UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA DALAM PELAJARAN BAHASA INGGRIS DENGAN STRATEGI CHORAL READING MELALUI POWERPOINT

Salwa Binti Saleh

Abstract


Tujuan Penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui penerapan strategi pembelajaran Choral Reading dengan variasi media pembelajaran slide Powerpoint dalam pembelajaran bahasa inggris; (2) untuk mengetahui efektivitas penerapan strategi pembelajaran Choral Reading dengan variasi media pembelajaran slide Powerpoint dalam pembelajaran bahasa inggris terhadap kemampuan membaca siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus. Subyek dalam penelitian adalah peserta didik kelas XI jurusan Akuntansi yang berjumlah 28 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data dengan kualitatif yaitu dengan melakukan catatan refleksi, yakni pemikiran yang timbul pada saat mengamati dan merupakan hasil proses membandingkan, mengaitkan atau menghubungkan data yang ditampilkan dengan data sebelumnya. Hasil Penelitian Tindakan Kelas ini ada peningkatan dari kemampuan awal dibanding dengan siklus 1 yaitu siswa yang tuntas di siklus 1 berjumlah 18 siswa atau 64,28%. Dari hasil siklus ke 2 dapat dituliskan siswa yang sudah tuntas adalah 24 siswa dari 28 siswa atau 85,71%. Dari siklus 1 ke siklus 2 ada peningkatan 21,43%. Ini membuktikan bahwa penggunaan strategi pembelajaran Choral Reading melalui slide Powerpoint sangat efektif.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.Edisi Revisi VI. PT Rineka Cipta, Jakarta

Stoodt, B. D., Amspaugh, L. B., & Hunt, J. (1996). Children's literature: Discoveryfor a lifetime. Scottsdale, AZ: Gorsuch Scarisbrick.

Kemmis, S., McTaggart, R., & Nixon, R. (2013). The action research planner: Doing critical participatory action research. Springer Science & Business Media.

Mulyasa, E. (2010). Praktek penelitian Tindakan Kelas (cetakan ke 3). Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Wiesendanger, Katherine D. 2001. Strategies for Literacy Education. Ohio:Merill Prentice Hall

Wood, T. (2011). Overcoming dyslexia for dummies. John Wiley & Sons.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.