PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERDASARKAN MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU KECERDASAN LOGIS MATEMATIKA DI KELAS XI MIA SMA NEGERI 1 GORONTALO UTARA

Nalgys Puti, Ismail Djakaria, Ismail Djakaria, Tedy Machmud, Tedy Machmud

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data empiris tentang perbedaan kecerdasan logis matematika peserta didik yang dibelajarkan dengan model pembelajaran berdasarkan masalah dan model pembelajaran langsung. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Gorontalo Utara pada tahun ajaran 2016/2017 dengan jenis penelitian Quasi Eksperimendengan desain Treatment By Level desain 2 x 2. Teknik pengumpulan data menggunakan tes pilihan ganda dan tes uraian. Analisis data menggunakan analisis deskriptif  dan analisis inferensial dengan  uji anova dua jalur dan uji tuckey. Populasi terjangkau adalah seluruh peserta didik kelas XI MIA SMA Negeri 1 Gorontalo Utara, sampel diambil sebanyak 132 peserta didik. Hasil penelitian menemukan : (1) Hasil Belajar Matematika peserta didik yang dibelajarkan dengan model pembelajaran berdasarkan masalah lebih tinggi  dibandingkan peserta didik yang dibelajarkan model pembelajaran langsung pada materi Barisan dan Deret, (2) Terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran dan kecerdasan logis matematika terhadap hasil belajar matematika dari peserta didik pada materi Barisan dan Deret, (3) Hasil belajar matematika pada kelompok siswa yang memiliki kecerdasan logis matematika tinggi yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran berdasarkan masalah lebih tinggi jika dibandingkan dengan yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran langsung, (4) Hasil belajar matematika pada kelompok siswa yang memiliki kecerdasan logis matematika rendah yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran berdasarkan masalah lebih rendah jika dibandingkan dengan yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran langsung.

Keywords


Kecerdasan Logis Matematika, Pembelajaran Berdasarkan Masalah, Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Arends, Richard. 2007. Learning To Teach (Belajar Untuk Mengajar) Edisi I. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Arikunto, Suharsimi. 2009. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta

Budiningsih, Asri. 2004. Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Rineka Cipta

Dahar, R.W. 1998. Teaching dan Learning Mathematics (In Secondary School). Iowa: WM. C. Brown Company Publisher

Dimyati dan Mujiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineke Cipta

Effendi, Agus. 2005. Revolusi Kecerdasan Abad 21. Bandung: Alfabeta

Huri, Suhendri. 2012. Pengaruh Kecerdasan Matematis Logis, Rasa Percaya Diri, Dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. Yogyakarta: FMIPA UNY

Ibrahim, M & Moh. Nur. 2000. Pengajaran Berbasis Masalah. Surabaya: Uneversity Press

Isa, Dewi Rahmawati. 2010. Hasil Belajar Matematika Siswa Ditinjau Dari Minat Belajar, Gaya Belajar, dan Kecerdasan Logis Matematika Siswa. Gorontalo. Tesis tidak diterbitkan

Kardi dan Nur, Mohammad. 2001. Pengajaran langsung. Surabaya: UNESA Press City

Mulyasa. 2013. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung:

PT. Remaja Rosdakarya

Nur, Mohammad. 2011. Model Pengajaran Langsung. Surabaya: Kementrian Pendidikan Nasional Pusat Sains dan Matematika Sekola UNS

Puluhulawa, Andriansyah. 2009. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif dan Penalaran Formal Terhadap Hasil Belajar Matematika. Gorontalo. Tesis tidak diterbitkan

Puluhulawa, Gafar. 2010. Pengaruh Pendekatan Pakem Dan Minat Terhadap Hasil Belajar Matematika. Gorontalo. Tesis tidak diterbitkan

Riduwan. 2013. Metode dan Teknik Menyusun Tesis. Bandung: Alfabeta

Rusman. 2016. Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers

Santyasa, I.W. 2005. Model Pembelajaran Inovatif dan Impelementasi Kurikulum berbasis Kompetensi: Makalah Disajikan Dalam Penataran Guru-guru SMP, SMA dan SMK se Kabupaten Jembrana Juni-Juli

Saondi, Ondi dan Aris Suherman. 2012. Etika Profesi Keguruan. Bandung: PT. Refika Aditama

Sudjana. 2002. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito

Sudjana, Nana. 2013. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung:

PT. Remaja Rosdakarya

Sugihartono, dkk. 2007. Psikologi Pendidikan. Yokyakarta: UNY Press

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Suherman, Eman dkk. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia

Sulistyowati. 2009. Pengaruh Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah Terhadap Koneksi Matematika Ditinjau dari Ketrampilan Berfikir Kritis. Tesis Tidak Diterbitkan

Suprijono, Agus. Coopertive Learning Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Suyadi. 2014. Teori Pembelajaran Anak Usia Dini Dalam Kajian Neuro Sains. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Syah, Muhibbin. 2008. Psikologi Belajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivisme. Jakarta: Prestasi Pustaka

Trianto. 2011. Mendesain Model Pembelajaran Inofativ Progresif: Konsep, Landasan, dan Impelementasinya Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Kencana Predana Media Group

Ula, S. Shoimatul. 2013. Revolusi Belajar Optimalisasi Kecerdasan Melalui Pembelajaran Berbasis Kecerdasan Majemuk. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Uno, Hamzah B dan Masri Kudrat Umar. 2009. Mengelola Kecerdasan Dalam Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.