PENINGKATAN SOFT COMPETENCE GURU MELALUI PENGEMBANGAN KEPROFESIAN BERKELANJUTAN DI SDN NO 43 HULONTALANGI

Fransiska Ishak

Abstract


Yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bentuk-bentuk kegiatan soft comptence, meningkatkan soft competence guru, langkah-langkah pengembangan soft competence, bentuk-bentuk pengembangan soft competence melalu kegiatan pengembangan keprofesian berkelanjutan.

Penelitian ini dilaksanakan di SDN 43 Hulontalangi. Sasaran penelitian adalah Guru Kelas rendah sampai kelas tinggi dan guru mata pelajaran yang berjumlah 19 orang. Jenis penelitian yang dipilih dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan sekolah dengan tujuan untuk meningkatkan penguasaan soft comptence guru melalui pengembangan keprofesian berkelanjutan. Alat pengumpul data dalam penelitian ini adalah, lembar angket, wawancara, lembar penilaian pengamatan aktivitas pengembangan keprofesian berkelanjutan. Data dalam penelitian ini dianalisis secara kuantitatif.

Kegiatan soft copetence dalam pengembangan keprofesian berkelanjutan, workshop kelompok kerja guru, pelatihan karya tulis ilmiah. Pengembangan keprofesian berkelanjutan dapat meningkatkan soft comptence guru terutama peningkatan yang signifikan adalah kemampuan berinteraksi sesama teman dalam kelompok guru dan kemampuan menyusun karya tulis. Langkah-langkah pengembangan keprofesian berkelanjutan dalam pengembangan soft competence adalah mengikutikan guru dalam kelompok kerja guru, membagi guru kedalam beberapa kelompok kecil, melakukan simulasi penyusunan karya tulis, case study, menyusun RPP dan jurnal belajar. Bentuk-bentuk pengembangan soft competence dalam penelitian ini adalah yakni melalui kerja kelompok, presentasi hasil karya tulis, diskusi kelompok kecil, melakukan kajian kritis penyusunan karya tulis berupa PTK dan case study, menyusun rencana pelaksanaan pemelajaran, menyusun jurnal belajar

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




__________________________________________________________________________________________________________

Publisher:

Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo

Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: pps@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id