PENATAAN DAN PEMERATAAN GURU SEKOLAH DASAR DI KABUPATEN BOLAANG MONGONDOW UTARA
Abstract
Analisis Penataan dan Pemerataan Guru PNS Sekolah Dasar di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perencanaan, implementasi, dan dampak dari penataan dan pemerataan guru PNS Sekolah Dasar di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara. Subyek dalam penelitian ini adalah Kepala dinas, Kepala-kepala Bidang Dinas pendidikan dan seluruh Kepala sekolah SDN Se-Kabupaten Bolaang Mogondow Utara. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif expalanatory. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik angket, observasi (pengamatan), wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik presentasi. Hasil penelitian menemukan; (1) Perencanaan penataan dan pemerataan guru PNS Sekolah Dasar di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara belum berada pada kriteria perencanaan yang baik dengan hasil presentasi capaian adalah 57% atau berada pada kategori Cukup. (2) Implementasi penataan dan pemerataan guru PNS Sekolah Dasar di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara juga belum berada pada kriteria implemntasi yang baik dengan hasil presentasi capaian adalah 62,12% atau berada pada kategori Cukup. Dan (3) Dampak penataan dan pemerataan guru PNS Sekolah Dasar di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara memberi hasil signifikan dengan hasil presentasi capaian adalah 68,9% atau berada pada kategori Baik.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)Refbacks
- There are currently no refbacks.
__________________________________________________________________________________________________________
Publisher:
Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: pps@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id