KEEFEKTIFAN PELAKSANAAN SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH DI SMP NEGERI SE-KECAMATAN DULUPI KABUPATEN BOALEMO

Mariyono Hasana

Abstract


Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui keefektifan perencanaan, keefektifan metode supervisi akademik, kesesuaian hasil supervisi akademik kepala sekolah, dan mengetahui tindaklanjut hasil supervisi akademik kepala sekolah. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif eksploratori yaitu metode penelitian yang bersifat mendasar dan bertujuan untuk memperoleh keterangan, informasi, data mengenai hal-hal yang belum diketahui Berdasarkan hasil penelitian maka dapat dirumuskan simpulan sebagai berikut. (1) Keefektifan perencanaan supervisi akdemik kepala sekolah  berada pada kategori efektif, (2) Keefektifan metode supervisi akademik kepala sekolah  berada pada kategori efektif, (3) Kesesuaian pelaksanaan supervisi akademik kepala sekolah dengan masalah yang dihadapi guru  berada pada kategori efektif, (4) Tindaklanjut hasil supervisi akademik kepala sekolah  diperoleh berada pada cukup efektif. Berdasarkan hasil penelitian yang peneliti lakukan, maka peneliti memberikan saran kepada beberapa pihak seperti berikut ini: (1) Kepada pihak Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Boalemo hendaknya pelaksanaan supervisi akademik di sekolah dievaluasi dan dianalisis guna menemui berbagai bentuk kesulitan yang dapat diidentifikasi menjadi faktor penghambat kegiatan supervisi akademik kepala sekolah berdasarkan hasil monitoring dan evaluasi yang telah dilaksanakan dan faktor pendukung yang menjadi kekuatan dalam pelaksanaan supervisi akademik kepala sekolah, (2) Bagi kepala sekolah hendaknya dapat meningkatkan dan merumuskan atau merencanakan program supervisi akademik dengan melibatkan rapat bersama guru dan wakil kepala sekolah melalui pembentukan tim supervisi akademik sekolah melalui Surat Keputusan (SK) Kepala Sekolah, (3) Bagi guru hendaknya hasil penelitian ini dapat dijadikan bahan informasi untuk meningkatkan profesional yang meliputi kompetensi pedagogik, kompetensi keperibadian, kompetensi sosial dan kompetensi professional, (4) Bagi forum MGMP hendaknya hasil penelitian dapat dijadikan bahan informasi untuk melakukan pembinaan guru secara kontinu dan sistematis pada kegiatan in service dan on service sehingga perbaikan kompetensi guru dapat ditingkatkan, (5) Bagi penulis hasil penelitian ini dapat dijadikan motivasi melakukan kegiatan penelitian ilmiah sehingga perbaikan proses pembelajaran dapat dilakukan secara berkesinambungan guna meningkatkan kompetensi professional

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




__________________________________________________________________________________________________________

Publisher:

Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo

Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: pps@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id