PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DAN FASILITAS BELAJAR SISWA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) NEGERI 1 TAPA KABUPATEN BONE BOLANGO

Fitrianty Koem, Rosman Ilato, Abdul Rahman Pakaya

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 1 Tapa Kabupaten Bone Bolango, (2) pengaruh fasilitas belajar terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 1 Tapa Kabupaten Bone Bolango, (3) pengaruh model pembelajaran discovery learning dan fasilitas belajar secara simultan terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 1 Tapa Kabupaten Bone Bolango. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian ex post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII yang terdiri dari 8 kelas di SMP Negeri 1 Tapa, di Kabupaten Bone Bolango berjumlah 193 siswa sedangkan sampel adalah 66 orang siswa. Data dikumpulkan melalui penyebaran angket dan dianalisis dengan teknik diferensial dan inferensial. Kesimpulan penelitian ini adalah: (1) terdapat pengaruh positif penggunaan model pembelajaran discovery learning terhadap motivasi belajar siswa SMP Negeri 1 Tapa, Kabupaten Bone Bolango, artinya semakin baik penggunaan model pembelajaran discovery learning semakin baik pula motivasi belajar siswa; (2) terdapat pengaruh positif penggunaan fasilitas belajar terhadap motivasi belajar siswa SMP Negeri 1 Tapa, Kabupaten Bone Bolango, artinya semakin tinggi skor fasilitas belajar maka semakin tinggi pula motivasi belajar siswa; (3) terdapat pengaruh positif penggunaan model pembelajaran discovery learning dan penggunaan fasilitas belajar secara bersama-sama terhadap motivasi belajar siswa SMP Negeri 1 Tapa, Kabupaten Bone Bolango, hal ini berarti bahwa semakin tinggi penggunaan model pembelajaran discovery learning dan penggunaan fasilitas belajar maka semakin tinggi motivasi belajar siswa.


Full Text:

PDF

References


Abdullah, Sani Ridwan. 2014. Pembelajaran saintifik untuk kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.

Bakar Ramli, 2014. The Effect Of Learning Motivation On Student’s Productive Competencies In Vocational High School, West Sumatra. International Journal of Asian Social Science ISSN(e): 2224-4441/ISSN(p): 2226-5139

Burais, Listika, dkk. 2016. Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Melalui Model Discovery Learning. Dalam Jurnal Didaktik Matematika ISSN: 2355-4185 77,Vol. 3, No.1

Febriani, Putri Siti, Alit Sarino. 2017. Dampak Cara Belajar Dan Fasilitas Belajar Dalam Meningkatan Prestasi Belajar Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Manajerial, Vol. 2 No. 2 Januari 2017, http://ejournal.upi.edu/index.php/manajerial/

Hakim, Syifa Aulia, Harlinda Syofyan. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (Tgt) Terhadap Motivasi Belajar Ipa Di Kelas Iv Sdn Kelapa Dua 06 Pagi Jakarta Barat. International Journal of Elementary Education. Vol.1 (4)

Hamzah B. Uno. (2011). Teori Motivasi dan Pengukurannya: Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi aksara

Maryanto, Lilik, Ninik Setyowani, Heru Mugiarso. 2013. Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Layanan Penguasaan Konten Dengan Teknik Bermain Peran. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jbk

Mulyasa, 2013, Pengembangan dan implentasi pemikiran kurikulum. Rosdakarya Bandung

Prihatin, Meita Satri. 2017. Pengaruh Fasilitas Belajar, Gaya Belajar Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas X Iis Sma Negeri 1 Seyegan. Jurnal Pendidikan dan Ekonomi, Volume 6, Nomor 5,

Rusman. 2012. Model-Model Pembelajaran. Depok : PT. Rajagrafindo Persada

Sardiman, A.M 2007, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Bandung: Rajawali Pers

Slameto, Drs. 2013. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Renika Cipta.

Sugihartono, dkk. 2007. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Pers

Sugiono.2016.Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Wicaksono Andri , dkk. 2016. Teori Pembelajaran Bahasa: Suatu Catatan Singkat. Jakarta: Garudhawaca.

Winkel, W. S. 2004. Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.