terjemahan oleh Lita, 2009, Bandung: Nusa Media.

¬¬------, 2011. Psikologi Pendidikan Teori dan Praktik. Jakarta: Permata Puri Media.

Sudjana, 2005.Metode Statistika. EdisiKeenam. Bandung: Tarsito.

Suryabrata, Sumadi, 2012. Psikologi Pendidikan. Jakarta : Rajawali Pers.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




__________________________________________________________________________________________________________

Publisher:

Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo

Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: pps@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id