ANALISIS PENGGUNAAN ALAT EVALUASI PEMBELAJARAN BIOLOGI UNTUK MENUNJANG KEGIATAN PENILAIAN DI SMA NEGERI 1 MANANGGU
Abstract
Evaluasi pembelajaran merupakan suatu kegiatan akademik yang bertujuan untuk menilai sejauh mana kemampuan siswa dalam memahami materi yang telah disampaikan oleh guru. Seiring perkembangan teknologi ada berbagai macam alat evaluasi yang digunakan oleh guru. Alat evaluasi pembelajaran yang awalnya berbasis kertas dan pensil telah berubah menjadi berbagai macam aplikasi evaluasi yang memanfaatkan teknologi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan alat evaluasi pembelajaran Biologi di SMA Negeri 1 Mananggu. Jenis penelitian menggunakan penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan mengumpulkan berbagai dokumen. Teknik analisis data menggunakan analisis data Miles and Huberman yang terdiri dari empat tahap yaitu mengumpulkan data, mereduksi data, menyajikan data, dan kesimpulan. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara langsung dengan Guru Biologi dan Siswa di SMA Negeri 1 Mananggu diketahui bahwa alat evaluasi yang sering digunakan guru adalah dengan menggunakan aplikasi quizizz dan kahoot. Kedua aplikasi ini paling sering digunakan karena lebih mudah digunakan didalam kelas. Guru Biologi di SMA Negeri 1 Mananggu telah memanfaatkan penggunaan media elektronik dalam menggunakan media pembelajaran. Alat bantu yang digunakan adalah Laptop, LCD, dan Smartphone. Alat bantu pembelajaran ini dapat menunjang kegiatan penilaian di dalam kelas.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aulia, R. N., Rahmawati, R., & Permana, D. (2020). Peranan Penting Evaluasi Pembelajaran Bahasa di Sekolah Dasar. Jurnal BELAINDIKA (Pembelajaran dan Inovasi Pendidikan), 2(1), Article 1.
B., M. (2017). Evaluasi Belajar Peserta Didik (Siswa). Jurnal Idaarah, 1(2), 257–267.
Bunyamin, A. C., Juita, D. R., & Syalsiah, N. (2020). Penggunaan Kahoot Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Permainan Sebagai Bentuk Variasi Pembelajaran. Gunahumas, 3(1), Article 1.
Citra, C. A., & Rosy, B. (2020). Keefektifan Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Game Edukasi Quizizz Terhadap Hasil Belajar Teknologi Perkantoran Siswa Kelas X SMK Ketintang Surabaya. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(2), Article 2. https://doi.org/10.26740/jpap.v8n2.p261-272
Darmawan, A. (2020). Pengaruh Penggunaan Kahoot Terhadap Hasil Belajar Materi Ruang Lingkup Biologi: EduTeach : Jurnal Edukasi dan Teknologi Pembelajaran, 1(2), Article 2. https://doi.org/10.37859/eduteach.v1i2.1974
Faznur, L. S., Khaerunnisa, K., & Sumardi, A. (2020). Aplikasi Kahoot Sebagai Media Dalam Evaluasi Pembelajaran Bahasa Indonesia Pada Guru SMA di Sukabumi. Jurnal Pengabdian Masyarakat Teknik, 2(2), Article 2. https://doi.org/10.24853/jpmt.2.2.39-44
Firdiansyah, Y., & Pamungkas, H. P. (2021). Analisis persepsi mahasiswa terhadap penggunaan Kahoot sebagai media evaluasi pembelajaran pada mata kuliah teori ekonomi moneter. JEKPEND (Jurnal Ekonomi dan Pendidikan), 4(1), Article 1.
Huljannah, M. (2021). Pentingnya Proses Evaluasi Dalam Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Educator (Directory of Elementary Education Journal), 2(2), 164–180. https://doi.org/10.58176/edu.v2i2.157
Kaniawati, E., Mardani, M. E., Lestari, S. N., Nurmilah, U., & Setiawan, U. (2023). Evaluasi Media Pembelajaran.
Magdalena, Hadana Nur Fauzi, & Raafiza Putri. (2023). Pentingnya Evaluasi Dalam Pembelajaran Dan Akibat Memanipulasinya. Dewantara : Jurnal Pendidikan Sosial Humaniora, 2(1), 249–261. https://doi.org/10.30640/dewantara.v2i1.722
Pusparani, H. (2020). Media Quizizz Sebagai Aplikasi Evaluasi Pembelajaran Kelas VI di SDN Guntur Kota Cirebon. Tunas Nusantara, 2(2), 269–279. https://doi.org/10.34001/jtn.v2i2.1496
Putra, A. G. (2013). Pemetaan Penggunaan Alat Evaluasi pada Mata Pelajaran Akuntansi Kelas XI IPS di SMA Negeri 13 Surabaya Tahun Ajaran 2012/2013. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 1(3), Article 3. https://ejournal.unesa.ac.id
Rulyansah, A. (2022). Pelatihan Pengembangan Soal HOTS dengan Memanfaatkan Quizizz untuk Guru Sekolah Dasar Pedesaan. Indonesia Berdaya, 3(1), Article 1. https://doi.org/10.47679/ib.2022195
Suharsono, A. (2020). The Use of Quizizz And Kahoot! In the Training for Millennial Generation. IJIET (International Journal of Indonesian Education and Teaching), 4(2), Article 2. https://doi.org/10.24071/ijiet.v4i2.2399
Syifa, A. (2015). Evaluasi Pembelajaran Biologi di SMA Negeri 3 Yogyakarta. Jurnal Evaluasi Pendidikan, 3(2).
Wibawa, R. P., Astuti, R. I., & Pangestu, B. A. (2019). Smartphone-Based Application “quizizz†as a Learning Media. Dinamika Pendidikan, 14(2), Article 2. https://doi.org/10.15294/dp.v14i2.23359
Widianingrum, P. R. H., & Sudarmin, S. (2014). Pengembangan Alat Evaluasi IPA Terpadu Berbasis Keterampilan Proses Sains pada Tema Mikroskop dan Jaringan Tumbuhan. Unnes Science Education Journal, 3(3), Article 3. https://doi.org/10.15294/usej.v3i3.4282
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.