PENGELOLAAN PEMBELAJARAN BERBASIS KEBUTUHAN DI SEKOLAH LUAR BIASA (SLB) NEGERI KOTA GORONTALO

Rosita Hadija, Ikhfan haris, Nina Lamatenggo

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyusun perencanaan pembelajaran berbasis kebutuhan di SLBN Kota Gorontalo serta melakukan pelaksanaan dan evaluasi terhadap pelaksanaan pembelajaran tersebut. Penelitian ini merupakan jenis penelitian studi kasus. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara mendalam, observasi, dan studi dokumentasi. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan proses analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan serta verifikasinya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Bentuk program pembelajaran berbasis kebutuhan yang dilaksanakan oleh sekolah adalah pembelajaran individual atau program pembelajaran individual (PPI) yang disusun oleh tim yang terdiri dari kepala sekolah, guru umum/wali kelas yang dianggap mempunyai pengetahuan dan pernah mengikuti Diklat tentang anak berkebutuhan khusus. Penyusunan PPI juga disesuaikan dengan kemampuan siswa yang dapat diperoleh dari hasil asesmen awal pada anak; (2) Proses pembelajaran atau pelaksanaan pembelajaran dilakukan di dalam dan di luar kelas. RPP, strategi pembelajaran, metode, dan materi pembelajaran mengikuti karakteristik anak dengan menyederhanakan materi pembelajaran. Problematik pembelajaran individu ABK di SLB adalah bervariasinya hambatan dan tingkat kelas yang berbeda dalam satu rombongan belajar membuat guru harus memiliki kreativitas yang tinggi dalam menggunakan metode maupun strategi mengajar untuk memacu motivasi belajar ABK. Kemauan belajar anak yang bervariasi dalam belajar perlu dukungan orang tua dalam membantu dan membimbing ABK dalam mengulang kembali pelajaran yang telah diterima di sekolah; dan (3) Evaluasi pembelajaran di SLB menyesuaikan dengan kompetensi ABK dan hasil asesmen serta modifikasi pembelajaran. Evaluasi yang dilaksanakan sederhana baik segi, materi, bobot kesulitan, peringkasan kata dan kalimat, demikian juga dengan penetapan KKM disesuaikan dengan kemampuan dari masing-masing ABK. Ketika anak tidak mencapai ketuntasan maka guru memberikan remedial pada anak. Evaluasi pada ABK dapat juga dilakukan dengan cara mengikutkan anak mengikuti ujian nasional di mana bentuk soal dan bobot soal diserahkan ke sekolah dan ujian sekolah bagi yang memiliki hambatan dalam IQ. Dan hasil dari ujian tersebut anak akan diberi ijazah untuk melanjutkan ke sekolah di atasnya.

 


Keywords


Pembelajaran Berbasis Kebutuhan; Pengelolaan Pembelajaran; Perencanaan Pembelajaran; Sekolah Luar Biasa

Full Text:

PDF

References


Aburrahman Mulyono, 2003. Pendidikan Bagi Anak Berkebutuhan Khusus. Jakarta : Rineka Cipt

Abu Ahmadi, 2008. Psikologi Belajar. Jakarta : PT. Rinekacipta

Agustyawati dan Solicha, 2009. Psikologi Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus. Jakarta : Lembaga Penelitian UIN

Amin Jantimet,Moh. 1994. Peningkatan Layanan Pendidikan Bagi Anak Luar Biasa Di Indonesia. Bandung : IKIP Bandung

Apriyanto N, 2012. Seluk Beluk Tunagrahita dan Strategi Penanganannya. Yogyakarta : Javalitera.

Azwandi Yosfan, 2007. Media Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus. Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Direktorat Ketenagaan.

Budimansyah D 2002, Model Pembelajaran Dan Penilaian Portofolio. Bandung: Genesindo

Bagaskorowati, R. 2010. Anak Beresiko Identifikasi, Asesmen Dan Intervensi Dini. Bogor: Ghalia Indonesia

Dadang Garnida, 2015. Pengantar Pendidikan Inklusi. Bandung: Reiika Aditama

Daeng Sudirwo, 2002. Kurikulum Pembelajaran Dalam Otonomi Daerah. Bandung: Andira

Daniel C. Kambey, 2003. Manajemen Kelas. Manado: Materi Pada Diklat Widyaiswara Berjenjang Tingkat Pertama di Balai Diklat Keagamaan.

Daniel C. Kambey, 1997. Didaktik Metodik. Manado: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Manado.

Ditjen Dikdasmen, 1997. Tumbuh Kembang Pendidikan Dasar Dan Menengah. Jakarta: Ditjen Dikdasmen, Dikbud.

David Wijaya, 2019. Manajemen Pendidikan Inklusif Sekolah Dasar. Edisi Pertama: Jakarta Kencana.

Edi Soegito dan Yuliani, 2002. Kemampuan Dasar Mengajar. Jakarta Pusat: Penerbit Universitas Terbuka

Emzir, 2014. Metodologi Penelitian Pendidikan: Kuantitatif dan Kualitatif. Cetakan ke-8, Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Endang Rochyadi, 2005. Pengembangan Program Pembelajaran Individual Anak Tunagrahita. Jakarta: Dit. PPTK & KPT, Dit Dikti, Departeman Pendidikan Nasional.

E. Mulyasa, 2005. Menjadi Guru Profesional (Menciptakan Pembelajaran Efektif dan Menyenangkan). Bandung: Remaja Rosda Karya.

Foreman, P, 2005. Inclusive in action. Thomson: NelsonAustralia Pty Limited.

Johson, B.H & Skjorten, M.D, 2003. Pendidikan Kebutuhan Khusus, Sebuah Pengantar. Bandung: Sekolah Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia.

Hamalik Oemar, 2011. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Uno B. Hamzah, Lamatenggo Nina, 2012. Teori Kinerja dan Pengukurannya, Jakarta: Bumi Aksara.

Handayanigrat, Soewarno, 1998. Pengantar Studi Administrasi dan Manajemen. Jakarta: CV Haji Masagung.

Handoko, T. Hani. 2011. Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Penerbit BPFE

Hasbullah, 2009. Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan (Umum dan Agama Islam), Jakarta: Rajawal Pers.

Ishartiwi. 2007. Dampak Intervensi Program Pembelajaran Terindividualisasikan (Individualized Instruction) Terhadap Hasil Belajar Keterampilan Fungsional Perilaku Adaptif Anak Retardasi Mental. Desertasi Program Sarjana. Universitas Negeri Malang.

Kusmintardjo. 1992. Pengelolaan Layanan Khusus di Sekolah (Jilid 1). Malang: IKIP Malang

Kustawan, D. 2016. Manajemen Pendidikan Inklusif Kiat Sukses Mengelola Pendidikan Inklusif di Sekolah Umum dan Kejuruan. Jakarta: Luximia.

Kosasih, E. 2012. Cara Bijak Memahami Anak Berkebutuhan Khusus. Bandung: Yrama Widya

Lay Kekek Marthan. 2007. Manajemen Pendidikan Inklusif. Jakarta: DIRJEN DIKTI

Mangunsong, Frieda. 2014. Psikologi dan Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus. Jilid ke-satu Depok: LPSP3 UI

Maman Rachman, 2002. Manajmen Kelas. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi, Proyek Pendidikan Guru Sekolah Dasar Primory Scool Tacher Depelopment Project

Maria, E & Sediyono, 2017. Pengembangan Model Manajemen Pembelajaran Berbasi TIK di Sekolah Dasar. Kelola Jurnal Manajemen Pendidikan.

Moh. Uzer Usman, 1990. Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya

Moleong, Lexy. J. 2004. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya

Mudjito, dkk. 2012. Pendidikan Inklusif. Jakarta: Banduose Media

Mulyasa, 2005. Menjadi Guru Profesional (Menciptakan Pembelajaran Efektif dan Menyenangkan), Bandung: Remaja Rosda Karya

Musjafak Assjari, 2005. Program Pembelajaran Individual. PLB Universitas Pendidikan Indonesia

Mulyono. 2008. Manajemen Administrasi dan Organisasi Pendidikan. Jogjakarta: AR-Ruzz Media Groups

Mulyono, A. 2009. Pendidikan Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta

Nugroho, 2003. Good Governance, Bandung: Mandar Maju

Pamuji. 2014. Adaptasi Media Pembelajaran Gambar Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Anak Autis. Jurnal Ortopedagogia 1, No 2 (Juli 2014)

Parwoto, 2007. Strategi Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan

Peraturan Pemerintah RI Nomor 72 Tahun 1991 Tentang Pendidikan Luar Biasa.

Parwoto, 2007. Strategi Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional

Rochyadi & Zaenal Alimin, 2005. Pengembangan Program Pembelajaran Individual Pada Anak Tunagrahita. Direktorat Pendidikan Tinggi, Departemen Pendidikan Nasional.

Solichin Abdul Wahab, 2011. Pengantar Analisis Kebijakan Publik. Malang: UMM Press

Suharsimin Arikunto, 1996. Pengelolaan Pembelajaran Pada Siswa. (Sebuah Pendekatan Evaluasi). Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sunardi dan Sunaryo, 2007. Intervensi Dini Anak Berkebutuhan Khusus. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional

Suparno. 2007. Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus. Jakarta: Dirjen Dikti Depniknas

Smart, Aqila, 2010. Anak Cacat Bukan Kiamat: Metode Pembelajaran dan Terapi Untuk Anak Berkebutuhan Khusus. Yogjakarta: Katahati

Syaiful Bahri dan Aswar Sain. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Cet. II. Jakarta: Rineka Cipta

Sunanto Dj.et all. 2004. Pendidikan Yang Terbuka Bagi Semua. Bandung: Dnas Pendidikan Provinsi Jawa Barat dan UNESCO Jakatra Office

Suyono. 2012. Belajar Dan Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Tarmansyah, 2009. Pelaksanaan Pendidikan Inklusif SD Negeri 03 Alat Padang Utara Kota Padang (Studi Pelaksanaan Pendidikan Inklusif) Pedagogig, Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan.

Thomas Risk. 1995. Principles and Practie Of teaching in Secendary School. New Delhi: Eurasia, Pub. House

Undang-Undang Nomor 20. Tahun 2003 Tentang Sisteem Pendidikan Nasional. Semarang: Aneka Ilmu

UNESCO 2003. Overcoming Exclusion Through Inclusive Approaches in Education. Paris: UNESCO

Yuliani Nuraini, 2003. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas Terbuka.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.