LITERATUR REVIEW: TELAAH PEMBELAJARAN BIOLOGI MATERI GENETIKA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS

Magfirahtul Jannah

Abstract


Genetika merupakan salah satu materi esensial pada mata pelajaran Biologi di kelas XII Sekolah Menengah Atas (SMA) dan seringkali sulit dipahami oleh siswa. Kajian ini bertujuan mengetahui kesulitan dalam mempelajari materi Genetika, serta metode dan media pembelajaran yang digunakan di kelas. Penelitian ini menggunakan metode studi literatur yang diperoleh melalui Google Scholar. Penelusuran artikel yang relevan menggunakan kata kunci “Pembelajaran Biologi, Genetik, Sekolah, SMA”. Artikel sebagai sumber data memenuhi kriteria inklusi yaitu dipublikasi dalam 10 tahun terakhir (tahun 2014 hingga 2023). Hasil penelitian menunjukkan tidak tersedianya media pembelajaran efektif menjadi faktor utama penyebab kesulitan siswa mempelajari materi Genetika. Faktor penyebab lainnya adalah sumber belajar tidak bervariasi, metode pembelajaran kurang menyenangkan, materi yang kompleks dan banyak istilah asing. Banyak guru masih menerapkan metode pembelajaran yang kurang efektif dan berpusat pada guru, juga tidak menggunakan media pembelajaran yang efektif. 

Keywords


Biologi, Genetika, Pembelajaran, SMA

Full Text:

PDF

References


Andrianto, H. (2018). Buku Ajar Biologi Sel dan Molekuler. Deepublish.

Arianti, D. (2018). Pengembangan Ensiklopedia Genetika Sebagai Sumber Belajar Biologi pada Materi Substansi Genetika untuk Siswa SMA Kelas XII di SMA Negeri 2 Percut Sei Tuan. Universitas Negeri Medan.

Asia, E. (2020). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Materi Genetik Melalui Model Pembelajaran Student Team Achievement Division di Kelas XII MIPA 5 SMA Negeri 19 Palembang. Jurnal Edukasi: Kajian Ilmu Pendidikan, 6(1), 25–36. https://doi.org/10.51836/je.v6i1.19

Baruno, A. (2021). Peningkatan Kemampuan Berpikir Analisis pada Materi Genetik Melalui Model Pembelajaran Guided Inquiry Terintegrasi Virtual Lab. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 6(2), 176–182. https://doi.org/10.51169/ideguru.v6i2.202

Hasibuan, M. (2014). Analisis kesulitan belajar siswa pada materi genetika di SMA Negeri se-kota Sibolga [Universitas Negeri Medan]. http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4255

Hera, R. (2017). Studi Kasus Permasalahan dalam Proses Pembelajaran Konsep Genetika di SMA Negeri 2 Seulimum Kabupaten Aceh Besar. Genta Mulia, VIII(1), 53–63. https://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/gm/article/download/977/650

Hidayah, S. N. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbantuan Peta Konsep Terhadap Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Biologi Siswa SMA Negeri 2 Siak Hulu Pada Materi Genetika. JNSI: Journal of Natural Science and Integration, 2(2), 216–228. https://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/JNSI/article/view/8091/4320

Hidayat, T., & Kasmiruddin, K. (2020). Miskonsepsi Materi Genetika tentang Ekspresi Gen. BIOEDUSAINS:Jurnal Pendidikan Biologi Dan Sains, 3(1), 59–65. https://doi.org/10.31539/bioedusains.v3i1.1262

Kapughu, N. M., Sumampouw, H. M., & Manoppo, J. S. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Genetika Audiovisual Menggunakan Drosophila melanogaster pada Konsep Pola Pewarisan Sifat di SMA Negeri 9 Manado. JSPB BIOEDUSAINS, 4(2), 146–156. https://ejurnal.unima.ac.id/index.php/bioedusains/article/view/7714/3884

Klug, W. S., Cummings, M. R., Spencer, C. A., & Palladino, M. A. (2012). Concepts of Genetics (10th ed.). Pearson.

Nurhidayah, N. (2017). Pengembangan Biomagazine Terintegrasi Augmented Reality (AR) pada Konsep Genetika di Sekolah Menengah Atas. Universitas Negeri Makassar.

Octiana, N. (2019). Pengembangan Booklet Pola Pewarisan Sifat pada Hukum Mendel sebagai Suplemen Pembelajaran Genetika di SMA. Universitas Negeri Padang.

Prihatin, L. A. (2015). Pengembangan Bahan Ajar Biologi SMA Berbasis Masalah pada Materi Substansi Genetika Kelas XII IPA SMA/MA [Universitas Negeri Medan]. http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1547

Rahmadani, W., Harahap, F., & Gultom, T. (2017). Analisis Faktor Kesulitan Belajar Biologi Siswa Materi Bioteknologi di SMA Negeri Se-Kota Medan. Jurnal Pendidikan Biologi, 6(2), 279–285. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/JPB/article/download/6546/5726

Safitri, A., Jalmo, T., & Yolida, B. (2017). Miskonsepsi Materi Substansi Genetika Siswa SMA Swasta Se-Kecamatan Tanjungkarang Barat Bandar Lampung. Jurnal Bioterdidik Wahana Ekspresi Ilmiah, 5(4). https://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JBT/article/view/13076/9351

Safrida, S., Pandinni, G. F., Setyaningrum, S., Pangestuti, R., Sidik, E. A., Nuraliah, S., Khaeruddin, K., Ihsani, N., Wardany, K., Febriyanti, T. L., Ilmawati, G. P. N., H, N. F., & Armayanti, A. K. (2023). Pengantar Biologi: Teori Komprehensif. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Satrianingrum, A. P., Setiawati, F. A., & Fauziah, P. Y. (2021). Pembelajaran Jarak Jauh pada PAUD: Studi Literatur berbagai Metode Pembelajaran pada Masa Pandemi di berbagai Tempat. Jurnal Pendidikan Anak, 10(1), 34–41. https://doi.org/10.21831/jpa.v10i1.37320

Sofyan, E. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Teams Games Tournament) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi. SCIENCE : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika Dan IPA, 2(2), 227–237. https://doi.org/10.51878/science.v2i2.1270

Urry, L. A., Cain, M. L., Wasserman, S. A., Minorsky, P. V., Orr, R. B., & Campbell, N. A. (2020). Campbell Biology (12th ed.). Pearson.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.