PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR

Sutrisno Talango

Abstract


Penelitian ini bertujuan mendapatkan informasi sebagai berikut : (1) Perbedaan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan pendekatan saintifik dengan siswa yang dibelajarkan dengan pendekatan expository; (2) Pengaruh interaksi antara pendekatan pemebelajaran dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa; (3) Perbedaan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan pendekatan saintifik dan siswa yang dibelajarkan dengan pendekatan expository ditinjau dari motivasi belajar tinggi; (4) perbedaan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan pendekatan saintifik dan siswa yang dibelajarkan dengan pendekatan expository ditinjau dari motivasi belajar rendah. Penelitian ini dilaksanakan di MAN Model Gorontalo pada bulan februari sampai dengan juli 2016, dengan jenis penelitian eksperimen semu atau Quasi Experiment dan desain Treatment by level. Pemilihan sampel menggunakan teknik Simple Random Sampling. Sampel terpilih masing-masing dibelajarkan pendekatan saintifik dan pendekatan expository. Pengumpulan data melalui tes hasil belajar matematika dan tes motivasi belajar.Hasil data dianalisis menggunakan analisis deskriptif (data disajikan dalam tabel dan divisualisasikan pada histogram) dan inferensial (menguji hipotesis). Hipotesis menggunakan uji ANAVA dua jalur. Selanjutnya untuk menentukan kebermaknaan pengaruh antara variabel-variabel maka maka uji lanjut menggunakan uji Tukey. Penelitian ini menghasilkan empat temuan: (1) Hasil belajar siswa yang dibelajarkan pendekatan saintifik lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang dibelajarkan pendekatan expository; (2) terdapat interaksi antara Pendekatan pemebelajaran dan Motivasi Belajar terhadap hasil belajar Siswa; (3) Hasil belajar siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi yang dibelajarkan dengan pendekatan saintifik lebih tinggi daripada yang dibelajarkan dengan menggunakan pendekatan Expository; (4) Hasil belajar siswa yang memiliki motivasi belajar rendah yang dibelajarkan dengan pendekatan saintifik lebih rendah daripada yang dibelajarkan dengan menggunakan pendekatan Expository

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




__________________________________________________________________________________________________________

Publisher:

Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo

Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: pps@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id