PENGEMBANGAN MEDIA VLOG PADA MATERI DINAMIKA HIDROSFER KELAS X DI SMA NEGERI 1 TIBAWA
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan media Vlog materi dinamika hidrosfer Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan dengan model ADDIE sebagai pendekatan dalam menyusun media pembelajaran. Dalam penelitian ini terdapat 5 (lima) tahapan yaitu tahap analysis, tahap design, tahap development tahap implementation , dan tahap evaluation. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pengembangan menggunakan Vlog telah di uji coba validasi oleh ahli materi mendapatkan presentase 86,1% validator selanjutnya adalah validator ahli produk yang mendapatkan presentase nilai sebesar 86,6% hasil respon siswa terhadap media pembelajaran menggunakan Vlog 80%, hasil respon siswa terhadap media pembelajaran menggunakan media Vlog materi dinamika hidrosfer dengan menggunakan uji general mendapatkan 97,%. Sehingga media pembelajaran menggunakan Vlog dapat digunakan dalam proses pembelajaran di kelas terkait dengan materi dinamika hidrosfer. Simpulan penelitian ini adalah media pembelajaran dinyatakan layak digunakan dalam proses pembelajaran.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Abdul Wahid, “Pentingnya Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar”, Jurnal Istiqra’, Vol 5 No 2, Maret 2018.
Ahmadi, F., & Ibda, H. (2018). Media Literasi Sekolah (Teori dan Praktik). Semarang: Pilar Nusantara.
Arsyad, A. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Arsyad, A. (2020). Media pembelajaran. Depok: PT Rajagrafindo persada.
Ayuwati, I. (2016). Meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation di smk tuma’ninah yasin metro. Jurnal SAP. 1 (2)
Kustiawan, Usep. 2016. Pengembangan Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Malang: Penerbit Gunung Samudera.
Pingge, H. D., & Wangid, M. N. (2016). Faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar di Kecamatan Kota Tambolaka. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar
Primavera, I.R.C., dan Suwarna, I.P. (2014). Pengaruh media audio visual (video) terhadap hasil belajar siswa kelas XI pada konsep elastisitas. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan IPA FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
Sukma, H. H., & Saifudin, M. F. (2021). Keterampilan Menyimak dan Berbicara: Teori dan Praktik. Yogyakarta: KMedia.
Wiratmojo,P dan Sasonohardjo, 2002. Media Pembelajaran Bahan Ajar Diklat Kewidyaiswaraan
Wartini, S. (2017). Perbandingan Pertumuhan Jamur Apergillus flavus pada Media PDA (Potato Dextrose Agar) dan Media Alternatif dari Singkong (Manihot esculenta Crantz). Jurnal Analis Kesehatan, 6 (2),
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.