MANAJEMEN PROGRAM AKREDITASI PADA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI DI KABUPATEN BOALEMO

Parnawaty Utiarahman

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; a)  perencanaan  program sekolah berbasis  akreditasi pada  Sekolah Menengah Pertama di Kabupaten Boalemo, b) pelaksanaan program sekolah berbasis  akreditasi pada  Sekolah Menengah Pertama di Kabupaten Boalemo, c) pembiayaan program sekolah berbasis  akreditasi pada  Sekolah Menengah Pertama di Kabupaten Boalemo, dan d) evaluasi program sekolah berbasis  akreditasi pada  Sekolah Menengah Pertama di Kabupaten Boalemo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan menggunakan pendekatan eksplanatori. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa manajemen program sekolah berbasis  akreditasi pada  Sekolah Menengah Pertama di Kabupaten Boalemo secara umum berada pada kategori baik, yang merupakan akumulasi dari: a) perencanaan  program sekolah berbasis  akreditasi pada  Sekolah Menengah Pertama di Kabupaten Boalemo berada pada kategori sangat baik dengan persentase 86,85%, b) pelaksanaan program sekolah berbasis  akreditasi pada  Sekolah Menengah Pertama di Kabupaten Boalemo berada pada kategori baik dengan persentase 78,68%, c) pembiayaan program sekolah berbasis  akreditasi pada  Sekolah Menengah Pertama di Kabupaten Boalemo berada pada kategori cukup baik dengan persentase 68,58%, dan d) evaluasi program sekolah berbasis  akreditasi pada  Sekolah Menengah Pertama di Kabupaten Boalemo berada pada kategori cukup baik dengan persentase 70,08%. Terkait hasil penelitian maka dikemukakan beberapa saran sebagai berikut: a) sekolah perlu melakukan evaluasi secara terus menerus terkait program akreditasi sekolah sehingga dapat diketahui tingkat efektivitas penerapannya dalam membantu meningkatkan kualitas sekolah, b) Dinas Pendidikan perlu mendorong sekolah untuk  menjaga kontinuitas dalam perencanaan, pelaksanaan, pembiayaan dan evaluasi program akreditasi sekolah  sehingga semua kegiatan yang terkait dengan pemenuhan program akreditasi sekolah dapat mencapai hasil yang diharapkan, dan c) Stakeholder pendidikan lainnya seperti komite sekolah dan orang tua perlu mendukung aktualisasi program akreditasi sekolah sehingga mendukung keberhasilan pelaksanaan program ini di sekolah


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




__________________________________________________________________________________________________________

Publisher:

Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo

Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: pps@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id