PENGEMBANGAN BUDAYA MUTU SEKOLAH MELALUI MUSYAWARAH KERJA KEPALA SEKOLAH DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: a) memberikan gambaran tentangĀ budaya mutu sekolah di Sekolah Menengah Pertama, b) memberikan gambaran tentang kegiatan Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) di Sekolah Menengah Pertama, c) memberikan gambaran tentang pengembangan budaya mutu sekolah di Sekolah Menengah Pertama melalui MKKS. Metode penelitian menggunakan penelitian tindakan sekolah. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian menemukan bahwa: a) pada siklus I, pengembangan budaya mutu sekolah di SMP berada pada kategori cukup baik. Pada siklus II, pengembangan budaya mutu sekolah di SMP berada pada kategori baik, b) MKKS di Sekolah Menengah Pertama berada pada kualifikasi baik. Hal ini menunjukkan bahwa Kegiatan MKKS telah dilaksanakan secara konsisten dari segi frekuensi kegiatan, kualitas proses kegiatan dan dari kualitas produk yang dihasilkan melalui MKKS, dan c) pengembangan budaya mutu di SMP dapat melalui MKKS. Hal tersebut dapat dilihat dari capaian kualitas budaya mutu yang berada pada kategori baik. Terkait temuan penelitian maka disarankan beberapa hal sebagai berikut: a) pengawas perlu memfasilitasi pengembangan budaya mutu sekolah, dengan memfasilitasi MKKS, b) pengawas perlu mendorong agar kepala sekolah mengikuti MKKS secara rutin dalam upaya mendorong peningkatan budaya mutu di sekolah
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)Refbacks
- There are currently no refbacks.
__________________________________________________________________________________________________________
Publisher:
Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: pps@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id