MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN EKSPOSITORI DI KELAS XII SMA NEGERI 1 TILAMUTA

Rita Djakatara

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas strategi pembelajaran ekspositori dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika di kelas XI SMA Negeri 1 Tilamuta. Penelitian tindakan ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Tilamuta. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun pelajaran 2017/2018, dengan subjek penelitian siswa kelas XI IPS pada mata pelajaran matematika. Peningkatan hasil belajar setelah dilaksanakan kegiatan pembelajaran dengan strategi belajar ekspositori sudah terlihat pada pelaksanaan siklus I, yakni siswa yang memperoleh nilai 40 sebanyak 5 siswa atau 13,5%, siswa yang memperoleh nilai 50 sebanyak 6 siswa atau 16,2%, siswa yang memperoleh nilai 60 sebanyak 7 siswa atau 20%, siswa yang memperoleh nilai 70 sebanyak 6 siswa atau 16,2%, siswa yang memperoleh nilai 80 sebanyak 6 siswa atau 16,2%, siswa yang memperoleh nilai 90 sebanyak 5 siswa atau 13,5% dan siswa yang memperoleh nilai 100 ada 2 siswa atau 5,7%. Hasil belajar siswa terus meningkat setelah pada siklus II dilakukan beberapa perbaikan pada proses pembelajaran dengan hasil siswa yang memperoleh nilai 50 sebanyak 1 siswa atau 2,7%, siswa yang memperoleh nilai 60 sebanyak 3 siswa atau 8,1%, siswa yang memperoleh nilai 70 sebanyak 6 siswa atau 16,2%, siswa yang memperoleh nilai 80 sebanyak 12 siswa atau 32,4%, siswa yang memperoleh nilai 90 sebanyak 9 siswa atau 24,32% dan siswa yang memperoleh nilai 100 ada 6 siswa atau 16,21%. Oleh karena itu, penelitian ini dapat membuktikan hipotesis yakni “Hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika di kelas XI SMA Negeri 1 Tilamuta dapat ditingkatkan melalui penerapan strategi pembelajaran ekspositori.”


Full Text:

PDF

References


Aisyah, Nyimas, dkk. 2007. Pengembangan Pembelajaran Matematika SD. Depdiknas

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Intermasa

Christin, Maria. 2006. Teori Belajar dan Pembelajaran, (Online). http://freewebs.com/hijrahsaputra/atan/TEORI%20BELAJAR%20DAN%20PEMBELAJARAN.htm. Diakses 10 Desember 2018

Desmita. 2006. Psikologi Pendidikan. Bandung: Rosdakarya

Djamarah, Syaiful dan Aswan Zain. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta

Hamalik, Oemar. 2008. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara

Mulyasa, E. 2005. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Rosdakarya

Sanjaya, Wina. 2011. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media

Sucikorafi, 2002. Pembelajaran yang bermakna, (online). http:// sucikorafi.multiply.multiplycontent.com/attachment/0/.../II.rtf. Diakses tanggal 12 Desember 2018.

Suherman, Herman. 2002. Strategi Pembelajaran Matematika. Bandung: Jurdikmat FPMIPA-Universitas Pendidikan Indonesia

Usman, Moh. 2001. Upaya Optimalisasi Belajar Mengajar. Bandung: Rosdakarya


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.